Berjalan sendiri melewati bunker tua yang berusia lebih dari 2 abad - WisataHits
Jawa Tengah

Berjalan sendiri melewati bunker tua yang berusia lebih dari 2 abad

Liputan6.com, Yogyakarta – Solo, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang tak pernah habis. Salah satunya adalah bunker tua yang terletak di sekitar Balai Kota Solo.

Bunker tua ini terletak di pojok Kantor Walikota Surakarta, persis di bawah gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota. Bunker yang pertama kali ditemukan pada tahun 2012 ini berukuran 16×24 meter persegi.

Kemudian bunker tersebut dipugar dan menelan biaya hingga Rp 747,8 juta. Dikutip dari berbagai sumber, bunker ini diperkirakan dibangun sejak abad ke-18.

Perkiraan tersebut memiliki dasar yang terlihat dari struktur dan karakteristik bangunan yang ada. Berdasarkan temuan yang ada, bunker lama kemungkinan besar dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda ketika menduduki wilayah Kota Solo.

Selain itu, karena lokasinya, sebelumnya diperkirakan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dana Dutch Bank yang saat ini menjadi agen tunggal Bank Indonesia. Perkiraan lain mengatakan bahwa itu kemudian digunakan oleh Belanda sebagai tempat pertahanan dan perlindungan.

Bunker tua ini juga menjadi salah satu destinasi wisata unik peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Kini bunker lama telah berubah menjadi salah satu tempat menarik yang cocok untuk foto estetis atau Instagramable.

Bunker solo lama ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore WIB dan terbuka untuk umum dan gratis untuk masuk.

Sejumlah penyandang disabilitas di Solo, Jawa Tengah, bersama Forum Peduli Disabilitas Indonesia mendirikan kafe sederhana untuk penyandang disabilitas. Di kafe, pengunjung dapat makan dan minum dengan pembayaran asli.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button