Bekerjasama dengan DPMKP2KB, bank BPD DIY turut serta dalam penguatan BUMKal - WisataHits
Yogyakarta

Bekerjasama dengan DPMKP2KB, bank BPD DIY turut serta dalam penguatan BUMKal

Bekerjasama dengan DPMKP2KB, bank BPD DIY turut serta dalam penguatan BUMKal

tanpa judul

Krjogja.com – WONOSARI – Dalam rangka mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMKal) yang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pelatihan pengelolaan BUMKal secara berkesinambungan oleh Kapanewon Semin, pada hari Minggu, Selasa sampai Rabu, 20-21 September 2022.

Pelatihan yang diadakan di Balai Desa Candirejo ini dibawakan oleh Dr. Sujarwo M.Si Kepala Dinas DPMKP2KB. Pada kesempatan ini disampaikan materi pelatihan tentang strategi pengembangan BUMKal untuk mencapai PAD, pengelolaan BUMKal, penggalian dan pengembangan potensi ekonomi lokal, serta peran BUMKal dalam pengembangan UMKM, pengelolaan pariwisata dan kenyamanan investasi.

Bank BPD DIY Cabang Wonosari hadir untuk mengundang BUMKal sebagai Agen Bank BPD DIY. Agen Bank BPD DIY berguna untuk menghadirkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya secara sederhana, mudah dipahami, dan mendekatkan mereka kepada masyarakat yang belum terjangkau oleh layanan keuangan.

Dengan adanya Agen Bank BPD DIY dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar daerah. Selain itu, dengan menjadi agen, BUMKal dapat menghasilkan pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Fasilitas yang dapat dilayani oleh Agen Bank BPD DIY adalah pembayaran PBB, PDAM, tiket kereta api, pajak daerah, BPJS dan telepon. Fasilitas lainnya antara lain pembukaan rekening tabungan, setoran dan tarik tunai, serta wire transfer.

Salah satu BUMKal yang ada di desa Candirejo telah menjadi Bank Agen BPD DIY yaitu BUMKal Nawachitra dan telah diuntungkan sebagai Bank Agen BPD DIY.

Menurut Dinar Kameswara, Kepala BUMKal Nawachitra, kemudahan akses pembayaran PBB oleh Agen Bank BPD DIY cukup membantu masyarakat sekitar untuk melakukan pembayaran PBB. Didukung oleh pemerintah desa Candirejo, pembayaran PBB dilakukan di 5 Padukuhan melalui BUMKal Nawachitra.

BUMKal Nawachitra tidak hanya berkontribusi untuk melayani masyarakat tetapi juga mendapatkan penghasilan sebagai Agen Bank BPD DIY.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button