Ayo naik bus Macito keliling kota Malang! - WisataHits
Jawa Timur

Ayo naik bus Macito keliling kota Malang!

WAKTU INDONESIA, MALANG – Lebih asyik lagi menikmati keindahan Kota Malang jika naik Bus Macito atau Bus Wisata Kota Malang. Bus wisata biru ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin merasakan sejuknya semilir angin Kota Malang.

Bus berkapasitas 23 penumpang ini juga beroperasi setiap hari Senin hingga Kamis dan Sabtu hingga Minggu.

Jam operasional Macito untuk hari Senin sampai Kamis mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB untuk sesi pagi. Sesi siang dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu, pengunjung dapat naik bus ini mulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB, sesi siang dari pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB, dan sesi malam dari pukul 18.30 hingga 8.00 WIB. sore WIB.

Masyarakat tidak dipungut biaya sepeser pun untuk naik bus antik ini. Masyarakat hanya perlu mendaftar di loket yang dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang di Jl. Majapahit, Kota Malang tepatnya di Kantor Ex UPT DLH. laboratorium lingkungan.

Route-Machito.jpg

Poster resmi bus Macito. (FOTO: dishubmalangkota/Instagram)

Bagi yang berminat menaiki Bus Macito, disarankan untuk melakukan registrasi satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Karena jadwal sering penuh, karena masyarakat sangat tertarik dengan bus biru ini.

Rute yang dioperasikan oleh bus ini dimulai dari kantor Ex Lab DLH di Kota Malang, kemudian menuju Lapangan Tugu, berbelok ke kawasan cagar budaya Jalan Basuki Rahmat, kemudian ke Lapangan Merdeka Malang, ke Jalan Ijen, kemudian ke Jalan Pahlawan Trip dan kembali lagi ke kantor Ex Lab DLH Kota Malang. Seluruh rute ditempuh dalam waktu 30 menit.

Tasya, salah satu penumpang mengaku senang mengendarai macito ini. Meski sudah lama berada di Malang, ia sangat senang menikmati kesegaran kota Malang.

“Tentu sangat puas. Walaupun saya sering berkeliling Kota Malang, namun terasa berbeda ketika saya berkeliling dengan Macito. Bus ini juga memiliki konsep jendela terbuka. Jadi langsung terkena angin segar,” jelasnya sesaat setelah menaiki Macito (8 April 2022).

Bus-Machito-a.jpg

Saya melihat para penumpang menikmati bus Macito dari dalam. (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

Hingga saat ini, jumlah armada bus Macito belum bertambah. Hanya satu unit yang berjalan. Manajer Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Soni Bachtiar dalam keterangannya tak menampik akan menambah armada bus lagi.

“Mengingat antusiasme masyarakat, kami bisa menambah dua armada lagi untuk mewujudkan hal tersebut,” pungkasnya.

Namun, saat menaiki bus Macito ini, penumpang juga harus mematuhi beberapa aturan yang ada, antara lain:

  1. Dilarang merokok di dalam area bus.

  2. Jangan mencemari.

  3. Wajib memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan.

  4. Dilarang melepas panel bodi di luar bodi bus.

  5. Jangan membawa barang yang berbau menyengat.

  6. Hewan peliharaan tidak diperbolehkan di sini.

  7. Dilarang membawa benda tajam.

  8. Dilarang merusak dan menabrak fasilitas bus Macito.

  9. Jaga urusan masing-masing.

Sebagai? Siap Menikmati Kota Malang dengan Bus Macito?

**) Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button