Belajar jadi Astraunot kecil di Planetarium Jakarta - WisataHits
wisatahits

Belajar jadi Astraunot kecil di Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta adalah tempat di mana Anda bisa belajar tentang astrologi dan benda langit lainnya.

Jam buka: 08.00-15.00 WIB
Tiket masuk: Rp5.000- Rp12.000,00
Nomor telepon: 021 2305146
Aktivitas: Hadiri proyeksi film surya, temukan galeri benda langit dan peralatan astronomi, temukan fenomena alam yang terkait dengan langit dan objeknya
Waktu terbaik: Di pagi hari dan saat fenomena alam terjadi
Perlu membawa: Air minum, kamera, notebook
Larangan: Jangan hancurkan koleksi Galeri Observatorium
Alamat: Jl.Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Fasilitas umum: Parkir, Toilet, Mushola
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Baca juga daftar wisata Jakarta terbaru

Saat ini sudah jarang ditemukan tempat wisata yang bertemakan tertentu. Sebagian besar tempat wisata baru yang muncul adalah tempat wisata kekinian.

Namun ternyata di Jakarta terdapat tempat wisata dengan tema yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya. Tempat wisatanya adalah Planetarium Jakarta. Tahukah Anda jenis tempat wisata di tempat ini?

Sekilas Planetarium Jakarta

Apa saja tempat wisata yang ada di Planetarium Jakarta? Tempat wisata ini berisi berbagai wahana yang berisi simulasi bintang dan benda langit lainnya.

Tempat ini tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga edukasi tentang dunia luar angkasa yang jarang kita perhatikan. Di sini wisatawan tidak hanya mendapatkan informasi tentang dunia astronomi, tetapi juga pengalaman langsung.

Di Jakarta ada planetarium sedangkan di Bandung ada Observatorium Bosscha dimana kamu bisa belajar lebih banyak tentang dunia astronomi. Yogyakarta juga memiliki planetarium di Taman Pintar, meski skalanya tidak semegah di Jakarta.

Cerita

Penggagas wisata edukasi astronomi dan astrologi ini adalah Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Konstruksi dimulai pada tahun 1964 dan selesai pada tahun 1969 dan menjadi milik pemerintah DKI Jakarta.

Tempat ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian benda-benda langit dan tempat dokumentasi benda-benda langit. Ada pameran yang menampilkan berbagai foto dan gambar dari berbagai galaksi.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan teori pembentukan galaksi dan penciptanya. Yang lebih menarik dari tempat ini adalah terdapat sebuah tempat yang didalamnya terdapat berbagai teleskop yang dapat langsung anda gunakan untuk melihat berbagai benda langit.

Atraksi

Di tempat ini, Anda tidak akan menemukan wahana yang bervariasi seperti di tempat wisata lainnya. Bahkan jika Anda tidak dapat menemukan tumpangan, Anda tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini. Karena Anda akan menjalani pengalaman seru menikmati berbagai atraksi yang disajikan di sana.

teater bintang

Sesuai dengan namanya yaitu teater, tempat ini dibuat seperti bioskop dimana Anda bisa menikmati pertunjukannya. Teater Bintang dapat dinikmati di aula besar dan menggunakan langit-langit berkubah sebagai layar. Itu membuat Anda merasa seperti sedang melihat ke langit.

Anda akan dapat menikmati pertunjukan yang menampilkan pemandangan langit di malam hari. Lanskap ditampilkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Anda bahkan dapat melihat pembentukan galaksi, tata surya, bulan, gerhana matahari, planet, dan berbagai benda langit lainnya selama 50-60 menit.

Galeri Astronomi

Atraksi kedua adalah Galeri Astronomi yang menampilkan berbagai foto dan gambar yang berhubungan dengan benda-benda langit. Galeri juga menampilkan informasi terkait untuk menambah pengetahuan Anda tentang dunia astronomi.

Anda dapat menemukan hal-hal menakjubkan di galeri ini. Anda bisa melihat koleksi meteorit yang jatuh di Indonesia pada tahun 1975.

teleskop observasi

Di Planetarium, Anda tidak hanya bisa melihat kumpulan benda-benda langit, tetapi juga merasakan langsung pengalaman mengamati benda-benda langit. Pada waktu-waktu tertentu tempat yang berisi berbagai teleskop atau teropong ini digunakan sebagai tempat pengamatan benda-benda angkasa.

Anda juga bisa melihat fenomena langit secara langsung dan terbuka dari tempat ini. Ada banyak jenis teleskop, termasuk teleskop ASKO. Teleskop ini merupakan teleskop reflektor dengan diameter cermin 31 cm. Teleskop lainnya adalah teleskop Takahashi yang merupakan teleskop Newtonian dengan diameter 16 cm. Selain itu, ada teleskop Elbow dengan diameter 15 cm dan ada 10 jenis teleskop lainnya.

