Indonesia Siap Gelar ASEAN Tourism Forum Series 2023 di Yogyakarta, Ada Apa? - WisataHits
wisatahits

Indonesia Siap Gelar ASEAN Tourism Forum Series 2023 di Yogyakarta, Ada Apa?

Indonesia Siap Gelar ASEAN Tourism Forum Series 2023 di Yogyakarta, Ada Apa?

Piknikdong.com – Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapat kehormatan menjadi tuan rumah “ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023” yang akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai 2 hingga 5 Februari 2023.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (30/1/2023), mengatakan ATF merupakan event pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin digelar setiap tahun.

Candi Prambanan Yogyakarta, Gambar oleh Laurentiu dari Pixabay Candi Prambanan Yogyakarta, Gambar oleh Laurentiu dari Pixabay

Kehadiran ATF 2023 akan menjadi ruang kerjasama antar negara anggota ASEAN untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai destinasi wisata.

“Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ATF 2023 karena Yogyakarta merupakan salah satu destinasi super prioritas dengan infrastruktur MICE yang paling siap untuk menggelar acara pertemuan internasional tingkat menteri”,

ujar Menparekraf Sandiaga.

ATF 2023 akan memiliki serangkaian agenda.

Diawali dengan pertemuan delegasi negara setingkat menteri dan NTO (National Tourism Organization), serta Travel Exchange (TRAVEX) yang merupakan forum bisnis perusahaan pariwisata antar negara ASEAN.

Juga akan ada kegiatan tambahan seperti Sarapan Menteri yang diselenggarakan oleh US-ABC, Makan Siang Bisnis Menteri yang diselenggarakan oleh CNN, Lao Night sebagai acara delegasi kepemimpinan berikutnya di Laos, Post Tour -Meeting untuk delegasi VIP, Upacara Penghargaan ASEAN, di Global Modest Fashion Pekan.

Peserta pertemuan delegasi ATF tidak hanya negara-negara ASEAN. Namun juga beberapa negara mitra seperti ASEAN Plus Three (Jepang, Korea, China), India, Rusia dan beberapa organisasi internasional lainnya seperti UNWTO, PATA, WTTC, ASEANTA dan US-ABC.

Tema ATF kali ini adalah “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

Tema ini merupakan harapan utama sektor pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata utama regional dan internasional.

Selain memperkuat posisi ASEAN sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Penyelenggaraan ATF 2023 juga menandai kali kedua Yogyakarta menjadi tuan rumah ATF setelah diselenggarakan pada tahun 2002.

“Keberhasilan ATF akan menjadi kunci pengembangan pariwisata di negara-negara ASEAN ke depan.

Dan itu menjadi dorongan strategis bagi Indonesia untuk dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara sehingga dapat mencapai target 7,4 juta kunjungan pada tahun 2023,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button