Kinerja pertumbuhan yang solid, BSI (BRIS) berhasil membukukan kenaikan laba 42% di kuartal ketiga - WisataHits
Jawa Timur

Kinerja pertumbuhan yang solid, BSI (BRIS) berhasil membukukan kenaikan laba 42% di kuartal ketiga

JAKARTA, Investor.id – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) kembali mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan hingga kuartal ketiga tahun 2022. Hal ini tercermin dari peningkatan laba bersih sebesar 42% menjadi Rp3,21 triliun.

Bank Syariah Indonesia atau BSI juga berhasil mencatatkan peningkatan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 11,86% menjadi Rp 245,18 triliun pada September 2022. Perkembangan positif ini terbantu oleh kepercayaan publik dari penempatan TPF.

Baca Juga: Didukung Faktor Berikut, BSI (BRIS) Raih Dua Penghargaan

Padahal, tabungan wadiah telah melejit dan menjadi salah satu produk yang paling diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan produk perbankan syariah bebas biaya pengelolaan bulanan dengan fasilitas sebagai berikut: perbankan elektronik mudah diakses.

Kinerja yang solid juga didukung oleh keseluruhan pendanaan yang naik 22,35% menjadi Rp199,82 triliun. Pembiayaan di segmen mikro tumbuh 37,32%, diikuti pembiayaan kartu naik 35,81% dan pembiayaan deposito naik 30,15%. Keberhasilan ini juga didukung oleh kualitas pembiayaan yang semakin sehat.

Hal ini tercermin dari NPF Nett yang sangat terjaga, yaitu hanya 0,59%. Mengacu pada kinerja yang baik, Hery Gunardi, Presiden Direktur BSI, mengatakan kinerja perseroan hingga September 2022 berada di jalur yang tepat dan menuju pertumbuhan yang semakin solid.

“Kami terus melakukan transformasi dan efisiensi internal serta memantau perkembangan ekonomi domestik dan internasional sehingga kami dapat mengantisipasi dan terus mendorong pertumbuhan kinerja BSI yang sehat dan berkelanjutan,” kata Hery Gunardi dalam keterangan resmi kepada Investor Daily di Jakarta, hari ini. .

Baca Juga: Kembangkan Ekosistem Islam, BSI (BRIS) Raih Penghargaan Best Islamic Bank

Selain itu, Hery mengatakan pertumbuhan kinerja keuangan didorong oleh sinergi dan konsistensi dalam membangun ekosistem yang islami. Sinergi ini menjadi salah satu katalis utama bagi BSI untuk mencatatkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan semakin cemerlang di tahun ini. “Kami optimis ekosistem Islam akan menjadi bentuk keberlanjutan yang saling memberdayakan dan mendukung. Hal ini berdampak positif bagi perkembangan bisnis perusahaan,” jelasnya.

Ia juga berharap untuk lebih mengembangkan ekosistem, BSI membutuhkan dukungan semua pihak terkait. Sehingga kompetensi keuangan syariah dapat terus ditingkatkan secara masif dan bank syariah dapat menjadi industri unggulan dengan peningkatan pangsa pasar di masa yang akan datang. Hery menambahkan, pencapaian kinerja yang solid ini juga didukung oleh pertumbuhan positif di seluruh komponen metrik keuangan. Hal ini berdampak pada kualitas aset naik 11,53% yoy menjadi Rs 280 triliun, Baikkembali dari eHukum (ROE) tumbuh sebesar 17,44%. Serta efisiensi biaya biaya dana (COF) turun menjadi 1,56%.

Akselerasi Digital Efisiensi yang mendorong kinerja perusahaan juga didukung oleh akselerasi digital. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna BSI Mobile yang mencapai 4,44 juta pengguna, meningkat 43% year-on-year.

Baca Juga: BRI Syariah (BRIS) Tingkatkan Permodalan masalah hukum

Peningkatan jumlah pengguna dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang semakin beralih ke BSI Mobile E-Channels, ATM dan Internet Banking. “Sebanyak 97% profil nasabah BSI telah beralih menggunakan e-channel untuk perbankan. Kumulatif transaksi BSI Mobile mencapai 187,20 juta transaksi pada September 2022, membantu memberikan pendapatan fee based sebesar Rs 173 miliar,” kata Hery.

Untuk mendapatkan kinerja saluran E tetap mengesankan, BSI sedang mempersiapkan berbagai fitur yang akan terus dikembangkan untuk mendorong masyarakat mengaktifkan BSI Mobile. Ini termasuk pembukaan rekening online, top-up e-wallet, pendanaan multiguna online untuk ASN, layanan ZISWAF, tarik tunai, dan layanan emas.

Keterlibatan LST

Sementara itu, BSI terus memegang teguh nilai-nilai Syariah dalam pengembangan bisnis, khususnya dalam penjualan pembiayaan. Ini berarti menyediakan pendanaan yang sehat dan berkelanjutan untuk menjaga keberlanjutan kehidupan dan lingkungan. Hal ini didorong oleh komitmen BSI untuk menerapkan prinsip-prinsip Lingkungan (Environment), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Corporate Governance) atau ESG.

Penerapan prinsip-prinsip LST konsisten dengan aspek keuangan berkelanjutan. BSI menemukan bahwa pendanaan terkait LST terus meningkat dan akan semakin cepat di masa mendatang.

Baca Juga: BSI (BRIS) Beli Tanah dan Bangunan di Jalan Medan Merdeka Jakarta Rp 755 Miliar

Tujuan perusahaan adalah untuk dapat mempresentasikan nilai lebih baik bagi mereka yang terlibat. Tentu saja nilai Hasil ini merupakan hasil dari keselarasan kepentingan ekonomi, sosial dan ekologi. Pada September 2022, pembiayaan berkelanjutan BSI mencapai Rp 51,03 triliun atau 25,54% dari total yang didanai.

Perusahaan juga mengintensifkan penerapan keuangan berkelanjutan dengan menyalurkan dana untuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang mengusung konsep 3P (People, Planet and Profit). Jumlah dana CSR yang disalurkan BSI ke berbagai sektor sosial ekonomi mencapai Rp 84,1 miliar.

Salah satunya adalah dukungan dan pengembangan 19 desa binaan BSI yang tersebar di Aceh, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Barat, dan Makassar. Sedangkan di ranah spiritual, BSI membangun masjid di tempat-tempat wisata. Yang terbaru adalah Masjid Pananjakan BSI di kawasan Bromo, Jawa Timur.

Selama aspek orang, BSI menawarkan lebih dari 400 program beasiswa. Sementara itu, terkait dengan amal dan lingkungan, BSI melakukan kegiatan penanaman pohon dengan lebih dari 20.000 bibit di daerah rawan banjir.

“Kami akan terus mempromosikan pembangunan keuangan berkelanjutan dan melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan di berbagai daerah, termasuk melalui proyek kampanye hijau dan kesadaran lingkungan,” katanya.

Penerbit: kehutanan ([email protected])

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button