Banto Rayo, obyek wisata alam yang dilengkapi dengan berbagai wahana religi yang mendebarkan - WisataHits
wisatahits

Banto Rayo, obyek wisata alam yang dilengkapi dengan berbagai wahana religi yang mendebarkan

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Rasanya hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan makanan enak yang bernama rendang. Makanan asli dari Sumatera Barat ini bahkan dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Namun, ketika kita berbicara tentang Sumatera Barat, kita tidak hanya berbicara tentang rendang. Ternyata Sumatera Barat juga terkenal dengan berbagai wisata alamnya, salah satunya Banto Rayo Agam.

Bagi wisatawan yang menyukai suasana alam bebas, objek wisata ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Tak perlu bekerja keras untuk merasakan damainya pesona alam. Wisatawan bisa berkunjung ke Sumatera Barat, karena disini menyuguhkan objek wisata dengan pemandangan yang indah. Obyek rekreasi bertema air dan hutan ini sangat cocok sebagai tempat liburan Anda dan keluarga.

Lanskap yang disuguhkan Banto Rayo memiliki suasana sejuk pepohonan yang rimbun dan perairan dengan jalur kayu di bagian atasnya. Suasana sejuk, respon hewan, dan perairan yang luas memikat pengunjung yang betah untuk berlama-lama di sini. Bagi Anda di Sumatera Barat, Anda harus mengunjungi wisata rawa yang indah ini.

Atraksi Banto Rayo

Atraksi Banto RayoKredit gambar: Google Maps M. Ridwandi

Sesuai dengan namanya, Banto Rayo terletak di Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Agam. Agam sendiri berarti danau atau rawa. Inilah mengapa objek wisata ini didominasi oleh air. Tempat wisata ini juga menampilkan suasana hutan yang asri yang dapat menarik pengunjung untuk datang. Tak heran jika objek wisata ini menjadi favorit.

1. Berbagai wahana penambah adrenalin

Saat wisatawan berkunjung ke objek wisata ini, wisatawan bisa menemukan tamasya yang bisa dicoba. Outbound sendiri merupakan singkatan dari Outward Bound yang berasal dari kata out of bounds. Perkembangan outbond di Indonesia juga cukup pesat, ditandai dengan banyaknya objek wisata yang memudahkan adanya outbond. Salah satunya di objek wisata alam ini.

Berbagai tahapan menantang tersedia, seperti flying fox yang merupakan keharusan bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Selain outing, disini juga tersedia perahu dayung. Wisatawan dapat menjelajahi wilayah yang luas disertai dengan pemandangan alam. Di sini juga terdapat taman bermain yang sangat cocok bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

2. Ada berbagai spot foto keren

Daya tarik selanjutnya dari tempat rekreasi Banto Rayo ini adalah berbagai spot foto yang keren. Ternyata selain menampilkan wahana yang memacu adrenalin, disini juga terdapat beberapa spot foto keren yang bisa digunakan untuk pengunjung yang datang. Berbagai spot foto tersedia di sini, salah satunya spot foto view jembatan bambu yang menjadi favorit.

Kesan alam yang diusung objek wisata ini semakin indah dalam pemotretan ini dengan spot foto bambu ini. Selain spot foto bambu, ada juga spot foto berbentuk love. Sangat cocok untuk Anda pecinta foto. Bahkan tidak menutup kemungkinan followers dan like Instagram akan bertambah jika berfoto di spot foto keren ini. Sangat menarik bukan?

3. Pesona alam yang mempesona

Objek wisata ini diresmikan oleh Andri Sahradi sebagai tokoh nasional pada 28 Oktober 2018. Pesona alam yang dipamerkan di sana tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Menghadirkan pemandangan hutan rawa di antara perairan membuat objek wisata ini menjadi favorit. Pepohonan rimbun yang berdiri di tepi perairan juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang.

Banto Rayo menyediakan jalur yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Jalur ini sebenarnya adalah jembatan kayu di atas air. Material kayu menambah kesan natural. Jalan setapak ini juga cukup lebar untuk menampung pengunjung, yakni selebar 1 meter. Sangat alami!

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi Banto RayoKredit Gambar: Instagram Yantiharyanto

Kebutuhan akan barang-barang rekreasi wisata bahari pada saat ini merupakan hal yang diapresiasi oleh wisatawan. Misalnya Banto Rayo, tempat wisata alam ini sangat populer. Wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya berjarak 12 km dari pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah mengingat tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Waktu tempuh untuk mengunjungi objek wisata ini kurang lebih 30 menit dari pusat kota Bukittinggi. Namun, biasanya pada saat libur sekolah atau libur kerja, jumlah pengunjung menjadi dua kali lipat dari biasanya, sehingga jalan menuju venue akan sedikit ramai. Suasana yang disuguhkan menjadi salah satu faktor banyaknya pengunjung yang berekreasi di sini.

