Tebing Keraton - WisataHits
wisatahits

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan salah satu objek wisata alam di bandung yang belakangan ini mulai menarik perhatian wisatawan.

Apalagi setelah foto-foto kecantikannya tersebar luas di jejaring sosial khususnya Instagramtempat ini mulai identik dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Tempat ini penuh pesona. Apalagi buat kamu yang suka kejar-kejaran foto sekarang Matahari terbit tiba, lalu tempat wisata di bandung Ini tidak boleh dilewatkan.

Istana Tebing Bandung

tebing-istana-bandung

Jika Anda memiliki akun Instagramcoba lakukan riset dengan kata kunci Tebing Keraton. Sebentar lagi, foto-foto keindahan tempat ini pasti akan muncul memenuhi beranda akun. Instagram Anda.

Ya. Tempat wisata ini bahkan mendapat julukan tebing Instagram para pengguna internet. Ini karena ada begitu banyak pengguna Instagram yang memposting foto mereka saat mengunjungi tebing ini.

Tebing Keraton sebenarnya hanyalah sebuah bukit di atas tebing yang terjal namun dikelilingi oleh pemandangan hutan pinus yang sangat indah.

Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut juga memberikan suhu udara yang cukup sejuk sehingga menjadikannya tempat yang nyaman untuk bersantai.

Para turis yang datang Tebing Keraton biasanya bertujuan untuk berburu gambar atau melihat keindahan Matahari terbit.

tebing-istana-dago-topinstagram.com/angga_ardiansy

Itu sebabnya tempat ini biasanya lebih ramai di pagi hari sekitar pukul 6-7 pagi.

Namun tentu saja Cliff Palace bukan sekadar objek wisata sederhana. Masih banyak kegiatan atau hal seru yang bisa kita lakukan mengeksplorasi.

Tebing Keraton sebenarnya sudah lama dikenal warga sekitar sebagai tempat wisata. Keindahannya pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 2014.

Kemudian setelah Instagram dan banyaknya wisatawan yang memposting fotonya, tempat wisata ini akhirnya mulai dikenal dan diketahui puncaknya saat ini.

Kegiatan menarik di Tebing Istana

Di tempat ini kita tidak hanya bisa menikmati keindahannya Matahari terbit Di mana berburu gambar saja. Masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Tebing Keraton:

Nikmati relaksasi di atas awan

tebing-istana-mana sajainstagram.com/dolankemari

Selain disebut tebing InstagramCliff Palace juga pantas mendapat julukan negeri di atas awan.

Tidak lain karena di tempat ini kita memang bisa menikmati sensasi relaksasi di tempat yang pada pagi hari diselimuti awan tebal.

Awan terhampar indah di antara pinus dan lereng gunung. PedesaanSepintas memang terlihat seperti keset lantai yang sangat enak dipandang mata.

Dari atas tebing ini kita juga bisa melihat secara langsung keindahan kota Bandung yang masih segar di pagi hari.

Suara nyanyian orkestra alam dari berbagai makhluk hutan juga melengkapi ketenangan yang sangat ampuh menghilangkan penat dan penat pikiran.

Matahari terbit dan terbenam yang indah

tebing-istana-matahari terbenaminstagram.com/infobandungkota

Keindahan saat matahari perlahan mulai muncul dari ufuk timur menjadi momen yang ditunggu-tunggu para wisatawan.

Tak sedikit traveler yang rela bangun pagi dan datang ke tempat ini untuk menyaksikan momen tersebut.

Menikmati Matahari terbit dari tempat ini telah menjadi aktivitas utama wisatawan. Sedangkan Matahari terbit-an, mereka bisa menghangatkan diri dengan secangkir kopi atau teh panas.

melakukan perjalanan

Jarak dari tempat parkir ke lokasi Tebing Keraton kurang lebih 1 kilometer. Jalurnya naik turun dan cukup menantang buat kamu yang suka melakukan perjalanan.

Jadi, sebelum tiba di lokasi, Anda bisa melakukan perjalanan ringan sambil menikmati semua keindahan yang hadir di sepanjang jalan.

