Air Terjun Cihanyawar, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Garut - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Cihanyawar, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Garut

Air Terjun Cihanyawar, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Garut

Jelajahi keindahan Air Terjun Cihanyawar di Garut yang menakjubkan dengan aktivitas menarik seperti bermain air, piknik, dan menjelajahi lingkungan alam.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukapurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Cihanyawar, air terjun yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam air terjun menjadikannya objek wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama mereka yang mencintai alam.

Dengan ketinggian sekitar 16 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Air terjun ini berada di tengah hutan pinus yang hijau, sehingga memiliki suasana yang sangat sejuk dan menyegarkan. Selain itu di sekitar air terjun terdapat beberapa tempat yang cocok untuk kegiatan outdoor.

Meski jalan menuju Air Terjun Cihanyawar cukup sulit dan melelahkan, namun keindahan alam di sana pasti sepadan dengan usaha yang telah dilakukan. Oleh karena itu, bagi pecinta alam dan petualangan, air terjun bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Cihanawar

Daya tarik air terjun CihanyawarFoto: Instagram/Jelajahi Cilawu

Bahkan air terjun atau curug ini belum dikelola dengan baik sejak ditemukan. Namun, sekarang pemerintah daerah telah melakukan perbaikan yang baik untuk dinikmati semua orang. Setelah dikelola, atraksi di bawah ini bisa langsung didapatkan.

✦ Akses mudah ke lokasi

Daya tarik air terjun di Garut ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, tetapi juga pada kemudahan akses menuju wisata ini. Wisatawan dapat dengan mudah mencapai tempat ini melalui berbagai moda transportasi yang tersedia, seperti kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Adanya fasilitas umum dan akomodasi di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa penginapan, restoran, dan tempat hiburan mudah ditemukan di kawasan ini. Hal itu tentu memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin menikmati waktu di air terjun.

✦ Tampilan terlindungi

Keindahan landscape ini benar-benar memikat wisatawan, dengan hamparan pepohonan hijau yang rimbun, air terjun yang jernih, dan udara sejuk yang menyegarkan. Keindahan lingkungan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang ingin bersantai dari kehidupan kota.

Kelestarian Air Terjun Cihanyawar juga dijaga melalui berbagai upaya pelestarian yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Dengan begitu, keindahan alam ini dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kelestarian alam bagi pariwisata dan kehidupan masyarakat sekitar,

✦ Perkemahan

Kawasan ini menawarkan area camping yang luas dan aman dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Wisatawan bisa menikmati suasana malam yang tenang sambil bercengkrama dengan alam sekitar.

Kegiatan berkemah di air terjun ini juga menawarkan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan mendidik, seperti memasak bersama, bermain api unggun, dan belajar mengenal berbagai jenis flora dan fauna yang ada di kawasan ini. Pengalaman ini tentu menjadi kenangan yang tak terlupakan.

✦ Tempat bersantai dan makan

Area relaksasi terletak di bawah pohon rindang dengan kursi dan meja untuk makan siang atau sekadar menikmati pemandangan air terjun. Ada juga warung makan yang menyajikan masakan lokal seperti nasi liwet dan ikan bakar.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun Serug, CihanyawarFoto: Twitter/Raynaldi

Air Terjun Cihanyawar terletak di Suka Murni, Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa mengaksesnya melalui Jalan Garut – Tasikmalaya. Dari Jalan Garut – Tasikmalaya, wisatawan akan menemukan jalan aspal kecil yang menuju ke desa wisata Sindangkasih.

Dari sana, mereka hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan sepeda motor untuk mencapai air terjun. Meski akses ke lokasi terbilang sulit, namun perjalanan pasti terbayar dengan keindahan alam Air Terjun Cihanyawar yang memukau.

Namun, jika tidak ingin repot mencari jalan menuju air terjun, wisatawan juga bisa menggunakan jasa travel yang tersedia di Garut. Biasanya jasa travel ini menawarkan paket-paket yang sudah termasuk transportasi, akomodasi, dan juga tour guide.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Sebelum mengunjungi air terjun, sebagai wisatawan tentunya harus mengetahui harga tiket masuk yang harus dibayar. Harga tiket masuk Air Terjun Cihanyawar cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang di hari biasa dan Rp 15.000 di akhir pekan.

Selain tiket masuk, wisatawan juga harus membayar tiket parkir kendaraan. Untuk parkir motor harga tiket mulai dari Rp 5.000, sedangkan untuk parkir mobil mulai dari Rp 10.000. Namun, meski harga tiket parkir cukup terjangkau, wisatawan diimbau untuk lebih berhati-hati dalam merawat kendaraan.

Dengan membayar tiket masuk dan tiket parkir, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Cihanyawar tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi air terjun tersebut dan rasakan pengalaman berkunjung yang berbeda di tengah alam yang masih alami dan asri.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Air Terjun CihanyawarFoto: Google Maps/Zamil Abdul

Selain beberapa hal menarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Ternyata banyak juga aktivitas seru yang bisa dilakukan disini secara maksimal. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua wisatawan.

1. Lakukan pemotretan

Wisatawan bisa berfoto di sekitar air terjun Cihanyawar, terutama area kolam di bawah air terjun yang akan memberikan backdrop foto yang menarik. Spot foto menarik lainnya ada di area bebatuan besar di sekitar air terjun atau di jembatan yang melintasi air terjun.

2. Bermain air di sungai jernih Air Terjun Cihanyawar

Sungai yang mengalir di sepanjang air terjun yang indah ini memiliki kedalaman yang bervariasi, sehingga cocok untuk berenang atau bermain air bagi para pelancong yang berani. Ingatlah untuk menggunakan alat keselamatan seperti jaket pelampung dan selalu berhati-hati saat bermain di air. Selain bermain air, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam.

3. Piknik di gazebo

Gazebo-gazebo ini tersebar di beberapa area strategis dan menyuguhkan pemandangan yang indah, seperti gazebo yang berada di bukit kecil dekat air terjun atau gazebo yang berada di tepi sungai. Wisatawan bisa membawa bekal sendiri atau membeli makanan dan minuman dari warung-warung yang ada di sekitar air terjun.

4. Jelajahi alam sekitarnya

Beberapa jalur pendakian dan trekking dapat dijelajahi seperti jalur pendakian ke puncak Gunung Salak atau trek ke air terjun lain di sekitar air terjun Cihanyawar.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam kegiatan outdoor, seperti camping, climbing, dll. Pastikan Anda selalu mengikuti peraturan yang berlaku dan membawa peralatan dan perlengkapan keselamatan yang memadai

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Instalasi Air Terjun CihanyawarFoto: Instagram/Edi Niti Purnadi

Fasilitas merupakan salah satu hal penting yang sangat perlu ada di suatu lokasi wisata. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh air terjun ini bagi para wisatawan untuk menikmati perjalanan mereka.

  • Toilet umum
  • warung makan
  • area parkir

Secara keseluruhan, Air Terjun Cihanyawar merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam yang terdapat di sana seperti air terjun yang menjulang tinggi serta suasana yang sejuk dan menyegarkan membuat air terjun ini menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk semua wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button