Pemprov DKI Jakarta dukung transaksi digital, Wagub: 1,7 juta pengguna JakOne Mobile - WisataHits
Jawa Tengah

Pemprov DKI Jakarta dukung transaksi digital, Wagub: 1,7 juta pengguna JakOne Mobile

TEMPO.CO, jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh inovasi transaksi digital. Wakil Gubernur DKI mengatakan pembayaran nontunai dapat meningkatkan inklusi keuangan di Jakarta.

Riza Patria mengatakan sosialisasi pembayaran cashless terlebih dahulu harus ditingkatkan untuk memastikan pemahaman sampai diterima oleh masyarakat. Suatu saat proses pembayaran digital ini akan menjadi kebiasaan.

“Perubahan memang tidak mudah, tapi dengan strategi yang berbeda, apapun bisa membawa perubahan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam keterangannya, Minggu, 11 September 2022.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Bank DKI menggandeng Bank Indonesia melakukan inovasi pengembangan sistem digitalisasi pembayaran. Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan Cash Free Day 2022 dapat mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang digitalisasi pembayaran yang berkembang di kota Jakarta.

Kegiatan Cash Free Day 2022 dilaksanakan oleh Bank DKI sebagai bagian dari Acara Digital Ecosystem. Kegiatan ini sebagai upaya mendukung pelaksanaan transaksi nontunai di ibu kota. Acara ini akan berlangsung dari Jumat 9 September hingga Minggu 11 September 2022 di Thamrin 10 Food & Creative Park.

Kegiatan ini, kata Riza, berhasil menggugah animo masyarakat Jakarta untuk merasakan inovasi transaksi cashless yang dikembangkan oleh bank DKI. Saat ini teknologi berkembang begitu pesat sehingga berbagai aktivitas dapat dilakukan secara digital, salah satunya melalui telepon seluler.

“Sekarang sistem transaksi online sudah tersebar di berbagai tempat belanja di Jakarta,” ujarnya.

Bank Indonesia mendorong digitalisasi pembayaran di Indonesia dengan memperkenalkan kode QR (Quick Response). Kode QR digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi e-money berbasis server atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS mengusung semangat UNGGUL (Universal, Mudah, Menguntungkan, dan Langsung). Tujuannya adalah untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan dan mendorong UMKM, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Riza Patria juga menyampaikan apresiasi kepada Bank DKI atas kerja keras pengembangan digitalisasi pembayaran oleh JakOne Mobile. Kinerja PT Bank DKI pada Juli 2022 menghasilkan pertumbuhan transaksi melalui JakOne Mobile sebesar 29,42 persen atau 477.262 year-on-year (YoY).

Selain transaksi QRIS, jumlah pengguna JakOne Mobile juga mencapai 1,7 juta pengguna hingga Juli 2022, ujarnya.

Pengguna tersebut tercatat melakukan 12 juta volume transaksi dengan nilai nominal melebihi Rp 11 triliun. Artinya masyarakat di Jakarta sudah mulai terbiasa dengan transaksi non tunai.

“Ini hasil yang sangat bagus dan kami yakin akan terus berkembang ke depannya,” kata Wakil Gubernur DKI itu.

Baca juga: Bank DKI Tawarkan Cash Free Day Mulai Hari Ini Hingga Lusa, Pelatihan Transaksi Digital

Source: metro.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button