Tiket dan Kegiatan KAMPUNG KARUHUN - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Kegiatan KAMPUNG KARUHUN

Harga tiket masuk desa Karuhun : Rp 15.000 hingga Rp 30.000 Jam buka : 08:00 – 16:00 WIBNo. Telepon: 08112182015 Alamat: Jl.Pagarbetis, Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45311

Berlibur ke Sumedang, jangan hanya mencicipi kelezatan yang terkenal tahun itu. Terkenal dengan keindahan alamnya sejak lama, Sumedang kini memiliki taman hiburan dengan konsep alam. Atraksi bernama Desa Karuhun bukan di tengah kota yang sibuk, tapi di daerah pegunungan yang sejuk.

Taman ini menawarkan berbagai wahana modern yang dipadukan dengan suasana alam pegunungan dan budaya kearifan lokal. Perpaduan ini menjadikannya destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tiket masuk desa Karuhun

Tiket masuk desa Karuhun tidak termasuk tiket fasilitas dan wahana khusus seperti marak lauk, river tube, flying fox dan lain-lain.

Biaya masuk
Tiket masuk dewasa pada hari kerja Rp 25.000
Tiket masuk untuk anak-anak pada hari kerja Rp 15.000
Tiket masuk dewasa weekend Rp30.000
Tiket masuk untuk anak-anak di akhir pekan Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Kampung Ciherang Sumedang

Informasi penting yang harus diperhatikan wisatawan:

  • Anak-anak berusia 3 tahun dikenakan biaya masuk anak.
  • Pengunjung yang datang ke Kampung Karuhun pasti sudah mendapatkan vaksin tersebut.
  • Pindai kode QR di tempat yang disediakan.
  • Harga tiket masuk bisa ke Swimming Pool, Selfie Spot, Lesehan, Archipelago Ethnic Zone, Jiwa Stand, dan Kiddie Rides Outdoor dan Indoor.

Jam buka

Obyek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga malam hari. Tempat wisata ini biasanya sangat ramai di akhir pekan dan hari libur.

Jam operasional
Jam buka 08.00 – 16.00 WIB

Daya tarik desa Karuhun

Desa KaruhunDesa Karuhun Sumedang memiliki konsep taman ekologis – Foto: Google Maps/Devi Rinjani

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Desa Toga Sumedang

Kampung Karuhun merupakan taman bermain dengan konsep back to nature bertajuk “eco green park”. Kawasan ekowisata ini terletak di Desa Citengah. Lokasinya cenderung sedikit di luar kebiasaan, berada di sekitar sudut di tengah pegunungan dan dikelilingi oleh hutan.

Di lahan seluas 1,5 hektar ini wisatawan tidak akan menemukan wahana modern seperti jet coaster atau kora-kora. Taman hiburan ini menawarkan berbagai wahana yang mendukung berbagai aktivitas alam bebas. Sebut saja flying fox menyeberangi sungai, menangkap ikan, paintball dan off-road. Selain itu, disini juga menyajikan wisata edukasi dengan mengenalkan sejumlah budaya lokal Indonesia.

Suasana Alam yang Tenang

Deretan saung untuk lesehanTerdapat banyak pondok untuk piknik atau tempat istirahat pengunjung – Foto: Google Maps/Desa Sumedang Karuhun

Baca: 4 Tempat Wisata Menarik di Sumedang

Berada di kawasan wisata ini sejenak akan membuat pengunjung lupa bahwa mereka sedang berada di taman bermain. Dikelilingi oleh hutan alam, sungai, dan perkebunan, taman rekreasi ini memiliki suasana yang berbeda dengan kawasan wisata modern lainnya.

Terdapat sungai alami yang mengaliri kawasan wisata ini yaitu Sungai Cihonje. Di sekitar sungai dibangun pondok-pondok lesehan yang nyaman untuk tempat duduk pengunjung. Pengunjung bisa piknik gratis di kawasan ini, sambil menikmati segarnya udara dataran tinggi.

Rekreasi sungai

pipa sungaiPengunjung meluncur menyusuri sungai menggunakan pelampung dalam kegiatan river tubing – Foto: Google Maps/Nikita Kamka

Baca: Curug Cinulang Sumedang Pesona Air Terjun Kembar

Aliran Sungai Cihonje di kawasan Kampung Karuhun bukan sekadar pemanis. Pengelola menyediakan fasilitas untuk berbagai kegiatan rekreasi di sungai ini. Berbagai wahana bisa dinikmati agar pengunjung mendapatkan pengalaman bermain di alam secara maksimal.

Bagi yang suka aktivitas menantang ada wahana river tube, flying fox, zip bike dan aneka lauk pauk. River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung. Kelelawar buah dan zip line memberikan sensasi meluncur melintasi sungai atau bersepeda di atas tali.

