10 Wisata Pantai Di Kalsel Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Wisata Pantai Di Kalsel Yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Pantai Di Kalsel Yang Wajib Dikunjungi

Inilah daftar wisata pantai yang populer di Indonesia Kalimantan Selatan. Eksotik, Hits dan Destinasi wisata bahari terindah yang menarik anda untuk menjelajah untuk liburan yang seru dan menyenangkan.

Pulau Kalimantan memiliki wilayah yang sangat luas dan terbagi menjadi beberapa wilayah. Salah satunya Kalimantan Selatan. Di kawasan ini memiliki pesona keindahan bahari yang wajib dijadikan sebagai tujuan wisata. Ada banyak pantai menarik yang bisa dinikmati di provinsi ini.

Saat berada di Kalimantan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa pantai terbaik di Kalimantan Selatan pada ulasan berikut ini.

1. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan, Kalimantan SelatanFoto oleh Dicky Dicaprio/Google Maps

Salah satu pantai di Kalimantan ini dikenal sebagai surga tersembunyi di tengah kota. Pagatan memiliki panorama laut biru, aliran kelapa relatif rendah, pasir putih bersih dan pohon kelapa yang melambai. Hembusan angin laut menambah kesegaran suasana yang tercipta. Di sekitar pantai Anda dapat menemukan vegetasi.

Setiap Minggu pagi, pantai Pagatan selalu dipenuhi warga sekitar. Ada yang sekedar ingin bersantai, ada juga yang menjadikan pantai ini sebagai tempat berolahraga. Menjelang sore, suasana semakin hidup ketika warung-warung kecil mulai buka. Banyak wisatawan yang mencoba berbagai makanan khas Kalimantan yang sangat menggugah selera.

Sedikit lebih jauh menyusuri pantai, Anda akan melihat anak-anak setempat bermain dengan melompat ke air laut yang jernih. Ada juga yang datang menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang begitu megah. Beberapa dari mereka hanya berdiri di tepi pantai menyaksikan laut lepas dari kejauhan.

Di sudut lain, Anda akan menemukan remaja bermain skateboard. Ini adalah salah satu daya tarik pantai Pagatan. Tak jauh dari bibir pantai, pengunjung bisa bersantai dengan bersantai di gazebo yang disediakan pengelola. Bahkan, banyak pengunjung yang menjadikan gazebo sebagai area piknik.

Sebagai informasi, Pantai Pagatan terletak tak jauh dari poros Jalan Trans-Kalimantan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter. Dalam perjalanan menuju pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan kelapa sawit yang menakjubkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota.

Untuk mengunjungi wisata bahari ini, Anda tidak perlu memikirkan waktu tertentu. Hal ini dikarenakan Pantai Pagatan tidak memiliki ketentuan mengenai jam buka. Plus, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk masuk. Meski tidak dipungut biaya masuk, Anda tetap bisa menggunakan fasilitas yang disediakan pengelola.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sei Lembu, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

2. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan, Kalimantan SelatanFoto oleh Bpk. Dzikri Anshari Anshari / Google Maps

Pantai Gedambaan merupakan salah satu tempat wisata bahari yang menjadi primadona warga Kotabaru di Kalimantan Selatan. Berada di Desa Gedambaan, di Pulau Laut, pantai ini menawarkan pesona keindahan yang mampu memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Memasuki area pantai, Anda akan terpesona dengan suasana yang mempesona.

Birunya air laut dengan pasir putihnya yang cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat. Selain bisa menikmati pasir putih yang diterpa sinar matahari, merasakan kesegaran airnya juga mampu menghipnotis pengunjung. Tak heran jika banyak pengunjung yang betah menghabiskan waktunya di Pantai Gedambaan.

Pantai Gedambaan dulunya bernama Pantai Sarang Tiung yang terletak sekitar 14 km dari pusat kota Kotabaru. Seiring waktu, pantai menjelma menjadi Gedambaan yang lebih berkesan. Di wisata bahari ini Anda bisa melihat jernihnya air laut yang tampak dangkal sehingga muncul ikan-ikan kecil di balik karang.

Harga tiket: Rp11.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan.

3. Pantai Takisung

Pantai Takisung, Kalimantan SelatanFoto oleh Djenar Andromeda/Google Maps

Obyek wisata bahari Pantai Takisung menjadi andalan masyarakat setempat. Pantai ini sudah dikenal oleh semua orang di Kalimantan Selatan, termasuk penduduk kota Banjarmasin. Pantai Takisung akan dipadati wisatawan begitu musim perayaan tiba. Menjadikan wisata bahari ini sebagai destinasi wisata liburan merupakan keputusan yang sangat tepat.

Berkunjung ke pantai, Anda akan melihat hamparan pasir putih yang luas ditemani pohon kelapa di tepi pantai. Birunya air laut akibat pantulan langit juga menambah eksotisme Pantai Takisung. Pantai Takisung merupakan ikon kota Pelaihari yang sangat populer di kalangan masyarakat Kalimantan Selatan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Takisung, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

4. Pantai Turki

Pantai Turki Kalimantan SelatanFoto oleh Ibu Sandy/Google Maps

Liburan ke Kalimantan Selatan belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata pantai Turki. Keindahan pemandangan alam seakan menunjukkan bahwa kawasan ini masih asri. Daya tarik utama dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna coklat yang menyatu dengan air laut yang biru jernih.

