6 Kompleks Candi Prambanan dan Mitos Kisah Cinta Roro Jonggrang - WisataHits
Jawa Barat

6 Kompleks Candi Prambanan dan Mitos Kisah Cinta Roro Jonggrang

jakarta

Candi Prambanan sering masuk dalam daftar tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan sekolah. Karena ibu dan ayah bisa mengenalkan cerita pada si kecil.

Ketika kita berbicara tentang Candi Prambanan, cerita antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang langsung muncul di benak kita. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini memiliki masa lalu yang berkesan dan masih menjadi objek wisata hingga saat ini.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kunjungan ke sana. Misalnya tentang kompleks candi dan mitos sejarah di balik pembangunan Candi Prambanan. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah kisah asal mula Candi Prambanan yang bisa diceritakan kepada si kecil.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN





Spanduk Alat Kontrasepsi

Asal Usul Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9 oleh raja Dinasti Sanjaya yaitu Raja Balitung Maha Poros. Candi ini terletak di kawasan Taman Wisata Prambanan di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo, yang terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman dan Klaten.

Berdasarkan sumber sejarah dari prasasti Syiwaghra yang ditemukan di dekat Prambanan, candi ini dibangun oleh dinasti Sanjaya.

Namun, ada juga mitos lain yang menyebutkan bahwa candi ini merupakan bentuk tuntutan yang diajukan oleh Roro Jonggrang, putri kerajaan Prambanan yang dijajah oleh tentara negara Pengging yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso dikenal memiliki kesaktian yang luar biasa dan ingin menguasai kerajaan Prambanan. Namun pada masa pemekarannya, ia tertarik dengan kecantikan Putri Roro Jonggrang dan ingin menikahinya.

Sebelum Roro Jonggrang menjadi seorang istri, ia menetapkan syarat bahwa ia akan membangun 1000 candi dalam satu malam. Bandung Bondowoso segera mengerahkan kekuatan roh untuk membangun candi.

Ketika Roro Jonggrang melihat pembangunan yang hampir selesai, dia khawatir karena dia tidak ingin menikahi Bondowoso. Dia juga memerintahkan para dayang untuk membakar jerami dan memukul alu sehingga hari menjadi cerah dan ayam jantan mulai berkokok. Mengira sudah pagi, roh-roh itu berlari dan meninggalkan kuil yang belum dibangun.

Bandung Bondowoso sangat marah ketika mengetahui bahwa Candi Prambanan yang dibangunnya hilang satu dan itu disebabkan oleh ulah Roro Jonggrang. Karena kemarahannya, Roro Jonggrang dikutuk menjadi patung di sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi menjadi 1000.





Ilustrasi Candi Prambanan/Foto: Getty Images/iStockphoto/zodebala

Kompleks candi di kawasan wisata Prambanan

Candi Hindu ini memiliki 240 candi yang berdiri dengan pintu masuk di empat mata angin. Sayangnya, meski candi Prambanan begitu banyak, baru 18 candi yang dipugar, yakni delapan candi induk, delapan candi kecil, dan dua candi pembantu.

Sisa candi lainnya masih berupa tugu batu yang tidak berbentuk candi. Berikut beberapa situs candi yang bisa Anda dan keluarga kunjungi:

  • Candi Trimurti (3 buah), yaitu candi Siwa, Wisnu dan Brahma.
  • Candi Wahana (3 bagian), yaitu Candi Nandi, Garuda dan Gans.
  • Candi Kelir (4 buah) di setiap pintu masuk pelataran Inti Candi.
  • Candi Apit (2 bagian) terletak di antara deretan Candi Trimurti dan Candi Wahana.
  • Candi Patok (4 bagian) terletak di pojok halaman inti candi.
  • Candi Perwara (224 buah).

Inilah menariknya asal usul Candi Prambanan dan kompleksnya yang bisa Anda kenalkan pada si kecil untuk belajar sejarah. Jika Anda dan keluarga datang ke sana, pastikan Anda tetap mengikuti aturan yang ada agar warisan budaya leluhur kita dapat dilestarikan untuk generasi yang akan datang.

ibu, ayolah Unduh Aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan uang kembali 5 persen.

Simak juga video parenting style yang digunakan ibu Cinta Laura untuk mengajari anak cerdas:

[Gambas:Video Haibunda]

(cemara/cemara)

Source: www.haibunda.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button