Menangkap ikan di sungaiKegiatan bersama di Sungai Cihonje – Foto: Google Maps/Desa Sumedang Karuhun

Kegiatan Marak Lauk cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman memancing di sungai. Ikan yang didapat bisa dibawa pulang untuk dimasak sebagai oleh-oleh. Kegiatan ini juga baik untuk melatih kemampuan kognitif sekaligus mengenalkan anak pada alam.

Petualangan off-road

Off road di kebun tehRute off road melalui Kebun Teh Cisoka – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Kegiatan menantang lainnya adalah wahana off-road. Pengunjung dapat memilih untuk mengendarai ATV atau mobil khusus. Rute off-road ini akan membawa pengunjung menyusuri jalan di antara perkebunan teh Cisoka yang indah. Jalur ini berakhir di Curug Cigorobog yang indah dengan aliran airnya yang jernih dan sejuk.

Waterboom di pegunungan

Waterboom di tengah pegununganKolam renang waterpark modern dan nyaman – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Kampung Karuhun juga memiliki taman air yang tak kalah menarik. Terdiri dari beberapa kolam, waterboom ini dilengkapi dengan perosotan berputar tinggi yang benar-benar menguji adrenalin. Rasakan sensasi berenang dan bermain air di tengah gunung yang masih alami!

Berbagai wahana mendebarkan

Masih banyak pilihan wahana yang bisa dicoba disini, terutama untuk anak-anak. Wahana seperti perahu mini, trampolin dan ayunan terbang yang menantang. Anak-anak tentu tidak akan bosan selama menginap.

mempelajari budaya

Berfoto di kampung PapuaPengunjung berfoto bersama di depan replika rumah adat Papua – Foto: Google Maps/imas Badriyah Biologi

Selain wisata alam, tempat wisata ini juga tidak lupa memberikan edukasi melalui wahana wisata budaya. Ada panggung dan menampilkan pertunjukan kesenian daerah secara terus menerus. Sembari menikmati kemeriahan, pengunjung akan terus diiringi alunan musik sunda yang syahdu.

Di sini juga terdapat sebuah sudut bernama Ethnic Village yang merupakan wahana nyata pendidikan budaya. Kawasan ini menghadirkan budaya Sunda, Toraja, dan Papua melalui berbagai bangunan, pakaian adat, dan suasana khas masing-masing daerah. Selain bisa melihatnya secara langsung, pengunjung juga bisa berfoto dan mencoba pakaian adat dari masing-masing daerah.

Pilihan akomodasi

Perumahan barak di desa KaruhunAkomodasi ala barak prajurit yang bisa dijadikan pilihan akomodasi untuk menginap – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Apakah Anda yakin ingin menghabiskan liburan Anda di sini? Saatnya memilih akomodasi yang sesuai. Berbagai pilihan tempat menginap menarik tersedia. Akomodasi terdiri dari vila, gubuk, dan barak.

Di sebuah penginapan yang terlihat seperti barak, semua tempat tidur ditata berjejer seperti barak tentara. Tapi jangan khawatir, tempatnya nyaman, bersih dan fasilitasnya lengkap. Pilihan ini cocok untuk kegiatan outing grup.

Area perkemahan di desa karuhunBumi perkemahan yang aman dan nyaman untuk liburan keluarga – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Di gubuk dan vila, wisatawan akan merasakan pengalaman yang berbeda. Vila-vila disajikan dengan cara yang lebih modern, sementara gubuk lebih sederhana. Namun keduanya sama-sama nyaman dan tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Apakah Anda ingin merasa seperti tidur di udara terbuka? Tempat wisata ini juga menawarkan tempat berkemah yang nyaman dan aman. Meski berada di kawasan wisata, pengunjung tetap bisa merasakan suasana alam.

Wisata Kuliner Otentik Desa Karuhun

Beras timahWisatawan bisa mencicipi kuliner khas Sunda di restoran sekitar lokasi wisata – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Jangan sampai perut Anda kelaparan karena kehabisan tenaga mencoba semua wahana yang ada di sini. Mengunjungi restoran yang menyajikan masakan khas sunda. Pengunjung bisa menikmati nasi timbel dan ikan gurame bakar yang lezat di sini. Masakan di sini dikenal memiliki rasa otentik, namun tidak menguras kantong.

Meredakan

Peralatan yang tersedia cukup lengkap. Tersedia tempat parkir, toilet, mushola yang nyaman, restoran, pondokan dan kolam renang. Area parkirnya tidak terlalu luas, disarankan untuk datang lebih awal agar memiliki tempat parkir.

Lokasi Desa Karuhun

Desa wisata ini terletak di Jalan Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akses jalan sangat mulus, namun cukup sempit untuk dilewati mobil dan bus.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button