Menjelajahi Gunung Rinjani bersama Wali Dewi Anjani - WisataHits
wisatahits

Menjelajahi Gunung Rinjani bersama Wali Dewi Anjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia yang menjadi incaran para pendaki lokal maupun internasional.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk:
Nomor telepon:
Aktivitas: Mendaki, berkemah, memancing, menikmati pemandangan
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, baju ganti, makanan
Larangan: Tidak membuang sampah sembarangan, tidak membahayakan lingkungan, tidak berbicara kotor
Alamat: Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Fasilitas umum: Base camp, toilet, restoran, area parkir
Akses jalan: Trek yang sulit
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Tahukah Anda gunung paling terkenal di pulau Lombok? Ya, jawabannya adalah Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung impian bagi para pecinta alam atau pendaki.

Karena gunung ini sangat sulit untuk dijelajahi. Selain itu, pemandangan yang sangat indah dapat memuaskan pemandangan. Bagi Anda para pendaki sejati, belum lengkap rasanya jika belum mendaki gunung ini.

Disini kami akan menularkan pesona gunung ini. Setelah membaca artikel dari tim dolanyok ini, Anda pasti ingin segera menjelajahi gunung ini.

Sekilas tentang Gunung Rinjani

Siapa yang tidak mengenal Gunung Rinjani? Gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia ini berpuncak pada 3.726 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi pecinta alam lokal maupun mancanegara. Gunung yang mendominasi bentang alam hampir separuh pulau Lombok ini sangat didambakan oleh para pecinta alam.

Bagaimana tidak begitu indah. Tak hanya itu, Danau Segara Anak dan lautan datar di atas awan seakan melepaskan segala penat selama pendakian.

Mitos

Menurut masyarakat setempat, gunung ini memiliki kekuatan mistis. Cerita berlanjut bahwa gunung itu dihuni oleh ratu jin dan menjadi pusat komunitas jenius di seluruh dunia. Kepala jin adalah ratu jin bernama Dewi Anjani.

Hal ini telah ditegaskan oleh para pengusung adat setempat, jika dahulu sebelum mendaki harus melakukan perijinan ritual pada Dewi Anjani untuk meminta keselamatan. Sejauh ini, kegiatan ritual tersebut masih rutin dilakukan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga : Tempat Wisata Lombok

Daya tarik

Gunung eksotik ini memiliki daya tarik yang membedakannya dengan gunung-gunung lain di Indonesia.

anak segar

Pemandangan Danau Segara Anak yang mempesona, pepohonan, hamparan gunung, dan air yang berkilauan seperti berlian adalah sesuatu yang sangat sayang untuk dilewatkan, dan bisa dibilang surga dunia. .

Kawah gunung Finger Stone

Jangan terburu-buru dulu, karena dari bibir danau Anda bisa melihat keindahan dan keagungan Gunung Batu Jari. Gunung di tengah danau sangat identik dengan pemandangan khas Rinjani.

Pemandangan unik lainnya adalah gunung kecil itu mengeluarkan belerang dari kawahnya.

tujuh puncak

Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. jika Anda sudah sampai di puncak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan tak terbatas dan lautan awan untuk Anda nikmati sambil menyeruput kopi Anda.

Pendakian mewah

Jika Anda sedang mendaki dan merasa lelah, semua akan terbayar dengan perjalanan yang mengelilingi Anda, terdapat padang sabana yang luas, bunga edelwais yang indah, hujan pegunungan yang tinggi, sehingga sangat tepat jika jalur pendakian ini dapat dikualifikasikan sebagai Jalur Pendakian Mewah.

Dan masih banyak lagi hal keren lainnya yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke sini.

Alamat

Gunung ini bisa Anda temukan di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jika keindahan yang disuguhkan gunung ini serta pengalaman berwisata yang Anda dapatkan belum cukup memuaskan Anda, jangan khawatir, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar lokasi gunung ini.

Ada lebih banyak atraksi santai yang bisa Anda nikmati. Objek wisata tersebut antara lain Kebun Stroberi Sembalun, Bukit Pelajar Paralayang, Rumah Tenun Sembalun, Kampung Adat Baleq, dan Bukit Selong. Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah di kaki gunung.

