7 Tempat Wisata Bandung Barat Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung! - WisataHits
Jawa Barat

7 Tempat Wisata Bandung Barat Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung!

bandung

Kabupaten Bandung Barat tidak jauh dari Kota Kembang dan juga memiliki banyak wisata unggulan. Bahkan, kemacetan di Kabupaten Bandung Barat kerap tak terhindarkan saat akhir pekan tiba.

Kabupaten Bandung Barat terletak di atas bukit dan menawarkan wisata alam yang mempesona dengan suhu udara yang relatif dingin. Tempat wisata seperti pegunungan, hutan, danau dan air terjun yang indah dapat ditemukan di kabupaten ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat :

1. Hutan Anggrek Cikole

Bagi pecinta anggrek, wisata ini bisa menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Selain koleksi anggrek, wisata alam raksasa ini juga menampilkan berbagai atraksi seperti taman kelinci, golf mini, dan jembatan gantung super panjang.

Alamat: Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: 09.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: Rp 40.000

2. Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu (TWA).

Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat ini juga menjadi salah satu wisata terpopuler di Kabupaten Bandung Barat. Sangkuriang, dengan bau belerangnya yang menyengat dan menenangkan kulit, juga erat kaitannya dengan cerita rakyat Sangkuriang.

Alamat: Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 20.000 (weekdays) dan Rp 30.000 (weekends).

3. Farmhouse Lembang

Ingin berfoto dengan nuansa rumah Eropa? Farmhouse Lembang bisa menjadi solusi yang bagus di sini. Bahkan, pakaian khas Belanda bisa disewa di sini.

Selain itu, kebun binatang mini dan rumah hobbit menjadi spot foto unik di tempat wisata ini. Tiket yang dibeli di sini juga bisa ditukar dengan susu sapi murni.

Alamat: Jalan Raya Lembang No. 108, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: 08.00 – 20.00 WIB
Harga tiket: Rp25.000

4. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Tempat wisata yang masih sangat alami, asri dan alami ini sering menjadi tujuan utama para wisatawan yang menginginkan wisata alam yang ringan. Tak jauh dari pintu masuk, wisatawan bisa melihat Gua Belanda dan Gua Jepang yang konon pernah dijadikan tempat penahanan.

Selain itu, ada berbagai spot foto yang menakjubkan di Tahura seperti Curug Maribaya dan Tebing Keraton. Pengunjung juga dapat memberi makan rusa di salah satu area penangkaran yang disediakan pengelola.

Alamat : Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: Rp 12.000

5. Sanghyang Howler

Berhubungan erat dengan legenda tentang bidadari turun dari surga (tempat para dewa) dan mandi di sebuah danau, Danau Sanghyang Heuleut terlihat sangat unik dan indah. Air di danau yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba ini berasal dari Sungai Citarum Purba.

Bebatuan besar dan pepohonan yang tumbuh di sekitar danau turut mempercantik pemandangan tempat wisata ini. Di danau ini Anda tidak hanya bisa berfoto, tapi juga berenang.

Alamat: Desa Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 10.000

6. Taman batu

Bagi Anda yang senang hiking atau trekking serta fotografi, Stone Garden dijamin menjadi tempat yang tepat. Seperti namanya, hamparan di sini dipenuhi dengan berbagai bebatuan artistik.

Latar belakang yang tidak kalah indah tentunya membuat foto para pengunjung rock garden semakin bagus. Laporan menyebutkan bebatuan berusia puluhan juta tahun di daerah ini dulunya adalah terumbu karang di dasar laut, lho.

Alamat: Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 12.000

7. Sungai Cikahuripan

Sering disebut sebagai Grand Canyon Bandung Barat, Sungai Cikahuripan dikelilingi oleh tebing terjal di tepiannya. Aliran air dari anak sungai Purba Citarum mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai terjal yang tentunya indah untuk diunggah ke akun media sosial Anda.

Alamat: Desa Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 10.000

(tey/tey)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button