Batu Pangeran Sumedang, Kawasan Wisata di Tengah Bahaya Longsor - WisataHits
Jawa Barat

Batu Pangeran Sumedang, Kawasan Wisata di Tengah Bahaya Longsor

Sumedang

Kawasan Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang dikenal sebagai daerah yang rawan longsor. Padahal, kawasan tersebut ditetapkan sebagai kawasan wisata oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Hal ini berdasarkan rambu-rambu khas berwarna cokelat yang terpampang tidak jauh dari kawasan tersebut. Atau berjarak sekitar 100 meter dari kedua arah dari Bandung ke Sumedang atau sebaliknya sebelum memasuki kawasan Cadas Pangeran.

Tanda itu sudah ada sejak lama. Tanda dengan huruf kapital berbunyi “AWAS ANDA MASUK WILAYAH PARIWISATA BATU PANGERAN”. Dicap lengkap dengan tulisan Dishub Kab. Sumedang.

Sementara itu, teks yang cukup kontras ditampilkan pada tanda di bawahnya yang bertuliskan HATI-HATI UNTUK PROSES AREA YANG TERSEDIA. dilengkapi dengan tulisan PK. 4 Provinsi Jawa Barat.

momen detikJabar Ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Budaya dan Olahraga Bambang Rianto membenarkan kawasan Cadas Pangeran masuk dalam kawasan wisata Sumedang.

“Dia masuk (kawasan pariwisata Sumedang),” kata Bambang.

Bambang mengatakan, kawasan wisata Pangeran Batu dimulai dari Patung Kornel Daendels di Kabupaten Pamulihan dan berakhir di pertigaan jalan purbakala atau jalan setapak di atas Pangeran Batu di Kabupaten Sumedang Selatan.

“Jadi di sepanjang jalan Cadas Pangeran sudah masuk kawasan wisata, pintu masuk wisata alam,” ujarnya.

Terkait bencana longsor yang terjadi belakangan ini, Bambang mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Sumedang dan dalam waktu dekat BPBD Sumedang akan mengundang Disparbudpora Sumedang.

“Di sana kami akan memberikan kontribusi dari sisi pariwisata bagaimana upaya ke depan dapat dilakukan untuk mencegah tanah longsor dan bencana alam lainnya,” katanya.

Berdasarkan catatan

Kawasan wisata Pangeran Batu di SumedangKawasan wisata Prince Rock di Sumedang Foto: Nur Azis/detikJabar

, Longsor besar terjadi dua kali selama tahun 2022. Yang pertama pada Rabu 12 Januari 2022. Sebuah batu besar berguling dari atas tebing setinggi 20 meter di kawasan Cadas Pangeran. Tidak ada yang terluka dalam insiden itu, tetapi lalu lintas diblokir.

Kejadian serupa kemudian terjadi pada Sabtu, 29 Oktober 2022. Longsor yang melibatkan bongkahan batu besar terjadi dari tebing setinggi 50 meter di Prince Rock Area. Batu-batu besar itu menimpa dua mobil pribadi.

Dari 10 penumpang di kedua mobil pribadi tersebut, masing-masing 5 mengalami luka ringan, sedang hingga berat. Sedangkan 5 orang lainnya selamat.

(lezat enak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button