Pantai Kelingking Nusa Penida, wisata bahari terindah yang diakui dunia - WisataHits
wisatahits

Pantai Kelingking Nusa Penida, wisata bahari terindah yang diakui dunia

Pantai Pinkie salah satu surga tersembunyi yang ikonik Nusa Penida, Bali. Pantai dengan pemandangan bukit membentang ke arah laut seperti kelingking dan memiliki pesona alam yang tiada duanya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bunga Bunga, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pantai Kelingking Nusa Penida selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Klungkung memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Tak heran jika wisatawan memasukkan objek wisata ini di daftar keinginan liburan mereka. Kunjungan wisatawan tersibuk adalah ketika akhir pekan serta musim liburan.

Pantai populer ini diakui dunia sebagai pantai terindah di Asia versi CNN Travel dan menempati urutan ke-9. Pulau Nusa Penida merupakan kawasan konservasi perairan yang dikenal dengan Segitiga Karang Global dari WWF. Saat berkunjung ke sini, wisatawan juga bisa mengunjungi deretan pantai cantik lainnya.

Karena merupakan surga tersembunyi, pantai Kelingking dihadirkan sebagai salah satu Titik rahasia pantaisuara Bali. Nuansa alam di sini masih sangat alami dengan pantai pasir putihnya yang bersih dan menawan. Lokasi pantai ini berada di kaki bukit, sehingga akan membuat Anda takjub dengan keindahan dan keunikannya yang menonjol dari pantai-pantai lainnya.

Atraksi Pantai Kelingking

Aktivitas Pantai KelingkingKredit gambar: Google Maps Franky Wiputra (Franky)

Pantai ini didominasi oleh tebing curam berbentuk karang. Karena mengingat kontur tanah kapur dan kondisi geografis, pada musim hujan ruang alam di sekitar pantai ini tampak lebih hijau dan indah daripada saat musim kemarau yang menjanjikan akan kering.

1. Dikenal sebagai Pantai Titik Rahasia

Judul ini sangat cocok untuk lagu ini. Itu tersembunyi di kaki bukit. Pemandangan tebing dan bukit yang menjorok ke laut serta dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan dengan pesona birunya laut akan Anda jumpai saat berkunjung ke sini. Pantai ini dikelilingi deretan tebing curam dengan pasir putih yang masih asri dan alami seperti dulu.

Jika ingin menikmati pasir putih Pantai Kelingking, wisatawan harus berjalan menuruni bukit terlebih dahulu. Konon dulu, ketika belum ada jalur pejalan kaki, tidak ada satu pun turis atau masyarakat lokal yang berani turun ke pantai. Oleh karena itu, tempat wisata ini seolah menjadi tempat rahasia yang tidak pernah dijamah oleh siapapun.

2. Memiliki tebing yang mirip Tyrannosaurus Rex (T-rex)

Salah satu daya tarik pantai ini adalah tebing setinggi 150 meter yang berbentuk seperti dinosaurus Tyrannosaurus rex. Banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini karena keunikan bentuk tebing yang menyerupai hewan purba ini. Banyak foto tempat ini bertebaran di jejaring sosial dengan sudut yang asik karena para turis penasaran.

3. Area pantai yang bentuknya seperti kelingking

Nama pantai ini sangat unik. Disebut “jari kelingking” karena pintu masuk ke pantai ini berada di atas tebing dengan bukit yang bentuknya memanjang dan menjorok ke laut sehingga terlihat seperti jari kelingking manusia. Selain bentuk tebingnya yang mirip hewan dinosaurus, pantai yang bentuknya seperti kelingking ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Alamat dan Arah Menuju Lokasi Pantai Kelingking

Alamat Pantai KelingkingKredit gambar: Google Maps Jeff Middleton

Lokasi pantai ini berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Lokasi pantai ini berada di sisi barat daya pulau Nusa Penida. Masyarakat sekitar lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Karang Dawa atau Pantai Paluang.

Karena objek wisata ini terletak di tengah laut, Anda harus menyeberangi Pelabuhan Buyuk Nusa Penida terlebih dahulu melalui jalur laut. Anda bisa memulai perjalanan dari Dermaga Pantai Sanur atau Pelabuhan Padang Bai di Bali Timur.

Jika Anda berangkat dari Dermaga Pantai Sanur, Anda bisa naik perahu tradisional menuju Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida, menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Kemudian dari pelabuhan Buyuk Nusa Penida menuju lokasi berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Jika anda berangkat dari Pelabuhan Padang Bai, anda dapat menyeberangi Pelabuhan Buyuk Nusa Penida dengan menggunakan kapal ferry atau speedboat dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Dari pelabuhan Buyuk Nusa Penida menuju lokasi pantai Kelingking akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Setelah sampai di pelabuhan Buyuk di Nusa Penida terdapat tempat persewaan atau jasa persewaan motor dan mobil beserta supirnya. Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil untuk sampai ke sana. Akses jalan menuju lokasi masih tergolong baru. Anda tidak perlu khawatir rute mana yang akan Anda ambil karena aksesnya cukup bagus.

Biaya Perjalanan ke Pantai Kelingking Nusa Penida

Biaya Pantai PinkieKredit gambar: Google Maps Claude-Alain Haerri

Anda bisa menikmati pesona wisata bahari terindah ini setiap saat karena objek wisata ini buka untuk umum 24 jam sehari. Wisatawan yang ingin berlibur di pantai ini sebaiknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan asing. Ada biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Di kawasan Nusa Penida banyak terdapat jasa rental atau persewaan kendaraan dengan tarif sewa rata-rata Rp 70.000 per 24 jam tanpa bahan bakar untuk sepeda motor dan rata-rata Rp 600.000 per hari untuk biaya sewa mobil termasuk bahan bakar dan sekaligus waktu pengemudi.

