Bukan Kediri dan Banyuwangi, Ini 5 Daerah Penghasil Durian Terbesar di Jawa Timur yang Sudah Kualitas Ekspor - WisataHits
Jawa Timur

Bukan Kediri dan Banyuwangi, Ini 5 Daerah Penghasil Durian Terbesar di Jawa Timur yang Sudah Kualitas Ekspor

Bukan Kediri dan Banyuwangi, Ini 5 Daerah Penghasil Durian Terbesar di Jawa Timur yang Sudah Kualitas Ekspor

Surabaya (Beritajatim.com) – Provinsi Jawa Timur tidak berbeda dengan provinsi lain dalam hal produksi durian. Provinsi Jawa Timur tercatat memproduksi durian sebanyak 275.319 ton pada tahun 2021, terbanyak dibandingkan data dari 10 daerah lainnya.

Selain kuantitas, kualitas durian asal Jawa Timur juga berada pada level kualitas ekspor. Beberapa negara yang menerima ekspor durian dari Jawa Timur seperti Vietnam, Malaysia dan China.

Pada peluncuran Halodoc, setidaknya ada lima manfaat durian bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Yakni mencegah kanker, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah nyeri, menghindari penuaan dini dan menjaga kesehatan tulang.

Lantas dimana sajakah daerah penghasil durian terbesar di Jawa Timur?

Seperti dikutip beritajatim.com dari buku PDF Jatim Dalam Angka 2022, berikut 5 besar daerah dengan produksi durian terbesar di Jawa Timur berdasarkan data BPS tahun 2021:

1. Pasuruan

Durian merupakan produk hortikultura unggulan di Kabupaten Pasuruan yang dibudidayakan di beberapa kecamatan seperti kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Sukorejo.

Varietas lokal ditanam seperti durian Petruk, Kasmin dan Laron, serta varietas durian populer seperti Montong. Dari ketiga jenis tersebut Petruk dan Montong menjadi andalan karena memiliki ciri buah besar dan tebal, aroma buah kuat, rasa manis dan biji kecil.

Dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang menghasilkan durian, ada destinasi yang sering dikunjungi para pecinta durian. Dua di antaranya berada di Kecamatan Tutur dan Purwosari.

2. Sayang sekali

Malang memang sudah dikenal sebagai penghasil durian yang melimpah dan wisata durian yang cukup terkenal. Varietas durian yang ditanam di Malang berkisar dari manis hingga asam. Sukro durian dan mentega durian yang terkenal.

Daerah Malang yang menawarkan wisata petik durian populer adalah kecamatan Wagir dan daerah sekitar Kasembon & Ngantang.

3. Trengalek

Dinas Pertanian Trenggalek mencoba memprioritaskan produksi buah durian dari beberapa tahun lalu. Hasilnya terlihat dari populasi tanaman durian di Kabupaten Trenggalek yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di Jawa Timur.

Areal yang ditanami pohon durian mencapai 650 hektar dengan populasi 99.000 pohon durian. Salah satu kabupaten yang terkenal akan produksi durian adalah kabupaten Watulimo.

Varietas durian unggulan yang ditanam adalah durian ripto, durian kunirjiman dan durian rindu.

4.Ponorogo

Durian merupakan salah satu produk unggulan masyarakat 8 desa di Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Sebanyak 6.287 pohon durian dibudidayakan di sana.

Kecamatan Nbel juga menawarkan wisata “Kampung Durian” yang kerap dibanjiri pengunjung saat musim durian dimulai.

Ada tiga jenis durian yang ditanam masyarakat Ngebel. Yakni Kanjeng Putih, Kanjeng Hijau dan Kanjeng Montong. Durian jenis ini merupakan olahan petani yang sengaja menyilangkan tanaman durian lokal untuk menciptakan varietas dan rasa baru.

5.Probolinggo

Probolinggo sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra durian mancanegara. Namun varietas lokal seperti Braggah juga sangat digemari pecinta durian.

Salah satu kabupaten penghasil durian di Probolinggo adalah Lumbang, tepatnya di desa Branggah dan Negororejo. Banyak jenis durian ditanam di sana.

Inilah lima besar daerah di Jawa Timur penghasil durian kualitas ekspor. Kedua daerah tersebut mengalami peningkatan produksi durian hingga tahun 2020. (kai/ian)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button