Alun-alun Karimunjawa adalah kawasan terbaik untuk wisata kuliner malam - WisataHits
Jawa Timur

Alun-alun Karimunjawa adalah kawasan terbaik untuk wisata kuliner malam

Biaya Masuk Karimunjawa Square: Jam Bebas: 18.00 – 23.00No. Telepon: -Alamat: Jalan Pemuda No. 3 , Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59455

Alun-alun Karimunjawa merupakan tempat wisata kuliner yang terkenal dengan olahannya makanan laut. Sebenarnya kawasan ini bukanlah objek wisata. Tapi hanya lapangan dengan pedagang kaki lima. Di mana sebagian besar pedagang ini menjual suvenir, makanan tradisional, dan makhluk laut.

Bentuk lapangannya hanya berupa bundaran kecil dengan tanah rerumputan di bagian bawahnya. Biasanya tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong, wisata kuliner dan spot foto. Di sore hari, pengunjung bisa menikmati keindahannya matahari terbenam dari sekitar tempat itu. Kemudian pada malam hari pemandangan gemerlap cahaya bintang akan menghiasi langit alun-alun.

Biaya masuk ke Alun-alun Karimunjawa

Atraksi di Alun-alun Karimunjawa dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara secara gratis. Siapa pun dapat masuk dan keluar negara dengan bebas tanpa membayar biaya apa pun.

Biaya masuk ke Alun-alun Karimunjawa
tiket masuk Gratis

Baca: Tiket & Atraksi BUKIT LOVE

Jam buka Alun-alun Karimunjawa

Area alun-alun selalu buka setiap hari. Baik di hari kerja, akhir pekan, bahkan hari libur. Alun-alun ini biasanya akan ramai pada sore hingga malam hari

jam buka
Setiap hari 18.00 – 23.00

Atraksi di Alun-alun Karimunjawa

Wisata Alun-Alun Karimunjawa memang tidak seluas Alun-alun Jepara. Namun, kawasan ini memiliki hal menarik yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya. Misalnya dapur malam, pasar seafood dan tempat-tempat yang menjual barang-barang khas Karimunjawa. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat keindahan bintang yang berkelap-kelip di malam hari.

pasar Ikan

Kios penjual ikan di Karimunjawa Square Seafood Market.Pasar Ikan Alun-Alun Karimunjawa menjual berbagai jenis ikan seperti ikan kerapu, bawal tie-dye, ikan teri, ikan kuning dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Thalia Soetantyo

Daya tarik utama Alun-alun Karimunjawa sudah pasti pasarnya makanan laut. Pasar ini hanya berlangsung pada pukul 6 sore atau setelah matahari terbenam. Lokasinya tepat berada di sisi utara alun-alun. Saat itu suasana sudah ramai dengan aktivitas jual beli.

Di sini banyak pedagang yang menjual ikan segar dan hasil laut. Untuk jenis ikan ada ikan teri, pari, bawal batik, baronang, kerapu, kakatua dan kuning. Sedangkan biota laut ada kerang, cumi, lobster dan udang. Semuanya ditawarkan dengan harga yang sangat wajar.

Biasanya pedagang menjual ikan dan cumi seharga Rp30.000. Untuk lobster besar rata-rata harganya Rp 190.000. Pembeli tidak perlu khawatir tentang kualitas. Karena semua ikan adalah hasil perairan karimunjawa.

Baca: 7 Tempat Wisata TAMAN NASIONAL JAWA KARIMUN

Wisata kuliner

Gerobak PKL di Alun-alun Karimunjawa.Kawasan wisata kuliner malam terbaik di pulau karimunjawa yang menjual berbagai makanan khas nusantara. Foto: Googlemap/Sahrul Ahmed

Alun-alun Karimunjawa tidak hanya terkenal menjual ikan dan biota laut. Kawasan ini juga menawarkan wisata kuliner yang lezat. Lokasinya berada di sisi timur alun-alun dimana Anda bisa melihat beberapa gerobak penjual. Suasana seperti ini hanya terjadi pada malam hari.

Sebagian besar menu yang ditawarkan merupakan makanan khas Indonesia. Misalnya nasi goreng, siomay, mie ayam, bakso dan babat gongso. Dari semua kuliner tersebut, Pindang Serani khas Jepara lah yang paling banyak menyita perhatian. Sejenis sop ikan laut dengan campuran rasa pedas, manis dan asam.

Untuk harga sangat terjangkau dan ramah kantong. Estimasi harga berkisar antara Rp5.000 hingga Rp50.000. Tergantung seberapa besar porsi makanan yang dipesan. Tempat duduk berupa tikar dan meja tersedia di sekitar area.

Tempat menjual souvenir

Stan pengecer pakaian di Alun-alun Karimunjawa.Banyak sekali penjual oleh-oleh seperti baju, tas, topi, celana panjang, permadani dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Foto: Googlemap/Thalia Soetantyo

Selama berada di Alun-alun Karimunjawa, belum lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh. Beruntung, di sekitar alun-alun terdapat beberapa pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Karimunjawa. Lokasinya tepat berada di sisi barat alun-alun. Jam bukanya hampir sama dengan pasar ikan yang berlangsung pada pukul 18.00 WIB.

Suvenir yang ditawarkan sangat bervariasi dan mencerminkan kearifan lokal. Sebagian besar barang-barang ini adalah hasil karya orang-orang di sekitar tempat itu. Termasuk kaos, gelang, topi, ukiran kayu, tas, celana dan gantungan kunci. Namun yang menjadi favorit pengunjung adalah kaos bertuliskan Karimunjawa.

Vendor biasanya menjual souvenir dengan harga murah. T-shirt, misalnya, harganya antara Rp100.000 hingga Rp150.000. Sedangkan untuk toko penggemar Harga mulai dari Rp 10.000. Jika dirasa mahal, pengunjung bisa bernegosiasi dengan penjual.

Nikmati suasana malam di alun-alun

Selain menikmati kuliner seafood, pengunjung juga bisa bersantai di sekitar alun-alun. Nikmati suasana malam yang dihiasi bintang-bintang yang berkelap-kelip. Keindahannya semakin dipertajam dengan cahaya bulan yang sangat terang. Suasana gelap gulita tampak muram.

Sepanjang malam alun-alun akan disibukkan dengan kemeriahan. Di mana beberapa orang senang mengobrol dengan keluarga dan teman mereka. Ada orang lain yang hanya duduk dan bersantai sambil makan malam. Beberapa pengunjung juga terlihat berswafoto dengan latar langit malam yang indah.

perabot

Alun-alun Karimunjawa memiliki berbagai fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari resto, toilet, tempat parkir dan tempat jual souvenir. Salah satunya adalah Toko Dewandaru yang terletak tak jauh dari alun-alun. Beberapa pedagang kaki lima juga menawarkan pengunjung tempat duduk bersila untuk menikmati makanan.

Lokasi Alun-alun Karimunjawa

Tempat ini terletak di Jalan Pemuda No. 3 Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button