Untuk biaya penyeberangan, jika Anda melewati Dermaga Pantai Sanur menggunakan kapal tradisional Roro Nusa Jaya Abadi, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 30.000 per orang. Penyeberangan menggunakan jasa penyeberangan ini dapat mengangkut sepeda motor dengan tarif Rp 30.000 dan untuk mobil Rp 250.000. Waktu keberangkatan adalah pukul 08:30 dan 17:30 WITA.

Jika Anda melewati pelabuhan Padang Bai dengan feri atau speedboat, anggaran yang direncanakan adalah Rp 40.000 per orang untuk feri dan Rp 45.000 per orang untuk speedboat. Perlu diingat penyeberangan yang menggunakan jasa penyeberangan ini tidak boleh membawa sepeda motor atau mobil. Waktu keberangkatan sekitar pukul 08:15 WITA.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kelingking

Aktivitas Pantai KelingkingKredit gambar: Google Maps Rizki Andita Noviar

1. Trekking ke pantai

Anda yang ingin menikmati pemandangan pasir putih pantai harus melalui trek yang sangat sulit. Tebing yang harus Anda lewati sangat curam dan hanya ada jalan licin dengan pagar pembatas berupa ranting pohon kayu dan bambu seadanya. Jika Anda penasaran, siapkan tubuh Anda untuk menguji adrenalin dengan berjalan kaki ke pantai.

2. Lihat pemandangan dan ambil foto dari atas tebing

Ada sebuah tempat di atas tebing bernama Cap de T-rex yang merupakan tempat paling keren untuk bisa leluasa melihat pemandangan deretan Pantai Kelingking dari atas tebing. Dari tempat ini Anda juga bisa melihat tebing yang jelas terlihat seperti T-rex dan berfoto dengannya. sudut lebih baik. Anda harus berhati-hati saat berjalan di tebing Cap de T-rex ini agar tidak jatuh.

3. Ambil foto di Spot pohon cinta

Ada juga tempat yang disebut pohon cinta atau pohon cinta yang biasa digunakan oleh pasangan dalam pemotretan prewedding. Pohon cinta ini hanya tersisa batang dan rantingnya saja karena pohon tersebut sudah rapuh dan rusak pada Mei 2018. Meski begitu, pohon cinta ini tetap populer sebagai objek foto para wisatawan.

4. Berfoto di Pinkie and Pinkie Swing Love Spot

Selain spot Pohon Cinta, ada spot foto Love Kelingking dan Ayunan Kelingking. The Pink Love Spot adalah spot foto berbentuk besi yang menyerupai bentuk love dengan bunga yang diikatkan di sekelilingnya. The Pinkie Swing Spot adalah spot foto berbentuk ayunan yang digantung di pohon.

5. Berfoto di Pinkie Spot Bangkai Kapal Titanic

Spot foto ini tidak kalah menarik dari spot lainnya. Lokasi spot ini berada di pintu masuk pantai. Untuk menuju lokasi spot foto ini, dari loket jalan lurus aja, jangan belok kanan. Lampu sorot ini terbuat dari bambu yang dibuat sedemikian rupa sehingga berbentuk kapal titanic.

6. Menyelam ditemani puluhan pari manta

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini selain menikmati pemandangan dan berfoto adalah snorkeling bersama puluhan ikan pari manta. Menyelam di pantai ini memiliki nuansa bawah laut yang berbeda dengan pantai lainnya, dimana di pantai lainnya hanya terdapat pemandangan terumbu karang dengan berbagai jenis hewan laut, anda juga akan ditemani oleh ikan pari manta.

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai Kelingking

Akomodasi di Pantai KelingkingKredit gambar: Google Maps Steve Mavin

1. Pondok Mega

Hostel ini terletak di Jl. Jungutbatu. Dengan harga sewa kamar per malam mulai Rp 560.000, Anda sudah bisa menginap di hostel ini dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain akses internet, pijat, layanan kamar, layanan parkir dan sebagainya. Ada juga fasilitas olahraga seperti menyelamikan dan bermain kano.

2. Resor Pantai Linda

Lokasinya masih sama yaitu di Jl. Jungutbatu. Kamu hanya perlu menyiapkan budget minimal Rp 450.000 untuk bisa menginap di sini. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, seperti restoran, akses internet, kolam renang, tempat parkir mobil, dll. Hostel ini juga ramah penyandang disabilitas bagi wisatawan yang menggunakan kursi roda.

3. Nitya Homestay

Berlokasi di Jl Jungutbatu, homestay ini mematok harga sewa kamar per malam mulai Rp 300.000. Dengan biaya yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu ragu dengan fasilitas yang ditawarkan. Homestay ini menawarkan beberapa tipe kamar dan memiliki fasilitas seperti kolam renang, bar, restoran, taman bermain anak, dll.

Fasilitas yang tersedia di Kelingking Beach Nusa Penida

Fasilitas Pantai KelingkingKredit gambar: Google Maps Blauer Helper

Karena merupakan wisata bahari terindah di Nusa Penida Bali yang diakui dunia, pengelola wisata ini telah menyiapkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas berupa toilet, kamar mandi, warung makan, beberapa spot foto, persewaan alat snorkel bahkan berbagai hostel yang bisa Anda gunakan saat berkunjung ke pantai ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan dengan suasana yang berbeda dari yang lain, Anda bisa mencoba mengunjungi objek wisata Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali. Keunikan yang Anda miliki dan pemandangan yang tak tertandingi ada di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button