Pengunjung dapat memulai perjalanan melalui Jalan By Pass atau Jalan Raya Pekan Kamis. Kedua rute tersebut akan bertemu di Jalan Minggu Gadang. Setelah sampai di Jalan Minggu Gadang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan mengarahkan kendaraan lurus hingga menemukan papan petunjuk yang mengarah ke objek wisata ini.

Dengan waktu yang relatif singkat 30 menit dan jarak tempuh 12 km, wisatawan sudah bisa menginjakkan kaki di tempat yang sejuk dan asri. Wisatawan bisa berkunjung sambil menikmati keindahan panoramanya. Dijamin, segala penat yang menumpuk di kepala akan hilang seketika setelah wisatawan melihat panorama di sini.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Banto RayoKredit gambar: Google Maps Aji Andri

Seperti tempat wisata lainnya, ketika ingin mengunjungi suatu tempat wisata pasti harus membayar tiket masuk bagi pengunjung yang ingin merasakan daya tarik suatu destinasi wisata. Begitu pula dengan objek wisata alam yang satu ini. Dengan berbagai atraksi yang disuguhkan, rasanya mengeluarkan uang tidak menjadi masalah. Apalagi harga tiket masuknya juga dikenal terjangkau.

Wisatawan bisa menyiapkan dana Rp 10.000 sebagai tiket masuk mulai Selasa hingga Jumat. Sedangkan Rp 20.000 merupakan tiket masuk pada hari Sabtu dan Minggu. Harga ini tergolong terjangkau jika ditukar dengan indahnya pemandangan di sini. Tunggu apalagi, selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, harga tiket masuk wisata rawa ini juga terjangkau.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Banto Rayo

Aktivitas di Banto RayoKredit gambar: Twitter Minang Resmi

1. Rasakan berbagai wahana seru

Banto Rayo seluas 6,5 hektar ini menawarkan berbagai wahana seru untuk dicoba wisatawan. Ada banyak wahana yang tersedia di sini seperti outbond, flying fox dan perahu dayung. Wisatawan yang membawa anak-anak juga tidak perlu khawatir bosan, karena tersedia juga arena bermain dengan berbagai permainan seru.

Lokasinya yang berada di atas air membuat langkah ini semakin sulit, selangkah lebih jauh air dingin rawa-rawa akan menunggu Anda. Flying fox disini juga cukup sulit, wisatawan akan terlempar sejauh mata memandang. Di sini juga, wisatawan dapat mencoba perahu dayung yang membawa Anda menyusuri perairan rawa yang luas. Taman bermainnya juga aman untuk anak-anak.

2. Ambil foto dengan latar belakang alami

Obyek wisata alam yang 80% didominasi air ini juga menawarkan berbagai spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Lokasinya yang hampir seluruhnya terdiri dari perairan membuat objek wisata ini menggunakan jembatan sebagai jalan penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya. Jembatan kayu yang berfungsi sebagai jalan setapak ini menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Tak hanya jembatan kayu, di sini juga terdapat spot foto berbentuk love yang terbuat dari daun dan bunga sintetis. Spot foto ini sering digunakan oleh wisatawan yang ingin melakukan pemotretan prewedding. Tempatnya yang asri dan alami, ditambah dengan pemandangan rawa yang luas dan spot foto yang keren, menjadikan tempat wisata ini sebagai spot favorit untuk pemotretan.

3. Berjalan-jalan di panorama yang luar biasa

Awalnya, Banto Rayo dimulai dari rawa mati yang dilengkapi dengan pepohonan yang rimbun. Namun setelah itu, kawasan rawa mati tersebut disulap dan diresmikan menjadi objek wisata alam yang bisa mengundang banyak pengunjung untuk datang. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam di sini. Wisatawan akan merasakan kenyamanan yang nyata.

Wisatawan juga bisa hanya berjalan di sepanjang jalan kayu. Jalur jalan setapak kayu ini biasa disebut sebagai jembatan. Jembatan kayu ini memiliki panjang 2 km. Sambil berdiri di jembatan ini, wisatawan bisa melihat hamparan rawa yang berujung rimbunnya pepohonan. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin bersantai setelah sibuk bekerja.

Fasilitas yang tersedia di Banto Rayo

Pemasangan Banto Rayo FasilitasKredit gambar: Google Maps Redha Andika Ahdi

Fasilitas yang tersedia di tempat rekreasi ini terbilang lengkap dan memadai. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota menjadikan tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang aktivitas para pengunjung yang datang.

Di kawasan wisata terdapat area parkir, mushola, warung makan, toilet dan gazebo. Fasilitas penunjang pengunjung juga tersedia, mulai dari one way, flying fox, spot foto hingga taman bermain.

Ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan Banto Rayo di Agam. Seolah tak ada habisnya daya tarik dan segala manfaatnya. Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Sumatera Barat, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Selain bisa melihat keindahan alamnya, fasilitas, wahana, dan harga tiket di sini juga dianggap sebagai tempat rekreasi keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button