Baca juga: Gunung Sindoro

jalur pendakian

Gunung ini memiliki 3 jalur pendakian yang bisa Anda pilih untuk didaki.

garis torean

Jalur unik ini sebenarnya tidak direkomendasikan oleh pengelola, karena jalur ini merupakan jalur khusus bagi warga sekitar yang sudah hafal medan jalur pendakian. Jika ingin menggunakan jalur ini harus mendapat izin dari pengelola dan harus menggunakan pemandu wisata.

Jika Anda mendapatkan izin dan diizinkan untuk mendaki melalui jalur ini, Anda akan melewati sumber air panas yang dapat Anda gunakan untuk mandi. Namun, untuk mandi dan mandi di sini harus mematuhi peraturan yang berlaku, misalnya laki-laki harus memakai celana panjang dan perempuan harus menggunakan pareo atau kain, dan dilarang telanjang bulat atau tidak memakai selimut. .

Setelah melintasi sumber air panas, Anda akan menemukan air terjun berundak yang airnya berasal dari sumber air panas. Namun air ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena air ini mengandung belerang. Setelah melewati air terjun di teras, Anda akan melintasi hutan yang sangat lebat dan sabana yang sangat luas.

Setelah melintasi beberapa tempat yang sangat eksotis, Anda akan menemukan sungai yang sangat jernih, bersih dan indah. Sungainya masih murni dan belum tercemar limbah. Lama setelah Anda menyeberangi sungai, Anda tidak akan melihat jalur pendakian atau petunjuk pendakian yang bisa dilewati. Oleh karena itu, pengelola mewajibkan menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersesat.

Garis Senaru

Nah, untuk jalur ini saja sudah menjadi jalur yang sangat umum atau sering digunakan oleh para pendaki. Pendaki yang naik dari jalur ini biasanya akan turun di jalur Sembalun, atau sebaliknya.

Dari stasiun 1 ke stasiun 2 dengan rute ini, butuh waktu sedikit lebih lama. Memang jalurnya landai dan sangat menguras tenaga, dan sangat disarankan untuk istirahat sejenak di pos-pos yang ada di jalur tersebut.

Untuk melanjutkan ke stasiun 3, diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Dari pos 2 hingga pos 3, Anda akan melewati hutan lebat dan banyak kera liar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melepaskan makanan yang menyebabkan monyet liar menusuk makanan Anda.

Dari Pos 3 menuju Pelawangan Senaru membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, dengan medan jalan yang menanjak dan sangat berat. Sesampainya di Pelawangan Senaru anda akan melihat sebuah kaldera yang sangat indah, cukup untuk menghilangkan penat anda selama perjalanan.

Setelah itu, Anda akan tiba di Danau Segara Anak. Anda juga akan melewati jalan yang sedikit berbatu. Di tempat ini, Anda bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Rinjani.

Jalur Sembalun

Terutama karena jalur ini akan ditutup pada hari Jumat. Hal ini karena adanya permintaan dari masyarakat sekitar. Jika seseorang ingin mendaki melalui jalur ini, ia akan dialihkan melalui jalur lain.

Untuk memasuki stasiun 1, Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan warga yang sangat luas. Di jalur ini Anda juga akan menemukan banyak kera ekor panjang. Nah setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam, disarankan untuk istirahat di pos 1.

Untuk melanjutkan ke pos 2, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jalan yang menanjak. Di jalur ini, sangat disarankan untuk berjalan santai karena menghemat energi sambil menikmati keindahan padang rumput.

Dari pos 2 sampai pos 3 jalan masih cenderung menanjak, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan dari Pos 3 menuju Pelawangan Sembalun memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan. Anda akan melewati tanjakan yang sangat panjang yang biasa disebut Bukit Penyesalan.

Di area ini pikiran, energi, dan emosi kita akan diuji untuk melihat seberapa kuat Anda. Setelah melewati medan yang ekstrim, Anda harus menempuh jalan yang sulit lagi sekitar 1 km sebelum mencapai puncak.

