Pantai Mangrove Serdang Bedagai - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Mangrove Serdang Bedagai – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – pantai bakau salah satu wisata pantai terbaik di Serdang Bedagai. Pantai berpasir putih yang dihiasi dengan hutan bakau yang rimbun cocok sebagai tujuan liburan terbaik.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lawan Sei Naga, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Wisata pantai dengan hutan mangrove menyimpan keindahan tersendiri. Paduan suara air laut dengan gemerisik daun bakau seakan menyihir wisatawan agar lebih nyaman. Salah satu wisata pantai hutan mangrove di Indonesia yang pasti eksotis adalah pantai mangrove di Serdang Bedagai.

Pantai Mangrove adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Merupakan pantai di timur Sumatera Utara yang dulunya digunakan sebagai tambak udang windu. Kawasan ini kembali menjadi hutan mangrove pada tahun 2005.

Pantai hutan mangrove yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar ini juga menawarkan wisata edukasi tentang pentingnya mangrove. Kenikmatan dan ilmu apa lagi yang bisa kamu dapatkan di pantai ini? Yuk simak informasi selengkapnya tentang Pantai Mangrove Serdang Bedagai.

Atraksi Pantai Mangrove

Atraksi Pantai MangroveKredit gambar: Google Maps N3NI Y.

1. Hutan mangrove yang eksotis dan romantis

Hutan mangrove yang rimbun dan sejuk di Pantai Mangrove memang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Suasana yang rindang memberikan nuansa romantis pada tempat ini, sehingga cocok untuk berjalan-jalan di hutan mangrove bersama pasangan maupun bersama keluarga.

Kawasan ini pernah menjadi tambak udang windu pada tahun 1980-an, namun karena abrasi, warga setempat mulai menanam pohon bakau secara mandiri pada tahun 2005 untuk memulihkan kondisi pantai yang sehat. Hingga tahun 2012, telah dibangun sebuah koperasi yang berguna untuk mengelola pantai ini sebagai tempat wisata.

2. Jembatan di atas laut

Menikmati keindahan hutan bakau sudah lengkap ketika melintasi jembatan bambu yang melintasi laut.Pada saat air surut, pemandangan di bawah jembatan adalah pasir basah dengan berbagai hewan laut yang terperangkap di sana. Namun jika air laut sedang pasang, pemandangan ombak kecil air laut akan menghiasi bawah kaki Anda.

Jembatan ini berdiri di sepanjang hutan mangrove, sehingga memunculkan pemandangan yang eksotis. Berjalan di sekitar dek dengan angin laut tentu menciptakan perasaan yang menyenangkan.

3. Pantai pasir putih

Puas menikmati hutan mangrove dari atas jembatan bambu, perjalanan Anda akan berakhir di pantai pasir putih. Pantai dengan ombak yang tenang ini dihiasi dengan gubuk-gubuk jerami yang berjajar di tepi pantai. Sempurna untuk bersantai menikmati angin laut atau piknik.

4. Akomodasi di tengah hutan mangrove

Jika Anda belum puas mengagumi keindahan hutan mangrove dari pagi hingga sore hari dan ingin menikmati suasana di malam hari, berarti Anda wajib mencoba menginap di Pantai Mangrove Serdang Bedagai. Dibangun di tengah hutan mangrove, menyediakan tempat menginap yang nyaman dan sejuk.

Alamat Pantai Mangrove, Lokasi, Petunjuk Arah dan Biaya Masuk

Alamat Pantai MangroveKredit gambar: Google Maps UtaSama

Pantai eksotis ini terletak di Desa Nipah, Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dapat ditempuh selama 2 jam dari kota Medan.

Cara menuju tempat ini bisa dimulai dari pusat kota Medan, setelah itu menuju jalan lintas Medan – Pematangsiantar, terus ke Sei Buluh, lalu masuk ke pantai Jalan Besar Kelang.

Dari Jalan Besar Pantai Kelang, Anda bisa berjalan langsung menuju pantai sejauh sekitar 8-9 kilometer. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi roadmap. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa becak khas Medan di lokasi pantai karena tidak ada angkutan umum atau bus menuju pantai.

