Wisata ke Pacitan Jangan lupa cek 3 destinasi wisata goa ini - WisataHits
Jawa Timur

Wisata ke Pacitan Jangan lupa cek 3 destinasi wisata goa ini

Wisata ke Pacitan Jangan lupa cek 3 destinasi wisata goa ini

TEMPO.CO, jakarta – Pacitan merupakan daerah di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sejak zaman kolonial, Pacitan dikenal sebagai daerah dengan destinasi wisata bahari yang menarik.

Pacitan tidak hanya dikenal dengan wisata bahari yang sangat bagus, tetapi juga wisata goa. Bahkan, slogan yang dibawa oleh Kabupaten Pacitan adalah kota 1001 goa. Hal ini menunjukkan bahwa Pacitan merupakan daerah yang memiliki banyak gua yang indah dan menawan. Selain itu, gua-gua di Pacitan dipercaya memiliki nilai sejarah yang tinggi dan berhubungan dengan kehidupan manusia di masa lampau.

Baca: Magnitudo 6,6 Gempa Pacitan Tak Akan Kurangi Keindahan Destinasi Wisata Bahari Pacitan

Rekomendasi wisata goa di pacitan

1. Gua Luweng Ombo

Gua Luweng Ombo adalah sebuah gua di Desa Kalak. Goa ini merupakan goa vertikal terluas dan terdalam di Pulau Jawa. Gua Luweng Ombo memiliki kedalaman sekitar 130 meter, dengan diameter mulut gua mencapai 50 meter. Gua ini sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan dan destinasi wisata yang memacu adrenalin. Namun, tidak semua orang dapat menjelajahi gua ini karena gua ini adalah gua yang masih asli. Gua ini diperuntukkan bagi orang yang berkompeten dan memiliki peralatan khusus untuk menjelajahi gua.

2. Gua Tabuhan

Goa Tabuhan merupakan sebuah goa yang berada di Dusun Tabuhan. Gua ini merupakan salah satu gua yang paling populer di Pacitan karena memiliki ornamen yang eksotik. Awalnya, gua ini tidak bernama Gua Tabuhan melainkan Gua Taoan. Pasalnya, goa ini berada di perbukitan kapur Tapan dan sering dijadikan tempat meditasi. Namun goa ini berganti nama menjadi Goa Tabuhan karena banyak orang di dalam goa yang menggunakan stalaktit dan stalagmit di dalam goa untuk kesenian. Selain itu, bebatuan di Gua Tabuhan juga dapat mengeluarkan suara alat musik yang menyerupai gamelan.

Baca: Rekomendasi 5 Kuliner Khas Pacitan yang Jarang Ditemukan

3. Gua Gong

Selain Gua Tabuhan, Gua Gong adalah gua populer lainnya di Pacitan. Gua ini tidak jauh dari Gua Tabuhan. Gua ini memiliki ruangan besar dengan panjang sekitar 100 meter, lebar 15 sampai 40 meter dan tinggi 20 sampai 50 meter.

Gua Gong dianggap oleh banyak orang sebagai gua terindah di Asia Tenggara karena formasi stalaktit dan stalakmitnya. Selain itu, saat berkunjung ke goa, Anda bisa mencicipi mata air yang ada di dalam goa. Masyarakat setempat percaya bahwa mata air ini bisa membuat awet muda dan membawa berkah.

EIBEN HEIZIER

Baca Juga: Gua Gong dan Pilihan Wisata di Pantai Klayar Pacitan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button