Bukit Cumbri Wonogiri, menikmati keindahan negeri di atas awan - WisataHits
wisatahits

Bukit Cumbri Wonogiri, menikmati keindahan negeri di atas awan

Bukit Cumbri salah satu tempat wisata alam yang berupa perbukitan yang terletak di perbatasan 2 kabupaten yaitu Wonogiri dan Ponorogo. Dikenal sebagai Negeri Di Atas Awan untuk menikmati matahari terbit dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Bukit Cumbri adalah salah satu bukit Wonogiri di Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 683 meter di atas permukaan laut yang menyuguhkan hamparan mendung jika Anda berada di atasnya. Karena masih asing dengan bukit tersebut, warga sekitar menyebutnya Gunung Cumbri.

Tempat ini menjadi populer sejak foto-foto eksotis beredar di media sosial. Dari matahari terbit dan terbenam yang megah, suasana di atas awan hingga jalanan curam dan sempit yang mengundang adrenalin di tempat ini. Sementara banyak pengunjung mulai datang ke tempat ini untuk hiking.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Bukit Cumbri, ada baiknya membaca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi tentang bukit ini, baik dari segi fasilitas, harga tiket, maupun aktivitas menariknya. Supaya liburanmu lebih tertata.

Atraksi yang dimiliki Cumbri Hills

Obyek Wisata Cumbri WonogiriKredit gambar: Google Maps Fendy Sapto

1. Panorama matahari terbit dan terbenam

Fenomena sunset dan sunrise memang menjadi keistimewaan tersendiri bagi setiap wisatawan yang sedang berlibur di suatu tempat wisata. Tak terkecuali Bukit Cumbri ini, dimana sunrise dan sunset menjadi daya pikat yang menyita perhatian pengunjung.

Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk bersaksi. Sambil menikmati segarnya udara pagi atau suasana menyejukkan saat langit berubah jingga.

2. Keindahan negeri di atas awan

Bukit Cumbri memiliki panorama yang jarang ditemukan, mungkin di Indonesia ada beberapa tempat yaitu hamparan awan putih yang mengelilingi tebing-tebing di sekitarnya. Dimana kamu bisa memanjat tebing untuk menyaksikan fenomena alam ini.

Hal itulah yang membuat para milenial hits datang ke sini untuk berfoto selfie. Tutupan awan menyerupai lautan. Pokoknya, itu sangat indah, saya tidak percaya Anda bisa melihatnya di youtube.

3. Panorama yang menakjubkan

Anda dapat menemukan panorama yang bagus di tempat ini. Apalagi saat cuaca cerah, bukit ini akan tampak memiliki dua bukit dengan puncak yang saling berhadapan. Yang satu menghadap ke barat dan yang lainnya menghadap ke timur, seperti sedang berperang.

Puncak bukit di sebelah timur lebih tinggi dari puncak bukit di sebelah barat. Puncaknya memiliki struktur tanah yang tidak rata karena banyaknya batuan yang tidak beraturan. Jadi kondisi jiwa dan raga harus benar-benar fit.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Bukit Cumbri

Alamat Bukit Cumbri WonogiriKredit gambar: Google Maps Fany Cahyawati

Alamat lengkap tempat ini adalah Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung, yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Namun, sebenarnya letak bukit ini berada di antara Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri. Untuk rutenya sendiri, ada alternatif yang berbeda.

Anda bisa menggunakan Google Maps atau sejenisnya terlebih dahulu untuk menemukan lokasi ini. Namun, jika Anda dari kota Madiun, Anda bisa pergi ke Ponorogo. Sesampai di sana, Anda bisa pergi ke desa dan melanjutkan ke Pagerukir.

Kedua, jika Anda memulai dari Solo, Anda bisa menuju Jalan Wonogiri menuju ke Jalan Ponorogo. Sebelum Anda sampai di pintu yang bertuliskan Selamat Datang di Kota Ponorogo, Anda bisa berbelok ke kiri. Setelah itu, Anda langsung menuju Desa Biting di Purwantoro. Kemudian Anda bisa mengikuti rambu menuju Bukit Cumbri.

Untuk menuju wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil murah atau membawa kendaraan sendiri. Namun, Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke tempat wisata alam tersebut. Ada 4 jalur pendakian.

Jalan pertama melewati Desa Pagerukir, Kecamatan Sampung di Ponorogo, dan 3 jalan lainnya melewati Wonogiri. Jalur pendakian Wonogiri adalah dusun Kepyar yang berada di gerbang barat, dusun Sumber adalah gerbang tengah, dan gerbang timur melalui dusun Jatisari.

Harga Tiket Masuk Bukit Wonogiri Cumbri

Tiket Bukit Cumbri WonogiriKredit gambar: Google Maps bayu andika

Pesona perbukitan Cumbri yang indah bak negeri dongeng menarik tiket masuk yang cukup murah, yakni hanya Rp 2.000 per orang. Namun, untuk parkir juga harus membayar lagi.

