Arau Mini Waterpark, wisata air favorit dengan konsep kapal bajak laut di Padang - WisataHits
wisatahits

Arau Mini Waterpark, wisata air favorit dengan konsep kapal bajak laut di Padang

Harga tiket: Rp36.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Batang Arau, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Mengunjungi tempat wisata tidak hanya berupa hutan, kebun, gunung dan tempat-tempat lain yang bernuansa alam. Dari waktu ke waktu, wisatawan dapat mengunjungi taman air yang menawarkan kolam renang besar dan menarik dengan berbagai fasilitas yang memadai. Di Indonesia terdapat banyak sekali waterpark, salah satunya adalah Arau Mini Waterpark.

Taman air yang terletak di wilayah Sumatera Barat ini berbeda dengan taman air di daerah lain. Sensasi berenang di kolam renang biasa dengan waterpark pasti berbeda. Meski tergolong baru, tempat wisata ini menjadi tempat liburan favorit para wisatawan karena wisatawan bisa mencoba wahana air yang seru di sini.

Bahkan, wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga bisa mengunjungi tempat wisata di Padang yaitu Arau Mini Water Park. Tidak perlu khawatir karena kolam untuk balita dan anak-anak serta untuk orang dewasa dibedakan berdasarkan kedalamannya. Jadi orang tua tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan waterpark ini.

Atraksi taman air mini Arau

Atraksi Arau Mini Waterpark PadangKredit gambar: Google Maps Daniel

1. Memiliki tiga jenis kolam

Salah satu daya tarik Arau Mini Waterpark di kawasan Kota Padang adalah memiliki tiga jenis kolam. Jenis kolam pertama untuk dewasa yang terletak di sebelah kiri. Kedalaman kolam ini antara 130 dan 190 cm, sehingga cocok untuk orang dewasa.

Kemudian jenis kolam renang yang kedua diperuntukan untuk anak-anak karena memiliki kedalaman kolam 40 hingga 50cm. Di kolam kiddie ini terdapat perosotan berbentuk lurus dan spiral serta ember terbalik di tengahnya. Fasilitas tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Selain itu, jenis kolam ketiga ditujukan untuk balita yang memiliki kedalaman kolam kurang dari 40 cm. Ada aturan khusus dimana di kolam waterpark anak-anak diperbolehkan memakai kaos (tanpa celana jeans) sedangkan di kolam khusus dewasa diwajibkan memakai baju renang.

2. Miliki properti berbentuk kapal bajak laut

Arau Mini Waterpark juga memiliki properti berbentuk kapal bajak laut yang terletak di tengah kolam. Perahu adalah ciri khas dari taman air ini. Keberadaan properti kapal bajak laut tidak hanya untuk pajangan, tetapi kapal memiliki beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan.

Di atas kapal terdapat ember terbalik yang akan menumpahkan air dari ember sehingga wisatawan akan terciprat air dalam jumlah besar jika berdiri tepat di bawah ember terbalik ini. Selain ember terbalik, ada juga beberapa perosotan besar dan lebar untuk dimainkan anak-anak.

Warna slidenya ada yang merah dan ada yang kuning. Slide merah ditutup seperti tabung panjang. Sementara itu, slide kuning setengah terbuka. Untuk membuat properti berbentuk kapal bajak laut ini sangat fungsional, tidak hanya untuk pajangan.

3. Busa halus adalah kunci untuk kelancaran pemutaran slide

Di Arau Mini Waterpark ada tiga jenis perosotan besar yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Ada dua perosotan spiral dimana wisatawan akan diminta berputar-putar dan ujungnya miring. Sementara itu, hanya ada satu slide lurus.

Bermain seluncuran di taman air ini rasanya kurang lancar saat meluncur jika wisatawan tidak menggunakan busa tipis. Tanpa busa halus, wisatawan bisa meluncur tapi ragu dan tidak bisa meluncur dengan baik. Jadi busa halus adalah kunci kelancaran saat bermain slide.

