BMKG Canggih Siapkan Akses Cepat Detektor Gempa dan Informasi Cuaca di KTT G20 - WisataHits
wisatahits

BMKG Canggih Siapkan Akses Cepat Detektor Gempa dan Informasi Cuaca di KTT G20

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar memberikan kemudahan akses informasi cuaca dan gempa terkini selama KTT G20.

Delegasi dapat dengan cepat mengakses informasi terbaru melalui dua link yang disediakan, yaitu dan .

BMKG Canggih Siapkan Akses Cepat Detektor Gempa dan Informasi Cuaca di KTT G20BMKG siapkan akses cepat informasi cuaca saat KTT G20

Juga dipasang di TV

Selain itu, BMKG juga memasang perangkat yang terhubung dengan layar televisi informasi yang terpasang di Hotel Apurva Kempinski dan BNDCC.

Kedua layar ini menyajikan menu-menu yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Aplikasi ini setiap saat yang tamu atau delegasi dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Koordinator Data dan Informasi Pusat Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya, ditemui Selasa (8/11/2022), mengatakan, informasi yang ditampilkan terkadang akan selalu update.

Sesegera mungkin, petugas akan memperbaharui semua informasi, terutama informasi kondisi cuaca buruk yang baru-baru ini terjadi.

“Tamu dan delegasi dapat mengakses semua ancaman dan mitigasi bencana.

Jika terjadi keadaan darurat, seperti gempa bumi, kami segera menyiarkan informasi ke semua lini dan terhubung ke pusat komando ITDC, serta ke pos Puja Mandala (Pusladops BPBD Bali)”

dia menjelaskan.

Tamu dan delegasi dapat membuka tautan dengan mudah.

Ada informasi cuaca dan informasi gempa

Tautan ini, ketika diklik di ponsel, berisi ramalan cuaca G20.

Lengkap menyediakan informasi cuaca setiap jam, suhu udara dan kekuatan angin. Selain itu, tautan ini dilengkapi dengan grafik pemantauan cuaca.

Sementara link ini memberikan informasi seismik yang spesifik.

Akses ke detektor gempa di Bali untuk KTT G20Akses ke detektor gempa di Bali untuk KTT G20

Berisi informasi resmi terbaru jika terjadi gempa bumi di wilayah Indonesia.

Ditambahkannya, BMKG juga memasang unit peralatan sistem peringatan dini (EWS) sekitar 190 meter dari pantai dekat hotel Ampuvura Kempinski. Alat ini memonitor secara real time.

BMKG menyiagakan dan menerjunkan petugas untuk melakukan pengawasan baik di sekitar kegiatan konferensi maupun di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kepala BPBD Bali Made Rentin menjelaskan, untuk memitigasi kondisi cuaca ekstrem, terutama saat hujan deras, perhatian harus diberikan pada beberapa tempat yang muncul genangan air.

Beberapa titik banjir, lanjutnya, yang terekam di sekitar kegiatan konferensi mendapat perhatian yang berlebihan.

Dia menyiapkan beberapa unit alat penyedot air jika hujan deras menyebabkan genangan air.

Alat tersebut disiapkan khusus di posko Puja Mandala, dan langsung diluncurkan untuk mengatasi banjir agar tidak menghambat pelaksanaan konferensi, terutama mobilisasi delegasi.

Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra menyoroti perhatian terhadap mitigasi keamanan bencana berkoordinasi dengan BPBD Bali, TNI Polri dan unsur terkait terutama tamu VVIP.

Selain itu, perhatikan juga potensi petugas pemadam kebakaran di sepanjang lalu lintas penyeberangan ternak, agar tidak menimbulkan keraguan bagi para delegasi selama berada di Bali.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button