Jasa Raharja mengadakan pelatihan darurat dan pertolongan pertama untuk pemandu wisata Labuan Bajo - WisataHits
Jawa Tengah

Jasa Raharja mengadakan pelatihan darurat dan pertolongan pertama untuk pemandu wisata Labuan Bajo

Semarang (ANTARA) – Jasa Raharja menyelenggarakan pelatihan manajemen kedaruratan dan pertolongan pertama kecelakaan (P3K) bagi pemandu wisata dan pemangku kepentingan pariwisata di Labuan Bajo. Acara dilaksanakan pada Kamis (27/10/2022) di Aula Gereja Paroki Bunda Segala Bangsa, Wae Kusambi, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, NTT.

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait penanganan keadaan darurat bagi wisatawan. Hal ini penting untuk menjaga reputasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo sebagai objek wisata yang aman dan nyaman.

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan aspek keamanan penyelenggaraan pariwisata,” kata Munadi, yang mengatakan pelatihan difokuskan pada pemandu wisata dan pemangku kepentingan pariwisata seperti asosiasi pariwisata dan perjalanan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan awal tentang bagaimana menghadapi keadaan darurat yang mempengaruhi kunjungan wisatawan. Labuan Bajo, sehingga aspek keselamatan menjadi hal yang utama saat berwisata ke Labuan Bajo.

Baca Juga: Jasa Raharja Pastikan Santunan Bagi Seluruh Korban Kecelakaan KM Cantika Express

Menurut Munadi, sebagai bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan status Destinasi Wisata Prioritas Utama, Labuan Bajo menawarkan berbagai atraksi bagi wisatawan.

“Dengan dominasi wisata bahari dan kepulauan, serta aksesibilitas dengan transportasi laut, Labuan Bajo merupakan destinasi yang perlu mendapat perhatian dari segi perlindungan keselamatan, terutama dari penumpang kapal,” tambahnya.

Sebanyak 125 peserta mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Jasa Raharja. Berbagai penjelasan mereka terima dari sejumlah narasumber, yakni perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo dr. Gusti Krisnawati Ninu.

Baca juga: Jasa Raharja dan PNM Selenggarakan Pelatihan Keselamatan Berkendara Bagi Pengendara Motor Wanita

Kemudian Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) Maumere Arif Rahmadhan, ketua Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Labuan Bajo Sebastian dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama Jasaraharja Putera Bambang Isworo dan Kepala Divisi Strategi Kelembagaan dan Korporat Jasa Raharja Radito Risangadi.


Pelatihan tanggap darurat dan pertolongan pertama yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja mendapat pengakuan dan ucapan terima kasih dari Presiden Asosiasi Pariwisata Indonesia (HPI), Labuan Bajo Sebastian.

“Ini akan menjadi tindakan pencegahan pertama bagi kami para pemandu wisata untuk memitigasi risiko dan mengambil tindakan dini ketika tamu mengalami kecelakaan atau bencana kesehatan lainnya,” kata Sebastian.

Baca Juga: Kecelakaan Tol Pejagan, Jasa Raharja Beri Santunan Bagi Korban

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button