Bersepeda dengan gembira

tebing-keraton-track-gowesinstagram.com/haryantobs

Buat kamu yang suka bersepeda, jalur dari tempat parkir menuju lokasi wisata juga bisa dijadikan tempat pertemuan Melacak Bersepeda dengan gembira yang cukup sulit.

Tidak sedikit komunitas pengendara sepeda Bandung yang sering mencoba Melacak untuk menguji kelincahan mereka.

Jalur yang menanjak dan agak menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta bersepeda.

Baca juga: Pecinan Bandung

Berkemah

tebing-istana-kemah-tanahinstagram.com/m_sopian28

Saat ini di lokasi tebing keraton juga telah direncanakan lahan yang cukup luas sebagai tempat mendirikan tenda.

Jika Anda ingin menikmati malam di tempat ini, Anda bisa bermalam di area tersebut tempat perkemahan itu.

Sewa tenda juga tersedia dengan tarif Rp 140.000 per malam. Tetapi jika Anda membawa perlengkapan sendiri berkemahmaka Anda hanya perlu membayar sewa tanah sebesar Rp 40.000 per malam.

Di lokasi sebenarnya, itu sudah ada homestay yang dibangun oleh penemu objek wisata ini. Jika Anda tidak ingin bermalam di area tersebut berkemahkamu bisa menyewa homestay dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi Istana Tebing

Alamat Istana Tebing terletak di Dago Atas, Desa Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Lokasinya dekat dengan kawasan taman hutan Ir. H. Juanda yang hanya berjarak sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota Bandung.

Lokasi tebing ini juga tidak terlalu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Kita bahkan bisa melihat gunung ini dengan sangat jelas dari tebing Keraton.

Jalan dan jalan menuju Istana Tebing

bagaimana-ke-tebing-istanainstagram.com/mainyuk.co

Saat ini belum ada angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju lokasi wisata. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan sepeda motor atau naik mobil pribadi.

Sedangkan untuk rutenya, Anda bisa mengakses tempat wisata ini dari arah kota Bandung menuju kawasan taman hutan Ir. H. Juanda.

Sekitar 50 kilometer dari hutan, Anda hanya perlu berbelok ke kanan di pertigaan dan mengikuti rambu yang akan membawa Anda ke tempat parkir.

Kendaraan roda empat tidak bisa mendaki langsung ke lokasi tebing. Anda dapat memarkir mobil Anda di tempat parkir di bawah dan berjalan kaki atau menggunakan layanan ojek dengan biaya Rp 50.000 pulang pergi.

Jam buka Istana Tebing

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga 6 sore.

Hari Jam operasional
Setiap hari 05.00 – 18.00 WIB

Tetapi jika Anda ingin melihat Matahari terbitkemudian datang lebih awal yaitu setelah sholat subuh sekitar jam 6 sampai jam 7 pagi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada hari kerja. Saat liburan, tempat wisata ini biasanya akan sangat ramai, sehingga kurang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

Biaya masuk

tiket-masuk-tebing-keratoninstagram.com/fenryferdinand

Tiket masuk ke Istana Tebing dijual dengan harga Rp 11.000 per orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk turis asing harus membayar tiket masuk sebesar Rp 76.000 per orang.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 11.000 (WNI) – Rp 76.000 (asing)
Tempat parkir mobil Rp 5000 (motor) – Rp 10.000 (mobil)

Selain itu kita juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk sepeda motor. Bagi pengendara, biaya parkir lebih mahal yaitu Rp 10.000.

Fasilitas umum

Meski tidak terlalu lengkap, fasilitas umum yang disediakan pengelola bisa dibilang sudah lebih dari cukup.

Sudah ada tempat parkir, toilet, mushola dan warung-warung kecil untuk mengisi perut.

Selain itu, fasilitas keamanan bagi pengunjung juga sudah mulai dibangun. Sudah ada area berpagar besi yang cukup aman sebagai tempat berkumpul untuk menikmati alam sekitar.

instalasi-tebing-istanainstagram.com/dadanridwanulloh

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Bandung

Istana Tebing Bandung bisa dijadikan alternatif wisata akhir pekan yang murah. Apalagi buat kamu yang suka share foto di jejaring sosial, tempat ini bisa dijadikan lokasi berburu gambar yang sangat menjanjikan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button