Jika Anda berangkat dari Bandara Kuala Namu, rute yang harus Anda lewati adalah Jalan Tol Medan – Jalan Tol Kuala Namu, menuju ke Jalan Lintas Sumatera, lalu ke Jalan Pantai Kelang Besar, dan langsung menuju Pantai Mangrove Kampung Nipah.

Jika melalui jalur laut, setelah sampai di pelabuhan Belawan, rute yang perlu Anda tempuh antara lain mulai dari Jl. R. Pelabuhan menuju ke Jl. Tol Belmera, terus ke Jl. Tol Medan-Kuala Namu, lalu ke Jl. Lintas Sumatera dan Jl. Pantai Great Kelang dan berakhir di tempat wisata pantai.

Berikut daftar harga tiket masuk dan parkir di Pantai Mangrove per tahun 2021:

  • Harga tiket masuk: Rp.20.000/orang
  • Harga tiket parkir roda dua : Rp 10.000/kendaraan
  • Harga tiket parkir 4×4 : Rp 15.000/kendaraan

Harga ini berlaku dari Senin hingga Minggu. Tidak ada perbedaan harga antara hari kerja dan hari libur nasional atau hari libur bank.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Mangrove

Aktivitas Pantai Mangrove yang MenarikKredit gambar: Google Maps Muhammad Iqbal Zuhdi

1. Wisata edukasi dan penanaman mangrove

Tidak hanya dengan berwisata, Anda juga akan belajar tentang pengelolaan pohon mangrove, mulai dari pembibitan, perawatan, hingga siap tanam di pesisir pantai. Tempat wisata menyediakan pemantau yang dapat memandu Anda.

Tidak hanya melihat prosesnya, Anda juga bisa mencoba menanam bibit mangrove secara langsung. Anda hanya perlu membayar Rp 500 untuk 1 karung bibit mangrove. Selain itu, Anda juga bisa belajar tentang transformasi mangrove menjadi kuliner khas Pantai Mangrove, tentunya beserta dengan cicipannya.

2. Wisata kuliner

Jangan pulang sebelum mencoba salah satu kuliner khas pesisir yang berbahan dasar mangrove. Pohon mangrove telah berhasil diolah oleh ibu-ibu PKK menjadi olahan keripik Nipah, dodol, sirup dan teh jeruju. Anda bisa mendapatkan produk tersebut di warung-warung yang ada di kawasan wisata.

Selain mencicipi jajanan dan oleh-oleh khas, jangan lupa juga mencicipi olahan ikan, udang, kepiting dan kepiting segar yang baru saja ditangkap oleh para nelayan. Aneka minuman buah segar seperti kelapa muda juga tersedia di sini.

3. Perkemahan

Akomodasi tentu disediakan di sekitar kawasan wisata, tetapi Anda juga harus merasakan sensasi berkemah atau di tepi pantai pasir putih hanya dengan merogoh kocek hingga Rp 10.000. Anda dapat membawa peralatan berkemah sendiri dari rumah dan menyalakan api unggun melawan angin laut yang dingin.

4. Piknik

Beberapa pilihan tempat piknik ditawarkan di sekitar wisata pantai ini. Dari belvedere atau gubuk jerami yang berjajar di pantai atau menggelar tikar di atas pasir putih. Yang paling indah adalah dilengkapi dengan pemandangan laut dengan ombak kecil dan awan burung camar putih.

5. Perburuan Kepiting Mangrove

Aktivitas menarik di Pantai MangroveKredit gambar: Google Maps Muhammad Iqbal Zuhdi

Saat pantai surut, Anda bisa bermain di tanah basah dengan hewan laut yang terperangkap di sana. Berbagai hewan seperti kepiting, kerang, udang bahkan ikan-ikan kecil yang sudah terdampar memberikan pengalaman berburu hewan-hewan tersebut.

Jika menggunakan peralatan dapur sederhana, hewan laut ini tentu bisa menjadi lauk yang enak untuk mengisi perut. Tetapi Anda juga dapat membantu hewan-hewan ini kembali ke laut.

