Sumber Maron Malang, pemandian alam yang dilengkapi dengan wahana mendebarkan - WisataHits
wisatahits

Sumber Maron Malang, pemandian alam yang dilengkapi dengan wahana mendebarkan

Sumber Maron adalah pariwisata kamar mandi umum lebih memilih Malang. pesona air air terjun mini, pepohonan hijau dan berbagai wahana menarik, mulai dari arung jeram hingga Sungai Berak.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Perwakilan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Sumber Maron merupakan destinasi wisata di Malang yang menawarkan mata air penuh dengan air terjun kecil yang menghiasinya. Tempat ini berada di tengah desa dan masih memiliki suasana yang menyenangkan. Dikelilingi oleh persawahan dan rumah penduduk, menjadikan perairan ini sebagai sumber air utama bagi warga sekitar untuk mengairi sawah dan lain-lain.

Dulunya pemandian ini hanya sebagai tempat peristirahatan warga setelah pembangunan selesai atau sebagai lahan pertanian kangkung. Namun, setelah beberapa pihak menyadari potensi wisata di sana, perairan ini menjadi destinasi liburan seperti sekarang ini. Sumber mata air yang jernih dan pemandangan persawahan yang indah menjadi salah satu daya tarik Sumber Maron.

Hal menarik yang tersedia di sini bukan hanya pemandiannya saja, ada pemandangan persawahan yang memanjakan mata, serta seperangkat fasilitas yang bisa Anda nikmati selama menginap. Wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar kota, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Tempat Wisata Sumber Maron Malang

Sumber MaronKredit gambar: Google Maps Mia Mia

Pemandian ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di Malang. Sebuah menara pemandian yang terletak di tengah desa, menawarkan suasana alam pedesaan yang asri, dan pemandangan alam yang hijau menyejukkan mata. Hal ini membuat destinasi ini direkomendasikan oleh para wisatawan dan traveler yang pernah mengunjunginya.

1. Musim semi yang jernih dan sejuk

Pemandian yang dulunya merupakan sumber air utama bagi masyarakat Desa Karangsuko ini memiliki air yang jernih sehingga Anda bisa melihat dasar sungai. Anda akan merasa segar dan sejuk saat berenang di tempat ini. Anda juga bisa membuat booth foto bawah air di sini, yang mengambil gambar di bawah air.

Selain itu, ada juga air terjun kecil dengan kemiringan 60 derajat yang menghiasi Sumber Maron dan menjadi daya tarik tersendiri setelah perairannya. Dari ketinggian sekitar 5 meter, Anda juga bisa mendaki air terjun dan berdiri di atasnya. Arus di sini tergantung pada curah hujan, semakin banyak hujan, semakin kuat arusnya.

2. Ikuti wisata edukasi

Tak hanya terkenal dengan wisata tepi lautnya, sumber wisata favorit di Malang ini juga menawarkan wisata edukasi. Pengetahuan yang tersedia di sini berkaitan dengan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro atau PLTMH.

Memanfaatkan arus dari air terjun mini, pembangkit listrik tenaga air ini berhasil menerangi 4 desa terdekat sekaligus. Realisasi ini tentunya membuat tempat wisata ini menjadi pengunjung tetap para mahasiswa praktisi atau mahasiswa yang ingin mengenal lebih jauh.

3. Pemandangan sekitar yang indah

Sawah dan pepohonan hijau akan menyambut Anda begitu tiba di tempat ini. Sumber Maron sendiri terletak di tengah desa, sehingga suasana damai dan tenang terjalin. Pada hari kerja atau saat pengunjung sepi, Anda bisa memanfaatkan ketenangan ini untuk media penyembuhan diri.

Alamat dan rute menuju lokasi sumber Maron

Alamat sumber MaronKredit Gambar: Google Maps vivid vitrotis

Tidak hanya menawarkan suasana pedesaan Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, tetapi fasilitasnya juga cukup lengkap untuk Anda berlibur dengan nyaman. Mata air ini terletak di kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Anda bisa mengunjungi wisata Sumber Maron untuk menghibur diri dari kejenuhan atau sekedar rehat sejenak dari kesibukan kerja.

Anda dapat mengakses pemandian ini dari rute mana pun. Kondisi jalan baik dan aman untuk dilalui. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Malang, Anda akan menempuh jarak sekitar 27,8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Menuju tenggara menuju Jalan JA Suprapto, Anda harus menyeberangi Jalan WR Supratman sejauh 500 meter. Setelah itu, dengan referensi supermarket di sebelah kanan, Anda perlu mengambil jalur 3 di bundaran dan terus ke Jalan Gatot Subroto.

Jalan Laksamana Martadinata juga merupakan jalan yang akan Anda lewati, tentunya setelah itu terus melewati Jalan Kolonel Sugiono dengan tanda supermarket di sisi kiri jalan yang berjarak 400 meter di atas jalan. Lanjut ke Adi Mulya dan Jalan Raya Bulu.

Setelah itu, Anda tinggal menuju Krebet Senggrong, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Sukonolo. Dari semua rute tersebut, Anda harus melewati tiga jalur lagi hingga tiba di tempat tujuan. Rutenya adalah Jalan Raya Bulupitu sejauh 600 meter, terus lurus ke Jalan Pahlawan, lalu belok kiri ke Jalan Nasional III.

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mencapai Jalan Sumber Maron di Dusun Adiluwih, Kecamatan Pagelaran, Malang. Dalam perjalanan sekitar 1 jam, jalurnya cukup mulus dan nyaman, sehingga Anda bisa menikmati waktu yang berlalu.

