Asita NTB mencatatkan transaksi di Rinjani Travel Mart Tembus Rp 15 miliar - WisataHits
Jawa Barat

Asita NTB mencatatkan transaksi di Rinjani Travel Mart Tembus Rp 15 miliar

MATARAM-Pariwisata NTB semakin berkembang. Hal itu terlihat dari potensi transaksi Rinjani Travel Mart yang diinisiasi oleh Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) NTB. “Kalau semuanya potensinya bisa Rp 15 miliar,” kata Ketua ASITA NTB Dewantoro Umbu Joka, Jumat (25/11).

Dewantoro mengatakan, pasar wisata biasanya digelar di kawasan Kota Mataram dan kawasan Senggigi di Lombok Barat. Asita memilih jalan berbeda dengan menggelar pasar keliling di Sembalun, Lombok Timur.

Sembalun merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di NTB. Daerahnya tepat berada di kaki Gunung Rinjani. Sehingga menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda dibandingkan destinasi lain di pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Untuk tujuan selanjutnya, Asita ingin mengajak pemerintah kabupaten/kota di provinsi NTB untuk proaktif. Menghadirkan destinasi unggulan mereka untuk para travel entrepreneur dari luar daerah. “Sengaja kami lakukan di Rinjani untuk mengenalkan potensi yang ada di Lombok Timur. Sembalun bagus, tujuan wisata lainnya juga. Karena itu kami mengajak daerah untuk lebih aktif terlibat dalam promosi,” ujarnya.

Rinjani Travel Mart menjamu 107 pembeli selama dua hari, 22-23 November. Mereka adalah tour operator yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada juga pembeli dari luar negeri, kata Dewantoro.

“Malaysia, India, Arab Saudi, Australia, dan Italia juga diwakili di Rinjani,” kata Dewantoro.

Rinjani Travel Mart merupakan pasar jual beli paket wisata di provinsi NTB. Untuk itu, hadir pula sekitar 50 tenaga penjual dari NTB. Dewantoro mengatakan, dirinya berhadapan langsung antara pembeli dan penjual di Rinjani Travel Mart. Dengan potensi penjualan paket nominal hingga Rp 15 miliar.

“Segera tandatangani kontrak di sana. Tergantung harganya. Jadi pembeli tinggal membawa tamunya pada waktu yang sudah dijadwalkan,” jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan seperti travel mart merupakan cara yang efektif untuk menarik wisatawan ke NTB. Karena itu, diharapkan akan ada kegiatan serupa di masa mendatang. Yang tentunya bisa diselenggarakan oleh siapa saja, termasuk pemerintah.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga menyampaikan harapan serupa. Zul mengatakan perkembangan pariwisata NTB semakin baik. Kondisi ini tidak terlepas dari kontribusi para pengusaha pariwisata di NTB. “Semoga semakin banyak yang datang dan berkunjung ke NTB,” kata Zul. (dit/r5)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button