Tiket dan Tempat Wisata Air Terjun Jenggala - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Tempat Wisata Air Terjun Jenggala

Tiket dan Tempat Wisata Air Terjun Jenggala

Harga tiket masuk Air Terjun Jenggala : Rp 10.000. Jam buka: 07:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl.Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152.

Ternyata Banyumas memiliki banyak destinasi wisata tembakan Dan instagrammable sejak 2016. Tempatnya Air Terjun Jenggala, air terjun megah yang dihasilkan dari pertemuan dua sungai. Atraksi ini dapat dikenali dari rangkaian tiga air terjun yang mengalir dan platform selfie berbentuk hati. Air terjun ini bisa Anda temukan jika Anda berkunjung ke Dusun Kalipagu, Kabupaten Banyumas.

Tiket masuk

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke Air Terjun Jenggala. Harga tiket masuknya sangat terjangkau dan berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Tiket masuk ini sudah termasuk ongkos masuk objek wisata Kalipagu, seperti Air Terjun Panganten dan Air Terjun Muntu.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG BAYAN Banyumas

Jam buka

Obyek wisata bertingkat ini bisa dikunjungi oleh masyarakat setiap hari. Biasanya Curug Jenggala ramai dikunjungi saat musim liburan sebagai tempat wisata keluarga.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Pesona Air Terjun Jenggala, Banyumas

Air Terjun JenggalaLandscape Curug Jenggala yang memiliki empat air terjun Sungai Mertelu dan Sungai Banjaran – Foto: Google Maps/Taufik Muhammad

Curug Jenggal adalah air terjun setinggi sekitar 30 meter di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu dari rangkaian air terjun yang ada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya, Curug Jenggala bernama Curug Tempuan, yang mewakili kondisinya sebagai pertemuan sungai Banjaran dan Mertelu.

Tempat wisata ini semakin menarik minat pengunjung terutama kalangan muda setelah dikembangkan menjadi tempat yang indah dan menarik untuk berswafoto. Meski membutuhkan waktu untuk mencapainya, akses jalan menuju air terjun kini sudah sangat rapi dan tertata. Penat akan terlupa dengan pemandangan alam Mont Slamet yang masih hijau dan terjaga.

Baca: Curug Cipendok Pamer Keindahan Alam

Jalur pendakian yang mempesona

Laju aliran pipa pembangkit listrik tenaga airPipa PLTA Ketenger yang menghiasi jalur trekking menuju Air Terjun Jenggala – Foto: Google Maps/Setyo Budi Utomo

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh jalan setapak sekitar 800 meter. Rute ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Kendaraan pribadi akan diparkir di pekarangan warga.

Jalur yang akan ditempuh dari tempat parkir mobil adalah jalan beraspal rapi dengan lebar 1 meter. Jangan khawatir, karena perjalanan ini akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan yang mengelilinginya. Mulai dari pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, serta Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan. Hati-hati saat mulai memasuki kawasan hutan karena kondisi jalan akan semakin terjal, terjal dan licin.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Caping Park Purwokerto

pemandangan indah

Jalur pendakianJejak yang ditata apik menuju lokasi Air Terjun Jenggala – Foto: Google Maps/Rasito HS

Setelah mengikuti jalan tersebut, pengunjung akan sampai di Gerbang Jenggala. Dari sana tinggal 150 meter menuju lokasi air terjun. Jika sempat, kunjungi Sendang Candrakirana sebelum melanjutkan perjalanan. Mata air ini memiliki air terjun kecil dan menampung air langsung dari mata air pegunungan, sehingga jernih dan bersih.

Air Terjun Jenggala dapat dicapai setelah 150 meter dengan mengikuti jalan berbatu. Panorama tiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut wisatawan. Jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung hanya perlu menuruni undakan batu dan jembatan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Jumog

Karena arus dan debit air yang tinggi, dilarang berenang atau bermain air di dekat air terjun. Meski demikian, pengunjung tetap diperbolehkan menikmatinya dari tepian atau dari bebatuan yang berserakan di sungai. Angin akan meniup tetesan air dan memberikan udara sejuk.

Tempat selfie tembakan

Air Terjun Love Deck Selfie Spot JenggalaJembatan selfie berbentuk hati, ikon wisata alam di Curug Jenggala – Foto; Google Maps/Ilham Wahyu Alfian

Keistimewaan objek wisata Curug Jenggala adalah adanya jembatan berbentuk hati yang menghadap langsung ke air terjun dari atas tebing. Jika berfoto di jembatan ini, pengunjung akan memiliki latar belakang panorama air terjun Jenggala secara keseluruhan. Game ini menjadi tempat wajib untuk mengabadikan memori perjalanan di sini.

Tempat lain yang juga cocok dijadikan spot foto cantik adalah jembatan cinta. Jembatan tersebut berada di bawah tebing dan melintasi sungai yang dialiri air dari air terjun ini. Awalnya, jembatan ini hanyalah jembatan bambu sederhana. Setelah direnovasi, jembatan besi warna-warni ini kini menjadi salah satu ikon Curug Jenggala yang wajib dikunjungi.

Baca: WISATA BATURRADEN 14 Daerah Wisata Unggulan

Atraksi Terdekat

Jembatan Cinta GandaTeras selfie dengan pemandangan bendungan PLTA Ketenger – Foto: Google Maps/Fafa Fatimah

Baca: 7 Tempat Wisata di Banyumas Paling Seru

Setelah menikmati keindahan Air Terjun Jenggala, tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata lain di sekitarnya. Selain Sendang Candrakirana, ada lagi permainan selfie berbentuk dua hati yang ditumpuk. Teras ini menawarkan pemandangan langsung ke bendungan PLTA Ketenger.

Tak jauh dari Bendungan PLTA, ada air terjun lain yang tak kalah indahnya, yakni Curug Muntu. Air terjun lain di sekitar Air Terjun Jenggala adalah Air Terjun Panganten dan Air Terjun Cipokol yang menawan. Ada juga Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu, sumber air panas alami dengan tujuh pancuran unik.

Baca: 6 Tempat Wisata Baturraden Paling Menarik

Fasilitas Air Terjun Jenggala

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata ini adalah area parkir, toilet, ruang ganti, mushola dan warung makan. Ada berbagai jenis akomodasi di sekitar kawasan wisata. Bagi yang tidak kuat jalan kaki, bisa menggunakan ojek dengan biaya tertentu.

Lokasi Air Terjun Jenggala

Air Terjun Jenggala merupakan bagian dari kompleks dusun wisata Kalipagu. Lokasinya di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Waktu tempuh dari Purwokerto menuju objek wisata ini kurang lebih 30-45 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rutenya adalah Baturaden melalui Jalan Raya Baturaden menuju pertigaan desa Ketenger, kemudian belok ke Curug Bayan. Sesampainya di Curug Bayan, pilihlah pendakian menuju Dusun Kalipagu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button