Libur Natal 2022, Wisata Alam Grojogan Watu Purbo Sepi dari Pengunjung - WisataHits
Yogyakarta

Libur Natal 2022, Wisata Alam Grojogan Watu Purbo Sepi dari Pengunjung

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Musim liburan Natal 2022 yang disertai dengan cuaca hujan tidak mempengaruhi peningkatan wisatawan di kawasan wisata alam Grojogan Watu Purbo yang berlokasi langsung di Bangunrejo Padukuhan, Desa Merdikorejo, Candi Kapanewon, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Ketua Grojogan Watu Purbo, Arip, mengatakan hujan yang turun selama 3 hari terakhir serta penambangan pasir di utara resor membuat air keruh sehingga menurunkan wisatawan.

“Penambangan alat berat kurang lebih berjarak 400 meter dari obyek wisata. Oleh karena itu, air selalu keruh sepanjang hari. Karena itu, sungai Krasak masih ada relnya,” katanya kepada Tribunjogja.com melalui sambungan telepon, Minggu (25/12/2022).

Namun, penambangan pasir tidak masuk dalam sektor do-it-yourself, melainkan di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: WISATA UNIK SLEMAN: Air Terjun Grojogan Watu Purbo, Hadirkan Wisata Edukasi untuk Mencintai Alam

“Minggu sore (25/12/2022) hanya sekitar 100 orang yang mengunjungi Grojogan Watu Purbo. Biasanya sekitar 500-700 orang bisa datang pada hari libur dan cuaca bagus (per hari),” kata Arip.

Bahkan bisa dikatakan jumlah wisatawan di Grojogan Watu Purbo akan lebih baik pada akhir tahun 2021 dibandingkan akhir tahun 2022.

“Masalahnya tahun lalu, meski ada pandemi Covid-19, tur itu tetap viral. Jadi pengunjungnya cukup banyak,” lanjutnya.

Pada masa libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya belum bisa memastikan secara pasti jumlah wisatawan yang berkunjung ke Grojogan Watu Purbo.

“Namun kami perkirakan sekitar 500-600 orang (pengunjung per hari) yang datang. Mengingat kondisi saat ini, hujan cukup deras,” kata Arip.

Ia menilai rata-rata wisatawan Grojogan Watu Purbo saat itu masih berasal dari Yogyakarta, Jakarta, dan Pulau Kalimantan.

Sehubungan dengan musim hujan yang masih berlangsung, pihaknya juga mengharapkan peningkatan kewaspadaan dan penambahan petugas petugas yang berada di bantaran Kali Grojogan Watu Purbo.

“Kami melakukan ini untuk memantau wisatawan dan meningkatkan pengawasan melalui handy talkie. Total karyawan ada 30 orang,” kata Arip.

Baca Juga: H-2 Natal 2022 Jalur Wisata Kaliurang di Sleman Dicermati Kendaraan Berlebihan

Ia menambahkan, personel tersebut tidak hanya memantau wisatawan, tetapi juga bertugas sebagai petugas tiket objek wisata untuk menjaga kendaraan yang ada di tempat parkir.

“Sekarang sudah ada tiga paviliun dan satu paviliun (tempat pengunjung bisa berteduh atau bersantai sejenak saat berkunjung ke Grojogan Watu Purbo) di bantaran kali atau bantaran sungai,” jelasnya.

“Tiket masuk per orang Rp 3.000. Biaya parkir sepeda motor Rp2.000, mobil pribadi Rp5.000, minibus Rp10.000, dan bus wisata Ep 20.000 per unit,” imbuhnya.

Arip juga mengatakan Grojogan Watu Purbo tidak memiliki agenda khusus di malam tahun baru 2023.

“Tidak ada yang direncanakan untuk Malam Tahun Baru. Paling banyak di Grojogan Watu Purbo hanya dilakukan pembersihan. Jam buka kami masih sama. Pada hari biasa, WIB buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Jadi kita punya WIB buka dari jam 07.00 sampai 17.30,” pungkasnya. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button