UMKM memainkan peran penting dalam perang melawan resesi global - WisataHits
wisatahits

UMKM memainkan peran penting dalam perang melawan resesi global

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno kembali menggarisbawahi bahwa UMKM memiliki peran penting dalam membantu masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menghadapi tantangan resesi akibat tekanan ekonomi global pada tahun 2023.

Menparekraf Sandiaga, dalam keikutsertaannya dalam Pekan Pemuda Berkarya dan Kreatif (PAMER), di Sleman, Jumat (4/11/2022) mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

UMKM memainkan peran penting dalam perang melawan resesi globalUMKM berperan besar dalam menghadapi resesi global, foto: Kemenparekraf

“Kami melihat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kita.

Jadi tahun depan, kalau ada yang bilang ekonomi kita sedang lesu, 85 sentra UMKM semua ada di depan kita di sini di ajang PAMER,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf juga mendorong generasi muda untuk memiliki semangat menjadi wirausahawan muda.

Ciptakan produk ekonomi kreatif untuk dapat berpartisipasi dalam memperkuat perekonomian Indonesia dalam menghadapi resesi global.

Lebih lanjut Menparekraf menjelaskan bahwa UMKM memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yaitu sebesar 61% pada tahun 2020 dan diperkirakan akan mencapai 65% pada tahun 2024.

UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja. Ini juga mengumpulkan hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia.

“Jika 5% anak muda menciptakan bisnis, maka 97% lapangan kerja akan tercipta.”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus mendorong penciptaan wirausahawan muda dan memperkuat ekosistem digital melalui beberapa program.

Seperti Wirausahawan Digital Mandiri (WIDURI), Ekonomi Kreatif, Bedah Desain Kemasan (BEDAKAN), Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI), Lingkungan/Kota Kreatif Indonesia (Kata Kreatif) dan Wirausaha Santri digital Indonesia.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button