6. Berenang dan permainan air

Berkunjung ke pantai tentu saja aktivitas berenang dan air adalah hal yang wajib dilakukan. Ombak di Pantai Mangrove Serdang Bedagai aman saat air surut pada pagi hingga siang hari, namun hindari berenang dan bermain air di sore hari saat laut sedang pasang karena ombaknya tinggi dan berbahaya.

7. Ambil gambar

Pemandangan indah ini tentu sayang untuk dilewatkan. Berbagai spot foto tersedia untuk mengabadikan kenangan berwisata ke pantai bakau ini, termasuk pemandangan perahu nelayan yang berjejer rapi.

Anda juga bisa menikmati keindahan hutan bakau dan pantainya untuk berfoto sebelum pernikahan, Anda dapat meminta paket sebelum pernikahan ke pengelola pantai dengan harga antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Mangrove

Akomodasi di Pantai MangroveKredit gambar: Google Maps Samuel Dedi

1. Akomodasi Pondok di Pantai Mangrove

Berada di kawasan wisata. Tempat ini unik karena terletak di antara hutan bakau yang rimbun dan dikelola oleh masyarakat setempat sendiri. Biaya menginap adalah Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per malam. Fasilitas berupa kamar dan kipas angin dan bisa diisi hingga 4 orang.

2. Hotel keluarga besar

Jika Anda ingin menginap di hotel yang dekat dengan pantai, Grand Family Hotel adalah pilihannya. Berjarak 6,68 km dari lokasi wisata. Tarif kamar bervariasi dari Rp 195.000 hingga Rp 265.000 per malam. Termasuk Wi-Fi gratis.

3. Hotel Graha Soeltan

Hotel ini menjadi salah satu referensi menarik saat Anda berada di sekitar lokasi pantai. Pantai Mangrove Serdang Bedagai berjarak 13,56 km. Tarif kamar bervariasi dari Rp 175.000 hingga Rp 295.000 per malam. Termasuk Wi-Fi gratis.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Mangrove Serdang Bedagai

Fasilitas Pantai MangroveKredit gambar: Google Maps UtaSama

Pantai mangrove ini termasuk fasilitas yang cukup lengkap, begitu juga dengan fasilitas yang disediakan di kawasan wisata tepi laut yang indah ini.

1. Area parkir

Tidak perlu bingung soal tempat parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi, karena pihak pengelola sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Bahkan bisa menampung bus wisata besar. Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket parkir. Jadi, percayakan keamanan kendaraan pribadi Anda di tempat parkir ini.

2. Akomodasi

Menginap di pantai tentu menjadi pilihan yang menarik, apalagi jika bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam secara langsung. Anda bisa memesan gubuk-gubuk penginapan yang telah disediakan oleh Pantai Mangrove. Ada beberapa pondok akomodasi yang dibangun di dalam hutan bakau yang lebat.

3. Toilet

Toilet yang bersih dan nyaman juga disediakan di lokasi ini. Air tawar tersedia di toilet jika Anda perlu membersihkan diri setelah bermain di pantai atau hanya buang air kecil.

4. Tempat sholat

Bagi umat Islam, tidak perlu bingung mencari tempat ibadah yang bersih dan suci. Tempat salat tersedia di kawasan Pantai Mangrove untuk Anda nikmati.

5. Tempat makan

Aneka produk kuliner olahan makanan laut dan minuman yang bisa Anda nikmati di sini. Ikan yang diperoleh merupakan ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas dan unik yang terbuat dari pohon bakau, seperti keripik Nipah.

6. Pondok

Menikmati keindahan pantai tentu sangat menyenangkan duduk di gubuk-gubuk jerami yang disediakan. Anda bisa menikmati deburan ombak sambil piknik menikmati makanan di sini atau berteduh setelah kepanasan.

Demikian informasi lengkap tentang Pantai Mangrove di Serdang Bedagai untuk anda jadikan pedoman dan pertimbangan sebelum berkunjung ke tempat ini. Berkunjung ke pantai Serdang Bedagai yang eksotis ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga banyak ilmu dan pelajaran tentang cara menjaga alam pantai dengan menanam pohon bakau. Dapat berguna.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button