Jalan-jalan Mengenang Kehebatan Arek Suroboyo, Pertempuran 10 November Hingga Sobeknya Bendera Belanda: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Jalan-jalan Mengenang Kehebatan Arek Suroboyo, Pertempuran 10 November Hingga Sobeknya Bendera Belanda: Okezone Travel

KOTA Surabaya, Jawa Timur akan segera memiliki destinasi wisata sejarah dalam waktu dekat serta rangkaian peristiwa pertempuran heroik yang terjadi di kota pahlawan.

“Ini akan menjadi tur dan pengingat bahwa Surabaya bukan hanya kota belanja, Surabaya bukan hanya kota jasa. Tapi Surabaya punya banyak tempat bersejarah, banyak tempat warisan“Banyak tempat wisata, terutama wisata pertempuran,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dikutip Diantara.

Saat ini, kata Eri, pihaknya sedang mempersiapkan konsepnya. Konsep yang disiapkan akan memadukan destinasi wisata sejarah, serta rangkaian peristiwa heroik dari perjuangan Kota Pahlawan.

Cak Eri, panggilan akrabnya, mengatakan Surabaya memiliki destinasi wisata yang beragam termasuk tempat-tempat bersejarah yang berada di Kota Pahlawan. Hal inilah yang mendasari digagasnya Destinasi Wisata Perjuangan Surabaya.

Infografis perjalanan sejarah

Sisi pertarungan yang diinginkan Eri bisa dimunculkan dari Surabaya. Bahkan, ia juga menyatakan bahwa ke depan, nilai-nilai perjuangan kota pahlawan akan dituangkan ke dalam sebuah buku.

“Termasuk seni, termasuk segala sesuatu yang dimulai di awal tahun agar warga Indonesia tahu apa yang ada di kota Surabaya,” ujarnya.

Tur Perjuangan Surabaya dalam persiapan ini menarik karena selain menghubungkan tempat-tempat bersejarah, sejumlah peristiwa heroik juga menjadi bagian dari rangkaian, seperti pengibaran bendera di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) hingga pertempuran November. 10, 1945.

kehendak Tuhan tahun depan kita akan memasukkannya ke dalam agenda kota Surabaya. Awal tahun akan kita sebar ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri,” kata Cak Eri.

Baca juga: Sebagai bagian dari Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc bekerja sama untuk memungkinkan akses gratis ke layanan kesehatan

Dengan begitu, lanjutnya, seluruh rangkaian agenda di Kota Pahlawan dapat diketahui masyarakat di dalam dan luar negeri. Konsep pariwisata yang dibuat sekaligus dimaksudkan untuk mendorong wisatawan berkunjung ke kota pahlawan.

“Jadi sudah bisa lihat (agendanya) di awal tahun, misalnya Surabaya ulang tahun, kegiatannya apa. Lalu pada Hari Pahlawan tanggal 10 November kegiatannya apa saja,” ujarnya.

Eri berharap dengan hadirnya Surabaya Struggle Tour mampu mengobarkan semangat nasionalisme bagi generasi muda di Kota Pahlawan.

“Karena saya ingin mengingatkan bahwa kota Surabaya memiliki semangat kepahlawanan yang luar biasa,” pungkasnya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button