Pantai Cucukan, pantai favorit para peselancar di Gianyar - WisataHits
wisatahits

Pantai Cucukan, pantai favorit para peselancar di Gianyar

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Medan, Kec. Gianyar Selatan, Kab. Gianyar, Bali; Kasus: Cek lokasi

Liburan ke Bali banyak dipilih wisatawan domestik maupun mancanegara karena Bali memiliki segudang tempat wisata menarik dengan berbagai konsep. Wisata alam, sejarah, hingga masa kini juga bisa ditemukan di Bali. Bukan rahasia lagi jika Bali memiliki deretan pantai indah yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis seperti Pantai Cucukan di Kabupaten Gianyar.

Wilayah Gianyar sendiri sudah tidak asing lagi bagi wisatawan karena wilayah ini memiliki potensi wisata yang besar sehingga Gianyar tidak pernah sepi dari tempat wisata. Termasuk pantai ini, meski tidak begitu populer di kalangan wisatawan, namun panorama alam yang disuguhkan tak kalah indahnya dengan pantai populer lainnya.

Gianyar memang dikenal sebagai “Tanah Seni” karena kabupaten ini menciptakan berbagai jenis seni mulai dari musik, tabuh, lukisan, patung, tari, dll. Sehingga wisatawan yang ingin menikmati kesenian bisa berkunjung ke kawasan Gianyar. Sambil menikmati kesenian, wisatawan bisa menikmati suasana pantai.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Cucukan

Aktivitas di Pantai CucukanKredit gambar: Google Maps TS

1. Penyajian panorama alam yang luar biasa

Wisatawan pasti sudah sering mendengar tentang kawasan Ubud yang populer. Daerah tersebut berada di wilayah Gianyar. Selain mengunjungi kawasan Ubud, wisatawan juga bisa singgah di tempat wisata lain di Gianyar termasuk pantai ini. Suasana pantainya berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di kawasan Bali.

Jika biasanya wisatawan menemukan suasana pantai yang ramai dan penuh orang, maka di Pantai Cucukan wisatawan akan menemukan suasana yang tenang, santai dan damai. Oleh karena itu pantai ini cocok bagi wisatawan yang membutuhkan suasana tenang untuk menyegarkan kembali semangatnya.

Meski jarang dikunjungi wisatawan, pesona alamnya tak kalah indah dengan pantai-pantai Bali lainnya yang sudah populer. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam yang membentang dari timur ke barat dan berpadu dengan panorama alam laut dengan air yang biru.

Perahu-perahu nelayan berjejer di tepi pantai Cucukan menambah indah panorama alam. Tak hanya itu, deretan pepohonan juga membuat pantai menjadi rindang dan rindang meski panas. Hamparan pasir hitam tidak terlihat kumuh, tidak ada sampah berserakan.

2. Pantai favorit para peselancar

Meski tidak seramai pantai-pantai lain di Bali, para peselancar tidak pernah bosan mengunjungi pantai ini. Ombaknya cukup tinggi sehingga banyak peselancar datang ke sini untuk menaklukkan ombak. Namun, karena tidak ada penjaga pantai, Anda harus berhati-hati.

Papan selancar bisa dibawa dari rumah oleh wisatawan atau disewa dari tempat persewaan alat selancar yang ada di kawasan Gianyar. Pantai Cucukan Gianyar cocok untuk wisatawan yang suka berselancar sehingga wisatawan yang ingin berselancar di pantai yang tenang bisa datang ke pantai ini.

Tidak hanya berselancar, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain seperti duduk dan bersantai menikmati suara ombak, berjemur di bawah sinar matahari, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai. Yang terpenting wisatawan datang di luar musim hujan.

3. Pantai terbaik untuk melihat matahari terbenam

Di Bali, ada deretan pantai yang direkomendasikan untuk menyaksikan matahari terbenam. Pantai Cucukan salah satunya karena panorama alam yang mendukung waktu sunset, sehingga pemandangan saat senja bisa membuat wisatawan terpesona dengan keindahannya.

Menariknya, saat laut surut, wisatawan bisa menemukan bebatuan karang yang indah di pinggir pantai. Panorama langit jingga berpadu dengan rona warna sesuai langit senja yang memantulkan air laut begitu indah dipandang mata.