Di sekitar kawasan ini Anda akan menemukan beberapa gazebo berbentuk unik yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Di sekitar pantai juga akan terlihat rindangnya pepohonan yang membuat suasana semakin sejuk. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi pantai Turki hanya untuk menikmati keindahannya.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pantai Turki, Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

5. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Kegelapan, Kalimantan SelatanFoto oleh Rahadian/Google Maps

Wisata bahari di Kalimantan Selatan yang juga wajib dikunjungi adalah Samber Dark Island. Di pulau ini Anda akan melihat panorama pantai yang sangat eksotik. Keindahan pantainya sangat terjaga, sehingga terkesan belum terjamah oleh banyak manusia. Apalagi Pulau Dark Samber memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Tak heran jika banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau kelam Samber. Kegiatan menarik yang biasa dilakukan di tempat ini adalah diving atau snorkeling. Air laut yang jernih memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat biota laut yang hidup di balik terumbu karang.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sarakaman, Kec. Pulau Sebuku, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan.

6. Pantai Angsana

Pantai Angsana, Kalimantan SelatanFoto oleh Muhammad Nuryasin/Google Maps

Kalimantan Selatan terus menawarkan keindahan di sektor pariwisata. Eksotisme ini juga terasa begitu kental saat berkunjung ke Pantai Angsana. Meski tergolong tempat wisata yang baru dibuka, pengelola dan pemerintah daerah semakin gencar mengembangkan potensi alam ini.

Berkat pengembangan potensi yang dilakukan oleh pengelola dan pemerintah setempat, Pantai Angsana mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam bawah lautnya dimanfaatkan untuk kegiatan snorkeling dan diving. Anda harus tahu bahwa Pantai Angsana harus menjadi Bunaken Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan.

Harga tiket: Rp8.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Sawit KM 8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

7. Pantai Batakan

Pantai Baakan, Kalimantan SelatanFoto oleh Hesadarma Harmin/Google Maps

Pantai Baakan terletak di Kecamatan Panyipatan, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jika diukur dari arah kota Banjarmasin, wisata bahari ini hanya berjarak sekitar 125 km. Dalam perjalanan menuju Pantai Baakan, Anda akan menjumpai hamparan perbukitan hijau dan persawahan yang memanjakan mata.

Begitu memasuki kawasan pantai, pohon pinus yang menjulang ke langit akan langsung menyambut pengunjung. Namun keberadaan pohon ini tidak hanya di sekitar jalan masuk saja. Anda juga akan melihatnya di sepanjang Pantai Baakan. Jika pantai identik dengan pohon kelapa, Anda tidak akan menemukannya di sini.

Meski tidak ada pohon kelapa, Anda bisa melihat gugusan perbukitan dan pinus yang rindang mengelilingi pantai. Seketika, embusan udara sejuk menerpa Anda saat Anda duduk di bawah naungan pepohonan. Di tengah Pantai Baakan terdapat sebuah pulau bernama Datu. Pulau ini konon memiliki makam Datu Pamulutan.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Batakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

8. Pantai Swarangan

Pantai Swarangan, Kalimantan SelatanFoto oleh Anaz Copy Corner/Google Maps

Pantai Swarangan terletak di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jarak dari kota Banjarmasin sekitar 135 km. Bagi Anda yang datang dari arah kota, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 3-3 jam. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai yang sepi, Pantai Swarangan adalah jawaban yang tepat.

Pantai Srawangan sendiri masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu sangat cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari. Kawasan pantai Srawangan ditumbuhi pohon bakau yang ditanam dengan tujuan untuk mencegah abrasi. Selain keberadaan hutan bakau, Anda juga akan melihat hamparan laut lepas sejauh mata memandang.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Swarang, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

9. Pantai Asmara

Pantai Asmara, Kalimantan SelatanFoto oleh Tri Wardani/Google Maps

Pantai Asmara atau biasa disebut Asam Asam Muara, merupakan wisata bahari yang juga wajib dikunjungi. Salah satu daya tarik pantai tunggal ini adalah keadaannya yang masih sangat asri. Ombaknya cukup tenang sehingga sangat aman bagi anda yang ingin berenang di sekitar pantai. Saat musim pesta tiba, pantai ini akan dipadati oleh banyak wisatawan lokal maupun luar.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

10. Pantai Sungai Cuka

Pantai Sungai Cuka Kalimantan SelatanFoto oleh Fuad Sj/Google Maps

Sama seperti pantai lainnya di Kalimantan Selatan, Pantai Sungai Cuka juga memiliki keindahan alam yang memukau. Di pinggir pantai, Anda akan melihat begitu banyak pohon kelapa yang seakan menghiasi pantai. Di sebelahnya terdapat perkampungan nelayan, sehingga Anda bisa melihat rutinitas para nelayan yang biasa menangkap ikan.

Di Pantai Sungai Cuka, Anda bisa menemukan hamparan pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar pantai. Yang membuat pantai ini begitu menarik adalah adanya terumbu karang yang akan muncul saat air surut. Sementara terumbu karang hanya bisa diapresiasi dengan menyelam, di pantai ini Anda bisa melihat sendiri tanpa harus menyelam.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Cuka, Kec. Satui, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Wisata bahari di Kalimantan Selatan mampu mengundang decak kagum dari orang yang mengunjunginya. Beberapa wisata pantainya bahkan sudah terkenal di berbagai negara. Menjejakkan kaki di tanah Kalimantan Selatan, coba kunjungi salah satu pantai yang di ulas dan rasakan sendiri eksotismenya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button