Alamat

Tempat wisata edukasi ini bisa Anda kunjungi di Jl.Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Setelah selesai berkeliling tempat ini, Anda bisa mampir ke tempat wisata lain yang tidak kalah seru, seperti Taman Ismail Marzuki, Taman Suropati, Taman Situ Lembang, Museum Sasmita Loka Ahmad Yani, Museum Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia dan masih banyak lagi. yang lain.

Biaya masuk

Untuk dapat menikmati tempat wisata edukasi ini, Anda akan dikenakan biaya sebagai berikut:

Informasi Harga tiket
Anak-anak Rp 7.000.00/orang
Dewasa Rp 12.000,00/orang
Kelompok mahasiswa/mahasiswa Rp 500.000,00/100 orang
Grup umum Rp10.000,00/100 orang

Untuk rombongan minimal 100 orang, jika kurang dari jumlah tersebut akan tetap dikenakan biaya 100 orang.

Jika Anda datang sebagai grup, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu dengan pengelola. Jam check-in buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, dengan istirahat dari pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Anda dapat menghubungi 021 2305146 atau mengunjungi website di planetarium.jakarta.go.id.

Tiket individu

Anak-anak: Rp 7.000,- / orang (mulai dari usia 2 tahun hingga usia sekolah dasar)
Dewasa: Rp 12.000,- / orang (tingkat perguruan tinggi hingga dewasa)

Tiket individu dapat dibeli langsung di box office, yang dibuka 1 jam sebelum dimulainya acara.

Jam operasional

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya perhatikan jam bukanya, karena jadwalnya tidak buka setiap hari.

Informasi Hari Jam buka
Planetarium Jakarta selasa-minggu 08.00-15.00 WIB
Pertunjukan untuk grup Selasa Jumat 09.30-13.30 WIB
Pertunjukan untuk individu Sabtu Minggu 09:30, 13:30
Waktu Dukungan Nomor Antrian Individu Sabtu Minggu 07:30 WIB
Waktu pembayaran untuk tiket individu Sabtu Minggu 08.00, 11.30 WIB

Sebelum berkunjung, harap perhatikan jam buka terlebih dahulu, karena jadwal pertunjukan dapat bervariasi tergantung pada jenis wisatawan. Namun jika Anda hanya ingin melihat galeri observatorium, Anda bisa datang pada hari Selasa hingga Minggu.

Baca juga: Ayodya Park Jakarta

Meredakan

Tempat pencarian bintang dan benda langit lainnya ini menjadi objek wisata populer di Jakarta. Oleh karena itu, pengelola telah merencanakan fasilitas yang cukup lengkap:

Bicara soal akomodasi, ada berbagai jenis hotel dan hostel yang bisa Anda coba. Akomodasi terdekat dari tempat wisata ini adalah Hotel Alia Cikini, Ibis Budget, Menteng Saphire dan masih banyak lagi. Nah, untuk referensi tempat makan bisa mampir ke Gado-Gado Bon Bin, Aljazeerah Restaurant & Cafe.

Tips Perjalanan

Untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan di tempat wisata edukasi ini, Anda bisa menggunakan tips berikut ini:

  • Datanglah pagi-pagi sekali jika ingin melihat pertunjukan di Theatre of Stars, untuk menghindari antrean panjang.
  • Kenakan pakaian yang sopan dan hangat karena aula pertunjukan sangat dingin.
  • Carilah tempat duduk di posisi tengah karena layar berbentuk kubah dan duduk tepat di atas kepala Anda sehingga Anda dapat melihat ke segala arah.

Karena pertunjukan ini paling baik dinikmati dalam kelompok, undang keluarga atau teman Anda untuk menonton pertunjukan di teater bintang ini.

PLANETARIUM JAKARTA

Pertanyaan dan jawaban

Berikut pertanyaan terkait informasi tempat wisata edukasi ini:

Kesimpulan

Nah, apakah cukup untuk menarik tempat wisata edukasi ke Planetarium Jakarta? Sekarang bukan waktunya untuk pergi berlibur untuk bersenang-senang. Mengunjungi tempat ini, Anda akan merasa takjub dan bersyukur atas keindahan dunia ini.

Selain meluangkan waktu untuk liburan, luangkan waktu saat fenomena alam seperti gerhana terjadi. Saat itu pihak pengelola akan membuka tempat ini untuk umum. Anda juga dapat melihat dengan jelas fenomena ini menggunakan teleskop di lokasi ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button