Busa halus ini berwarna putih dan berbentuk persegi panjang. Jika wisatawan ingin meluncur dengan mudah di perosotan dan meluncur dengan cepat, wisatawan harus duduk di perosotan dengan alas busa tipis. Dengan menggunakan busa, perosotan menjadi lebih licin dan dapat meluncur tanpa terhalang oleh gesekan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Arau Mini Waterpark PadangKredit gambar: Google Maps Rico Lesmana

Lokasi Arau Mini Waterpark berada di wilayah Sumatera Barat tepatnya di kota Padang. Wisatawan yang ingin mengunjungi taman air di kabupaten Padang Barat ini dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Lokasi waterpark ini berada di kawasan kota tua kecamatan Padang. Waterpark ini berada di pinggir Batang Arau.

Rute menuju waterpark dapat ditempuh dalam waktu sekitar 21-25 menit dengan jarak tempuh sekitar 9,1 km dari Tugu Adipura Padang. Dari tugu bersejarah tersebut, wisatawan harus berbelok terlebih dahulu melalui Jl. S. Parman-Jl. Guru. Dr Hamka kemudian belok kiri melalui Jl Khatib Salomon. Lurus saja, ikuti jalan sampai menemukan pertigaan besar.

Pertigaan tersebut adalah Jl.Bgd. Aziz Chan-Jl. Thamrin. Kemudian belok kanan hingga pertigaan di Jl.Thamrin-Jl. Kp. Nias V belok kiri. Ikuti jalan lurus sampai Anda menemukan bundaran. Ikuti jalan melalui Jl.Kp. Nias II. Di perempatan, belok kiri melalui Jl.Pulau Karam. Ikuti jalan, lalu di pertigaan, belok kiri lewat Jl.Deep Island. Taman air ada di ujung.

Harga tiket masuk waterpark

Tiket Arau Mini Water Park di PadangKredit gambar: Google Maps Arau Mini Waterpark, Cafe and Resto

Arau Mini Waterpark buka pada hari Rabu hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Setiap hari Selasa, waterpark tutup karena ada pembersihan basah dan semua karyawan tidak bekerja atau pergi. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Kemudian tiket masuknya Rp 36.000 per orang.

Tiket masuknya untuk anak-anak dan dewasa. Sedangkan untuk balita, tidak ada tiket masuk. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 36.000, wisatawan bisa berenang sepuasnya tanpa batasan waktu, asalkan mengikuti aturan. Sewa ban tersedia berdasarkan ukuran dengan biaya sewa mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di taman air mini Arau

Aktivitas Arau Mini Waterpark PadangKredit gambar: Google Maps Rico Lesmana

1. Perburuan Foto

Berkunjung ke taman air mini Arau sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin berenang atau sekedar hunting foto. Memang property dari waterpark ini sangat instagramable, apalagi keberadaan property berbentuk kapal bajak laut di tengah kolam renang ini menjadi sorotan banyak wisatawan.

2. Berenang

Karena waterpark ini terbagi menjadi tiga jenis kolam, maka wisatawan bisa mengajak balita, anak-anak dan orang dewasa untuk berenang di sini. Kolam pertama untuk balita, yang kedua untuk anak-anak dan yang ketiga untuk dewasa. Arau Mini Waterpark juga menyediakan fasilitas yang memadai.

3. Wisata Kuliner

Setelah sekedar berenang, wisatawan yang lapar dan haus bisa singgah di restoran yang ada di area taman air. Makanan dan minuman yang dijual sangat beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Restoran buka setiap pukul 12:00-22:00 WIB.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Arau Mini Waterpark PadangKredit gambar: Google Maps Arau Mini Waterpark, Cafe and Resto

Sedangkan untuk fasilitas Arau Mini Waterpark, wisatawan tidak perlu khawatir karena pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas memadai yang dapat digunakan wisatawan. Fasilitas ini seperti tempat parkir yang luas.

Selain itu, terdapat loker untuk menyimpan barang-barang dengan kunci pengaman, ruang ganti untuk berganti pakaian renang sebelum mulai berenang dan toilet terpisah untuk pria dan wanita.

Lalu ada juga tempat persewaan ban terapung, tiga jenis kolam renang untuk balita, anak-anak, dan dewasa, perosotan spiral dan lurus, dan properti bajak laut di tengah kolam dengan ember terbalik, dan seluncuran anak-anak.

Arau Mini Waterpark merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk segala usia di daerah Padang, mulai dari balita, anak-anak hingga dewasa. Fasilitas yang memadai dengan properti yang berguna untuk mandi menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button