Jangan khawatir biaya parkirnya murah, untuk roda empat hanya Rp 5.000 sedangkan untuk roda dua hanya Rp 3.000. Bukit indah ini juga bisa Anda nikmati setiap hari, bahkan setiap jam, menit, dan detik. Karena jam bukanya adalah 24 jam.

Selain itu, Anda juga dapat bermalam di lokasi ini dan dikenakan biaya tambahan. Cukup murah untuk biaya ekstra camping di Bukit Cumbri yang indah ini yaitu hanya Rp 10.000. Biaya tersebut digunakan untuk tambahan parkir, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan Anda.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Cumbri Hills

Aktivitas di Wonogiri CumbriKredit gambar: Google Maps Nalendra Putra

1. Nikmati pemandangan yang indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dan menarik untuk Anda nikmati. Mulai dari senja hingga malam, mega-merah pagi, puncak bukit terbalik, hingga suasana di atas awan seperti di negeri dongeng.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hamparan rumput liar dan beberapa pepohonan hijau saat musim hujan. Karena saat musim kemarau, pemandangannya tampak gersang.

Dengan berbagai pemandangan yang indah, Anda pun bisa bersantai. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai vlogger di bidang pecinta alam. Selain untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia, juga tentang menjaga kelestarian dan keindahan pariwisata ini dengan tidak menimbulkan kerusakan.

2. Berburu foto dan video

Tujuan utama yang dicari wisatawan anak milenial saat liburan adalah hunting foto. Karena foto-foto milenial di media sosial, Bukit Cumbri menjadi populer. Saking banyaknya sehingga banyak yang mengantri untuk berfoto di atas.

Ini menjadi bukti luar biasa kekuatan media sosial di era teknologi Industri 4.0. Selain itu, spot foto di tempat ini juga sangat banyak dan sangat Instagramable.

Anda juga bisa menyimpan panorama alam Bukit Cumbri ini. Cukup gunakan alat seadanya seperti kamera smartphone Anda dengan sedikit sentuhan filter, tambahkan beberapa hashtag saat memposting, pasti FYP (For Your Page) di aplikasi pembuat video Anda.

3. Perkemahan

Tempat ini memiliki sunrise yang indah sehingga rugi jika tidak melihatnya. Jika rumah Anda jauh, tidak mungkin untuk tidak melihatnya. Oleh karena itu, berkemah adalah solusi terbaik.

Tidak hanya keindahan fajar, tetapi juga keindahan senja yang menjadi titik balik antara siang dan malam. Itu pasti panorama yang sangat indah. Selain itu, alunan musik gitar yang Anda dengarkan bersama teman-teman membuat momen ini sangat seru.

Namun jangan lupa membawa makanan, minuman dan jaket hangat. Karena tempat ini tidak memiliki fasilitas seperti kantin atau warung dan sangat dingin di malam hari.

4. Mendaki

Penggemar trekking sangat cocok jika berlibur di tempat ini. Karena tempat ini sangat memacu adrenalin anda. Perjalanan dari tempat parkir ke puncak bukit memakan waktu sekitar satu jam. Apalagi jalannya juga sangat ekstrim dengan bebatuan tidak beraturan yang membuat struktur tanah tidak rata.

Karena itu, saat trekking, jangan lengah, karena bisa berbahaya. Juga, di kedua sisi jalan adalah jurang yang sangat curam dengan jalan yang sangat sempit. Angin juga bertiup cukup kencang saat Anda berada di ketinggian.

Apakah Anda tertantang untuk trekking di tempat ini? Persiapkan fisik Anda terlebih dahulu serta peralatan yang Anda butuhkan. Agar liburan tetap menyenangkan tanpa harus membahayakan diri sendiri.

Fasilitas wisata yang tersedia di Bukit Cumbri

Fasilitas Cumbri WonogiriKredit gambar: Google Maps Nur Dwianto

Wisata ini masih tergolong baru dan populer, sehingga belum ada fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan. Area parkir jauh dari area pendakian yang berada di pemukiman warga sekitar. Bahkan di daerah perbukitan, masih belum ada fasilitas yang diperlukan bagi wisatawan.

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kendaraan Anda dan mempersiapkan tubuh Anda agar tetap sehat. Di daerah perbukitan juga tidak ada warung, jadi sebaiknya bawa makanan, minuman dan obat-obatan dari rumah.

Minimnya fasilitas yang ada dikarenakan lokasinya yang berada di lereng bukit yang umumnya dapat dilalui dengan berjalan kaki. Karena jalannya sempit dan terjal serta jurang yang sangat curam. Jadi Anda harus sangat berhati-hati.

Namun demikian, ada fasilitas alam yang disediakan oleh Bukit Cumbri sendiri, yaitu pesona alamnya yang memukau. Tentunya hal ini tidak akan mengecewakan Anda yang sudah berjuang sampai ke puncak bukit.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Bukit Cumbri terpopuler. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan tren foto tempat ini bukan? Pastinya akan sangat seru dan akan menantang adrenalin Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button