Selain Benteng Pendem, Berikut Sejumlah Tempat Wisata Menarik di Ngawi Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Selain Benteng Pendem, Berikut Sejumlah Tempat Wisata Menarik di Ngawi Solopos.com

Selain Benteng Pendem, Berikut Sejumlah Tempat Wisata Menarik di Ngawi Solopos.com

SOLOPOS.COM – Perkebunan Teh Jamus di lereng Gunung Lawu sebelah utara, tepatnya di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. (Khusus/dokumentasi ngawikib.go.id)

Solopos.com, NGAWI — Kabupaten Ngawi selama ini memang belum dikenal sebagai daerah yang memiliki tempat wisata terkenal seperti daerah tetangganya. Namun, ternyata kabupaten di ujung paling barat Jawa Timur ini juga memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah menarik.

Ngawi yang berada tepat di perbatasan Kabupaten Sragen Jawa Tengah ini memiliki tempat wisata alam dan tempat wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi. Berikut enam tempat wisata yang direkomendasikan:

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

  1. Benteng van den Bosch

Benteng Van Den Bosch juga dikenal sebagai Benteng Pendem. Lokasinya ada di Jl. Untung Suropati, Pelem II, Kabupaten Ngawi. Benteng Pendem merupakan bangunan bersejarah pemerintah Hindia Belanda saat menduduki wilayah Ngawi. Benteng yang memiliki luas bangunan kurang lebih 165 meter kali 80 meter dengan luas tanah 15 hektar ini selesai dibangun pada tahun 1845. Di penghujung tahun 2020, bangunan bersejarah itu juga direvitalisasi oleh pemerintah pusat. Saat ini proses revitalisasi sudah mencapai 100% dan bangunan terlihat asri. Namun sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut kapan Benteng Pendem akan dibuka untuk umum.

Beriklan dengan kami

menunggu ngawiKeadaan terbaru Benteng Pendem Ngawi. (Kementerian PUPR)

  1. Perkebunan Teh Jamus

Obyek wisata terdekat adalah Kebun Teh Jamus. Lokasi Perkebunan Teh Jamus berada di Desa Gilikerto, Kecamatan Sine. Kebun teh di lereng Gunung Lawu ini memiliki suasana yang sejuk dan asri. Kebun teh yang luas ini juga sangat cocok untuk hunting foto. Tidak hanya pemandangan kebun teh yang indah, tempat ini juga memiliki taman bermain anak, kolam renang, penangkaran rusa dan mata air Sumber Lanang. Tarif masuk ke kawasan wisata ini adalah Rp 15.000.

Pemetik daun teh di Jamus, Ngawi, Sabtu (30/5/2015).  (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)Pemetik daun teh di Jamus, Ngawi, Sabtu (30/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

  1. Air Terjun Taman Srambang

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Air Terjun Taman Srambang. Menurut laporan dari ngawikab.go.id, Air Terjun Srambang mencapai ketinggian 40 meter. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Ngawi. Obyek wisata ini dipenuhi oleh hutan pinus yang menjulang tinggi sehingga masih sangat asri, suasananya sejuk dan tentram. Menurut berbagai sumber, tiket masuk Taman Srambang adalah Rp 15.000. Di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati kesegaran air terjun, namun juga terdapat taman bermain anak, taman bunga, kolam renang dan gazebo. Tempat ini sangat cocok untuk piknik keluarga.

tempat wisata yang kerenAir Terjun Taman Srambang. (ngawikib.go.id)

  1. pengantin jatuh

Curug pengantin ini merupakan tempat wisata yang terkenal di Ngawi. Objek Wistaa ini terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Menurut laporan dari berbagai sumber, dinamakan Air Terjun Pengantin karena memiliki dua air terjun yang berdampingan layaknya sepasang pengantin. Ketinggian kedua air terjun ini juga sama yaitu 12 meter. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata dan cocok bagi pengunjung yang ingin menenangkan pikiran setelah bekerja keras.

Air Terjun Pengantin NgawiAir Terjun Pengantin di Ngawi. (Facebook)

  1. Air Terjun Suwono

Tempat wisata Air Terjun Suwono ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Situs ini terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah dan lingkungannya yang masih asli. Rimbunnya hutan pinus membuat suasana tenang dan sejuk. Ada juga berbagai spot foto menarik di titik ini.

Beriklan dengan kami

tempat wisata yang kerenAir Terjun Suwono. () ngawikib.go.id

  1. Museum Trinil

Obyek wisata ini terletak di Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar. Dilaporkan oleh ngwikab.go.id Museum ini merupakan tempat penyimpanan berbagai jenis fosil manusia purba dan hewan purba. Di Museum Trinil, wisatawan bisa berwisata sambil belajar tentang manusia purba dan melihat langsung fosil beserta jenazahnya. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat area outbond dan bumi perkemahan.

tempat wisata yang kerenMuseum Trinil. (ngawikib.go.id)

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button