Apa kabar kakak? Apakah Anda merasa tertantang untuk melakukan perjalanan ke gunung ini dengan sejuta keindahan yang akan Anda dapatkan?

Biaya eskalasi

Biaya yang dikeluarkan untuk sampai ke gunung ini bervariasi. Itu tergantung pada kendaraan dan waktu yang Anda inginkan.

Untuk menentukan biaya yang bisa Anda keluarkan, Anda bisa memilih beberapa cara untuk menekan biaya selama perjalanan. Menggunakan jalur darat misalnya, jalur ini sering dipilih oleh para pendaki karena cukup ampuh untuk mengatasi pengeluaran yang membengkak, dan bisa lebih menikmati perjalanan, namun tidak bisa menghemat waktu.

Estimasi biaya perjalanan dari Yogyakarta – Lombok

Dari Jogja, Anda bisa menggunakan kereta api Sri Tanjung yang langsung menuju stasiun Banyuwangi Besar. Perjalanan ke stasiun Banyuwangi Besar memakan waktu 14 jam. Sangat disarankan untuk membawa makan siang sendiri selama perjalanan kereta, karena harga makanan di kereta tinggi.

Sesampainya di stasiun Banyuwangi Besar, anda menuju pelabuhan Ketapang yang jaraknya cukup dekat sekitar 15 menit jalan kaki, dan langsung membeli tiket ferry menuju pelabuhan Gilimanuk. Penyeberangan akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Anda perlu melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Pelabuhan Padang Bai yang memakan waktu sekitar 5 jam.

Setelah sampai di Pelabuhan Padang Bai, Anda bisa menyeberangi Pelabuhan Lembar dan menghabiskan waktu hampir 3 jam. Setelah itu, Anda akan tiba di Lombok. Untuk lebih menghemat waktu, sebaiknya Anda memilih menggunakan trip yang bisa membawa Anda langsung ke Terminal Mandalika Mataram dengan waktu tempuh 3-4 jam.

Jika menggunakan bus akan memakan waktu lebih lama karena tidak langsung menuju terminal Mataram Mandalika. Sesampainya di terminal Mandalika Mataram, Anda akan melakukan perjalanan menuju base camp menggunakan mobil pick up. Anda tiba di base camp Pendakian Sembalun. Beristirahatlah sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Rinjani, dan jangan lupa untuk mendaftar.

Informasi Harga
Kereta Api Sri Tanjung Jogja-Banyuwangi Rp10.000,00/orang
Menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk Rp7.500/orang
Bus Gilimanuk – Padang Bai Rp 65.000,00/orang
Menyeberang ke pelabuhan Lembar Rp44.000,00/orang
Menuju Terminal Mataram Mandalika Rp 35.000,00/orang
Bus dari Terminal Mandalika ke Base Camp Rp25.000.00/orang
Biaya pendaftaran Rp15.000.00/orang
4 hari makan Rp80.000,00

Selain menggunakan jalur darat, Anda juga bisa menggunakan jalur udara. Namun, Anda akan membayar lebih jika menggunakan transportasi udara.

Meredakan

Dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi tempat tersebut setiap harinya, pengelola menyediakan fasilitas yang mungkin bisa anda manfaatkan seperti:

  • Tempat penampungan
  • Toilet
  • Restoran
  • Tempat parkir

Nah, setelah Anda turun dari gunung dan Anda merasa lapar dan lelah, Anda bisa makan. Terdapat beberapa restoran yang dapat dipilih untuk memuaskan rasa lapar Anda seperti Warung Oktavia yang berjarak 14,7 km dan Rifka Cafef Rinjani yang berjarak 13,7 km.

Di restoran, Anda juga dapat mengisi ulang energi untuk mempersiapkan energi Anda kembali ke kampung halaman.

Pertanyaan dan jawaban

Kesimpulan

Tertarik untuk menjelajahi gunung ini? Ayo siapkan tiket dan perlengkapanmu untuk mendaki gunung ini.

Gunung ini juga dinobatkan sebagai gunung terfavorit dan terindah oleh para pendaki Indonesia. Karena memang Gunung Rinjani memiliki keindahan yang tiada tara.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button