Belum Diresmikan, Masjid Syekh Zayed Gilingan Solo Dilirik Banyak Ormas - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Belum Diresmikan, Masjid Syekh Zayed Gilingan Solo Dilirik Banyak Ormas – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Desa Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo memasuki tahap akhir pada Rabu (19/10/2022). (Dokumentasi khusus/pemerintah kota tunggal)

Solopos.com, SOLO – Masjid Sheikh Zayed di Desa Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo belum diresmikan, namun banyak permintaan izin dari sejumlah ormas untuk melakukan kegiatan di masjid tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Kementerian Agama Kota Solo Hidayat Maskur kepada wartawan usai melakukan pemeriksaan pembangunan replika Masjid Agung Syekh Zayed, Rabu (19/10/2022).

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

“Banyak yang bertanya tentang acara ormas macam-macam. Tapi ingat, kita punya aturan. Untuk aturan baru yang telah kami susun. Belum siap apa gunanya masjid sebesar ini,” katanya.

Ia mengaku belum memastikan apakah Masjid Syekh Zayed di Gilingan, Solo akan mengizinkan berbagai kegiatan seperti Tablig Akbar dan apa aturannya. Namun, untuk kegiatan Idul Fitri dan salat Idul Fitri, mungkin setelah peresmian masjid.

Menurut Hidayat, pengelolaan masjid replika itu akan dilakukan atas kerja sama Kementerian Agama dengan pemerintah kota Solo. Perwira muazzin dan imam masjid kini sudah siap. Replika Masjid Agung Sheikh Zayed rencananya akan diresmikan pada 17 November 2022.

Baca Juga: Replika Masjid Agung Sheikh Zayed Kursi 4.000

“Ada kriteria muazin. Kami mencari muazin terbaik di Jawa Tengah untuk dibawa ke sini. Selanjutnya kita pikirkan nanti [muazin tambahan],” dia berkata.

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa mengatakan pembangunan Masjid Sheikh Zayed Gilingan masih dalam tahap akhir, dengan progres 91,22 persen. Pekerjaan konstruksi diperkirakan akan selesai dalam waktu seminggu ke depan.

“Setelah selesai tinggal pengawasan saja, masjid baru bisa dimasuki masyarakat setelah peresmian. Itu diatur oleh Kementerian Agama yang punya kewenangan,” katanya.

Baca Juga: Terowongan Masjid Sheikh Zayed-Islamic Center Solo Terhubung dengan Eskalator

Ia menjelaskan, baru pertama kali meninjau pembangunan replika Masjid Agung Sheikh Zayed pada Rabu pagi. Promotor akan memasang sejumlah rambu/pemberitahuan untuk memudahkan jamaah/pengunjung masjid.

FYI: Masjid Agung Sheikh Zayed yang merupakan replika masjid dengan nama yang sama di Abu Dhabi, dibangun sebagai hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ kepada Presiden Jokowi saat dia masih putra mahkota.

Sebuah Islamic center akan dibangun di sebelah masjid, yang akan dibangun tidak jauh dari masjid. Terowongan dengan eskalator akan dihubungkan antara masjid dan gedung Islamic Center.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button