Selain itu, ada juga rute yang biasa ditempuh oleh wisatawan yang ingin datang ke sini. Rute ini dikenal sederhana dan cukup mudah dinavigasi. Mulai dari stasiun Kanjuruhan, lurus saja di Jalan Nasional III. Belok sedikit ke kanan, masih di jalan yang sama dan lurus terus, Anda akan menemukan Sumber Maron di dusun Adiluwih.

Perjalanan tidak memakan waktu lama, hanya 8 menit dengan jarak 4,5 kilometer dari stasiun hingga kunjungan ke mata air tepi pantai. Dengan jalan yang lurus dan mulus, wisatawan yang menempuh jalur ini tidak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Maron

Sumber Harga Tiket MaronKredit gambar: Google Maps Ninot

Ada biaya yang dikenakan untuk fasilitas yang tersedia di sini. Selain tiket masuk yang hanya seharga Rp 5.000 per orang, Anda akan disuguhi berbagai fasilitas untuk melengkapi waktu liburan Anda.

Saat memasuki area pemandian, Anda harus membayar biaya parkir di sana. Untuk sepeda motor, Anda hanya perlu membayar Rp 3000 dan Rp 5000 untuk kendaraan jenis mobil. Jam buka tempat ini adalah dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore Waktu Indonesia Barat. Dengan cara ini Anda akan memiliki waktu untuk menyaksikan matahari terbenam di lokasi ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Sumber Maron

Sumber Aktivitas MaronKredit gambar: Google Maps Agung CS27

1. Berenang

Seperti diketahui, wisatawan berkunjung ke sini karena mata air di sini terkenal jernih dan sejuk, digunakan untuk mandi. Anda akan merasakan sensasi dingin begitu air menyentuh permukaan kulit. Karena suhu air yang tetap sejuk, tempat ini direkomendasikan sebagai tempat berenang yang cocok di cuaca panas.

Sambil berenang di sini Anda juga bisa snorkeling bersama ikan-ikan. Airnya yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat dasar sungai dengan mudah. Sungai di bawah air terjun ini juga memiliki kedalaman yang lumayan, jadi Anda harus berhati-hati. Semakin dekat ke pusat, semakin dalam dasar sungai, hingga 2 meter.

Di tempat ini disediakan fasilitas tambahan seperti ban dalam untuk anak-anak dan pengunjung yang tidak bisa berenang. Harga sewanya juga tidak terlalu tinggi, mulai dari Rp 3000 untuk ban kecil dan Rp 5000 untuk ban sedang.

2. Bilik foto bawah air

Mengabadikan momen liburan sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Sumber Maron. Terutama dengan pesona serba hijaunya, pemandangan ini sangat cocok untuk diabadikan dalam foto.

Airnya yang jernih juga menciptakan pesona tersendiri. Banyak pengunjung yang saling berlomba untuk berfoto saat berada di dalam air. Berbagai pose unik dan menarik dipamerkan pengunjung saat berfoto. Dengan background image yang indah akan meningkatkan minat wisatawan untuk berlibur di wisata alam yang indah ini.

3. Jelajahi sungai dengan River Tubing

River Tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Pengunjung akan menaiki ban dan mengikuti arus sambil melihat pemandangan di sekitarnya. Panjang jalur river tubing yang disediakan pengelola kurang lebih 500 meter.

Biasanya pengunjung bergandengan tangan dan tentunya ditemani oleh penjaga di tepian sungai dan di beberapa tempat sebagai tindakan pencegahan jika pengunjung tenggelam atau ban terguling.

Di Sumber Maron, Anda bisa menikmati fasilitas ini secara gratis. Biaya sewa ban untuk kegiatan ini adalah Rp 10.000. Dengan biaya semurah itu, Anda sudah bisa merasakan aktivitas tubing dari sungai hingga pemandian mata air.

4. Menyeberang dengan Flying Fox

Wahana ini paling banyak diminta oleh pengunjung. Hanya dengan membayar Rp 3000 Anda sudah bisa menikmati fasilitas flying fox yang akan membawa Anda melewati persawahan dan sungai. Wisata ini memang agak sulit dan banyak orang ingin mencobanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jatuh karena peralatan dan perlengkapan keselamatan di sini sangat lengkap.

5. Senang diperlakukan oleh ikan

Nama lain adalah ichthyotherapy, terapi khusus yang melibatkan merendam bagian tubuh dalam air yang berisi ikan kecil. Ikan ini nantinya akan memakan kotoran atau sel kulit mati dari anggota tubuhnya tersebut.

Berguna untuk meredakan pegal linu dan penyakit tertentu, terapi ini juga digunakan sebagai bahan penghalus kulit. Anda akan menemukan tempat seperti ini di perairan ini. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke sini, banyak juga yang tertarik untuk disuguhi ikan warna-warni ini.

6. Manfaatkan senja

Waktu tutup tempat ini adalah pukul 6 sore. Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan semburat jingga yang menghiasi langit. Selain itu, hamparan hijau dan pepohonan yang asri akan memberikan kesan nostalgia. Kesan yang membuat Anda ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Sumber Maron Malang

Memasang Sumber MaronKredit gambar: Google Maps Heru Raharja

Di sumber yang menjadi lokasi wisata pemandian ini, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Dari fasilitas umum seperti toilet, mushola dan tempat makan. Ada juga banyak tempat untuk beristirahat sejenak setelah berenang.

Beberapa fasilitas berbayar seperti flying fox dan river tube digunakan untuk memberikan kesan menyenangkan selama liburan di objek wisata alam favorit ini.

Sumber Maron merupakan salah satu tujuan wisata di Malang, dengan air terjun kecil yang menjadi sumber listrik utama untuk pembangkit listrik tenaga air. Tamasya ini menawarkan perasaan berenang di tengah suasana pedesaan yang tenang dan indah. Sawah yang mengelilingi sungai ini seolah menjadi nilai tambah bagi pemandangan indah yang cocok untuk dinikmati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button