Kaya akan potensi wisata, dimanfaatkan secara optimal - DPRD JAWA TENGAH - WisataHits
Jawa Tengah

Kaya akan potensi wisata, dimanfaatkan secara optimal – DPRD JAWA TENGAH

DISKUSI PARIWISATA: Sejumlah informan membahas pariwisata di Kabupaten Semarang di Pendapa Ambarawa (Foto: Sonidinata)

HUNGARIA – Siapa yang pernah ke Candi Gedongsongo, Museum Kereta Api di Ambarawa dan Gua Maria di Beringin? Wajar saja, sebagai warga Semarang dan sekitarnya, sebagian besar dari mereka pernah mengunjungi tempat wisata ini. Ketiga tempat ini hanyalah sebagian dari destinasi wisata di Kabupaten Semarang. Masih banyak tempat wisata lain yang belum tereksplor melalui desa wisata. Namun mengapa wisata di Kabupaten Semarang tidak sepopuler daerah lain yang juga populer di kalangan wisatawan?

Inilah inti sosialisasi Non-Perda DPRD Jateng: Pengembangan Pariwisata Kabupaten Semarang, Kamis (9/8/2022), di Kecamatan Pendapa Ambarawa, Kabupaten Semarang. Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto juga hadir melalui koneksi Zoom.

Hok Hiong, anggota DPRD Kabupaten Semarang yang menjadi narasumber, mengatakan perlu ada terobosan yang tepat untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Semarang. Sebagai warga lokal, ia menyadari potensi wisata yang besar di daerahnya, namun pengelolaannya belum bisa dikatakan berhasil.

“Ambarawa yang juga memiliki daya tarik wisata belum sepenuhnya dimanfaatkan. Museum kereta api yang digarap PT KAI sendiri tidak pernah menyumbangkan pendapatannya kepada Pemkab Semarang. Penduduk setempat hanya menjadi penonton. Belum ada kerja sama dengan masyarakat,” kata politisi PDIP itu.

Ia juga berharap, rencana pemerintah pusat untuk merevitalisasi Benteng Willem I yang dikenal sebagai Banteng Pendulum juga dapat meningkatkan citra pariwisata, khususnya di Kabupaten Semarang dan Ambarawa.

Kepala Dinas Pariwisata (Kabid) Dinas Pariwisata Triyanta telah memetakan permasalahan pengembangan pariwisata di Kabupaten Semarang. Dengan relaksasi aktivitas masyarakat pasca Covid-19, promosi pariwisata akan digencarkan. Sejauh ini, jumlah pengunjung masih rendah, serta sarana dan prasarana belum ideal. Paket wisata tidak dapat digunakan sebagai referensi. Selain itu, acara wisata masih terbatas.

“Setelah kegiatan ini dilonggarkan, promosi akan kami gencarkan. Kami menjual paket wisata. Dan penggunaan media sosial lebih efisien,” katanya.

Saat ini tercatat ada wisata alam seperti di Penggaron, Air Terjun Semirang, Air Terjun Tujuh Bidadari, Lereng Warna. Di wisata budaya terdapat Candi Gedongsong, Museum Palagan Ambarawa dan Gua Maria di Kerep Ambarawa. Pada wisata buatan terdapat spanduk Sidomukti, Eling Bening, Watu Gajah Park dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Camat Suharnoto mengatakan Ambarawa sebenarnya memiliki potensi. Ia berharap Pemkab Semarang mengharapkan paket wisata bisa laku sehingga potensi yang ada di Ambarawa juga bisa dipromosikan.soni/priyanto)

Source: dprd.jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button