Selain itu, saat air laut surut dan memperlihatkan bebatuan, pasti akan terlihat lebih eksotis. Apalagi deretan perahu nelayan dan pepohonan di pinggir pantai semakin menambah eksotisme sisi pantai. Oleh karena itu, Pantai Cucukan direkomendasikan bagi wisatawan yang menyukai fotografi.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai CucukanKredit gambar: Google Maps TS

Pantai Cucukan terletak di Kabupaten Gianyar, tepatnya di sebelah selatan Gianyar. Pantai yang terletak di kawasan desa Cucukan ini tidak jauh dari jalan penghubung antara kota Denpasar dan Gianyar, Jl. Prof. Dr.Ida Bagus Mantra. Wisatawan tinggal mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan yang mengarah ke Taman Safari Bali.

Dari sana, wisatawan bisa belok kiri untuk menuju Bali Safari Park, lalu belok kanan melalui akses jalan kecil untuk menuju ke sana. Lokasi tidak begitu jauh dari taman laut dan taman safari Bali, hanya sekitar 20 menit. Akses jalan menuju lokasi sudah diaspal. Lokasi pantai juga tidak jauh dari pantai Masceti dan pantai More.

Pantai Cucukan terletak di sebelah barat Pantai More sehingga wisatawan dapat menyusuri Pantai More ke arah barat. Lokasinya juga berada di bagian timur pantai Masceti. Ciri khas pantai ini adalah warna pantai pasir hitam dan pantainya tidak seperti pantai yang lebih beton.

Wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai tidak perlu khawatir dengan tiket masuk karena wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk. Tidak ada penjaga pantai, jadi wisatawan harus berhati-hati saat mengunjungi pantai ini. Untuk parkir, kendaraan hanya bisa diparkir di pinggir pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Cucukan

Aktivitas Seru di Pantai CucukanKredit gambar: Google Maps Ngurah Arnawa

1. Perburuan Foto

Kegiatan wajib yang dilakukan wisatawan saat mengunjungi pantai adalah hunting foto. Panorama alamnya sangat direkomendasikan untuk mengabadikan momen baik dengan mengambil foto maupun membuat video. Apalagi suasana Pantai Cucukan selalu tenang sehingga wisatawan bisa leluasa mengabadikan momen saat berada di sana.

Dari birunya lautan, pasir hitam, deretan pepohonan di tepi pantai, hingga bebatuan karang yang terlihat saat laut surut menjadi panorama alam yang indah untuk dijadikan spot foto. Wisatawan harus membawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh.

2. Saksikan matahari terbenam

Pantai Cucukan merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan suasana sunset yang menarik. Di Bali memang banyak pantai yang cocok untuk menyaksikan sunset, termasuk yang satu ini. Apalagi pantai yang terletak di Gianyar ini cukup tenang sehingga Anda bisa lebih leluasa melihat matahari terbenam.

Wisatawan bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam. Warna jingga pada sunset seakan membuat warna air laut menjadi jingga juga.Dengan suasana yang tidak begitu ramai, panorama sunset yang disuguhkan kepada wisatawan sungguh membuat pesona alamnya begitu indah.

3. Berselancar

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga wisatawan yang suka bermain surfing sering datang untuk menyelam di sana. Tak hanya wisatawan domestik yang bermain selancar di pantai, wisatawan mancanegara juga tertarik untuk berselancar di pantai cantik ini.

Karena di daerah pantai tidak ada tempat untuk menyewa peralatan selancar, maka sebelum mengunjungi Pantai Cucukan, wisatawan bisa menyewa peralatan selancar terlebih dahulu di daerah Gianyar. Wisatawan perlu mengunjungi pantai ini hanya pada waktu yang tepat, misalnya di luar musim hujan.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai CucukanKredit Gambar: Resep Lezat dari Google Maps

Sedangkan untuk fasilitas, Pantai Cucukan memiliki berbagai fasilitas memadai yang cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain tempat parkir kendaraan yang cukup luas, kamar mandi atau toilet, rest area dan warung makan.

Wisatawan yang suka bermain selancar akan merasa dimudahkan dengan deburan ombak laut yang besar di pantai ini. Namun, penyewaan papan selancar tidak tersedia di pantai.

Tersedia fasilitas alam seperti warna air laut yang biru, pasir hitam, deretan pepohonan dan juga deretan perahu nelayan yang disuguhkan saat wisatawan datang ke pantai.

Pantai Cucukan merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur di Kabupaten Gianyar. Tak hanya kawasan Ubud, pantai ini bisa menjadi pilihan tempat liburan yang tepat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button