Banyak Potensi Tahura Mangkunegoro I di Karanganyar Komisi A DPRD Jawa Tengah dorong pengembangan potensi wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Banyak Potensi Tahura Mangkunegoro I di Karanganyar Komisi A DPRD Jawa Tengah dorong pengembangan potensi wisata

Diskusi Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan Pengelola Balai Tahura KGPAA Mangkunagoro I Karanganyar / dprd.jatengprov.go.id doc

KARANGANYAR, Hariankota.com – Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah meminta pimpinan KGPAA Mangkunagoro I Tahura di Kabupaten Karanganyar untuk mengkaji potensi yang ada di kawasan Tahura.

Hal itu diumumkan Senin (17/10/2022) kemarin saat kegiatan pengawasan aset pemerintah provinsi di kawasan KGPAA Taman Hutan Raya Mangkunagoro I (Tahura) Kabupaten Karanganyar.

Anggota Komisi A, Muhammad Yunus, berbincang dengan ketua KGPAA Tahura Mangkunagoro I RR. Yuni Kusumodevi dan rekan-rekannya mengatakan banyak potensi wisata di daerah itu yang bisa dikembangkan. Misalnya, pengembangan penggunaan lahan hutan. Dengan cara ini dapat mendukung sektor pariwisata.

“Jadi ada Sendang Raja, Air Terjun Jumog, Gua Tlorong, Puncak Lawu dan masih banyak lainnya. Mencoba terpacu dengan narasi sejarah di balik tempat-tempat tersebut. Sehingga bisa menjadi penunjang yang menarik bagi pariwisata di Jawa Tengah,” ujar Yunus, dikutip dari dprd.jatengprov.go.id

Selain dimanfaatkan untuk wisata, keindahan alam hutan lindung juga dapat memberikan wawasan tentang keanekaragaman hayati yang dikandungnya.

“Hutan lindung juga bisa dimanfaatkan untuk memperkaya penelitian. Bisa juga menjadi wisata edukasi bagi siswa,” lanjutnya.

Namun ada kendala yaitu masalah akses Tahura yang membutuhkan perbaikan jalan. Komite A percaya bahwa ketika akses ke tempat wisata mudah bagi pengunjung, akan lebih banyak wisatawan yang datang.

“Yang menjadi perhatian khusus adalah jalan menuju lokasi masih sangat sempit dan licin. Jadi, teman-teman merasa sedikit kesulitan dan rentan pengunjung. Oleh karena itu, perlu ada perbaikan infrastruktur di lokasi ini,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button