Bogor Coffee Festival 2022, Sarana Mempopulerkan Kopi Asli Bogor – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Bogor Coffee Festival 2022, Sarana Mempopulerkan Kopi Asli Bogor – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.id, BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor akan menyelenggarakan Bogor Coffee Festival 2022 di Lapangan Iman Tegar Cibinong, Kabupaten Bogor mulai 10-12 November 2022.

Bogor Coffee Festival 2022 digelar untuk mengangkat harkat dan martabat kopi Bogor.

Menghadiri Bogor Coffee Festival 2022, Pj Bupati Bogor Ivan Setiawan mengatakan Kabupaten Bogor memiliki potensi bahan baku kopi yang tinggi.

BACA JUGA: Bagi yang Merayakan Ulang Tahun di Hari Pahlawan Dapat SIM Card Gratis dari Polres Bogor

Padahal, Kabupaten Bogor merupakan daerah penghasil kopi Robusta terbesar di Jawa Barat. “Bogor Coffee Festival 2022 bertujuan untuk menghadirkan kopi Bogor yang memiliki kualitas sangat baik dan mampu bersaing dengan kopi-kopi lain di Indonesia,” kata Iwan saat membuka Bogor Coffee Festival, Kamis (11 Oktober).

Pada Festival Kopi Bogor 2022, Pemerintah Kabupaten Bogor mengundang berbagai insan kopi di Bogor, mulai dari petani hingga pembuat kopi, untuk memamerkan produk kopi mereka.

“Kami mengumpulkan produsen kopi di Bogor. Kopi merupakan bisnis potensial bagi para petani dan anak muda yang gemar meracik kopi dan membuat kopi signature,” ujarnya.

BACA JUGA: Kualitas Pelayanan RS Kota Bogor Menurun, Wali Kota Minta Manajemen Tak Hanya Jaga Pembangunan

Iwan mengatakan, ada sekitar 6.089 hektar kebun kopi Robusta skala kecil di Kabupaten Bogor, dikelola oleh 28.935 petani dan mampu menghasilkan 4.150 ton biji kopi pada tahun 2021.

Dari ribuan hektar perkebunan kopi tersebut, sebagian besar berada di kecamatan Sukamakmur. Dengan ini, Pemerintah Kabupaten Bogor berusaha mempromosikan daerahnya sebagai sentra kopi di bumi itikad baik.

“Sukamakmur akan menjadi pusat kopi. Bisa jadi destinasi wisata alam dan destinasi wisata kopi serta pasar kopi Kabupaten Bogor,” kata Ivan.

BACA JUGA: Pembalap IMI Kabupaten Bogor Raih Posisi QTT Lebih Optimis Kendalikan Porprov Jabar

Pada Bogor Coffee Festival 2022, Iwan sangat percaya diri karena kopi dari perkebunan di Kabupaten Bogor khususnya Sukamakmur memiliki cita rasa yang unik dan pernah meraih medali perunggu Avpa Gourmet Product pada Unlucky Paris Exhibition di Prancis.

Ivan juga berharap agar peran generasi muda dapat diikutsertakan dalam dunia penanaman kopi. Karena anak muda dinilai mampu menerapkan teknologi untuk produksi dan pemasaran kopi.

“Dan semoga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi sehingga lebih berdaya saing dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani,” kata Iwan.

Berdasarkan data statistik Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bogor menyumbang 40 persen dari seluruh produksi kopi Robusta di Jawa Barat.

Sentra produksi kopi robusta di Kabupaten Bogor antara lain Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, Cariu, Babakan Madang, Pamijahan dan Megamending. Pada saat Bogor Coffee Festival 2022, panen pertama kopi Robusta dilakukan dari biji yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bogor pada tahun 2019,” kata Iwan.

(Risyad Noviansyah/Pojokbogor)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button