Air terjun Batu Tilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kampar - WisataHits
wisatahits

Air terjun Batu Tilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kampar

Air terjun Batu Tilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kampar
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lubuk Bigau, Kec. Kampar kiri atas, Kab. Kampar, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak sekali tempat wisata di daerah Kampar seperti taman pertanian, puncak, hutan pinus, air terjun, dll. Namun yang menarik untuk dibahas karena panorama alamnya yang eksotik, indah dan menantang adalah Air Terjun Batu Tilam. Tempat ini masih sangat alami, tidak ada polusi udara dan air yang tercemar sehingga kelestarian alamnya tetap terjaga.

Sama halnya dengan air terjun, keindahan utamanya berasal dari air yang jatuh dari atas tebing. Setiap tempat wisata seperti ini memiliki ciri khas tersendiri. Ada yang berbentuk lereng yang mengalir melalui bebatuan, ada juga yang jatuh lurus ke bawah membentuk sudut 90 derajat. Curug yang kita bicarakan kali ini adalah yang memiliki sudut kemiringan 90 derajat.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut akan memiliki kenangan dan kesan tersendiri, karena berbagai atraksi yang ada di sana membuat liburan tidak sia-sia. Selain itu, on-site trip dan berbagai aktivitas menarik yang dilakukan dapat memberikan kesan yang mendalam dan tidak mudah untuk dilupakan. Berikut beberapa item Air Terjun Batu Tilam sebagai referensi untuk Anda!

Objek wisata air terjun Batu Tilam

Objek wisata air terjun Batu TilamFoto Vico j_ di Instagram

Itu selalu menjadi setting utama tempat wisata, yang memiliki berbagai hal menarik di tempat ini. Pasalnya, hal mendasar yang mendorong wisatawan untuk berkunjung adalah adanya berbagai hal yang membuat mereka penasaran. Berikut beberapa objek wisata Air Terjun Batu Tilam untuk mengobati rasa penasaran dan menambah kepercayaan diri wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut!

✦ Pemandangan alam Air Terjun Batu Tilam

Saat mata lelah sering melihat gedung-gedung yang menjulang tinggi, saat telinga selalu mendengarkan suara bising kendaraan dan berbagai aktivitas monoton lainnya, saat itulah Anda perlu menyegarkan diri. Salah satu cara mencari kesegaran adalah dengan melihat pemandangan alam yang indah, melihat dan mendengar suara air terjun yang jatuh dari ketinggian.

Air Terjun Batu Tilam merupakan tempat dengan destinasi alam yang indah dan tidak mudah untuk dilupakan. Dalam perjalanan menuju lokasi, keindahan mulai terlihat, pepohonan hijau menghiasi bukit dengan langit biru nan tentram. Udaranya segar dan segar, ditemani suara air terjun yang memanjakan telinga. Suasana seperti itu adalah cara untuk menghadapi rutinitas yang monoton.

✦ Memiliki banyak level

Pada umumnya air terjun alami biasanya hanya memiliki satu atau beberapa tempat saja, namun air terjun ini memiliki puluhan tingkatan yang berdekatan dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran lebih dari sepuluh meter hingga lebih dari seratus meter. Dari berbagai ukuran tersebut, sumber airnya hanya berasal dari satu tempat yaitu pegunungan, sehingga air di sana selalu alami, bersih dan jernih serta menyegarkan.

✦ Tebing yang menakjubkan dan eksotis

Air Terjun Batu Tilam sungguh luar biasa, keindahannya hampir tidak bisa diungkapkan dengan rangkaian kata-kata. Air terjun ini memiliki tebing-tebing eksotis yang indah, bahkan keindahannya memukau wisatawan dan selalu mengambil foto untuk diabadikan. Kontur tebing yang tidak rata justru menambah daya tarik bagi wisatawan.

Tempat ini semakin menarik karena di beberapa tempat, seperti di mulut goa, telah dibangun gardu pandang dan jembatan kayu yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Dengan demikian, wisatawan bisa lebih aman dan nyaman saat melihat keindahan air terjun melalui mulut goa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Batu TilamFoto oleh Susilo Atmaji di Google Maps

Lokasi objek wisata ini berada di provinsi Riau namun berbatasan dengan kota Payakumbuh di provinsi Sumatera Barat. Jika ingin berkunjung, alamat lengkapnya berada di Desa Kebun Tinggi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Tempat wisata alam ini dapat dicapai dari dua arah, tergantung dari arah mana Anda berasal.

Dari Pekanbaru ke Kabupaten Kampar memakan waktu sekitar 90 menit dan perjalanan relatif lancar karena semua jalan sudah diaspal. Setelah dari Kabupaten Kampar menuju desa Kebun Tinggi, perjalanan memakan waktu sekitar empat jam. Pasalnya, jalan yang dilalui sebagian besar belum beraspal, masih berupa tanah dan banyak bebatuan serta berbagai lubang.

Cara lain menuju air terjun Batu Tilam adalah dari kota Payakumbuh di Sumatera Barat yang mengarah ke desa Kebun Tinggi. Rute ini relatif singkat, hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan, sedangkan jalan beraspal. Terlepas dari rute yang diambil, tempat wisata ini dapat diakses di peta Google. Bagi wisatawan yang masih belum tahu kapan harus berwisata, silakan gunakan aplikasinya.

Harga tiket masuk dan jam buka

Meski jalannya berkelok-kelok dan penuh tantangan, di tempat itu tiket masuknya tidak mahal. Tarif masuk untuk wisatawan lokal hanya Rp 5.000 per orang. Berbeda dengan wisatawan mancanegara, harga tiket masuknya Rp 15.000 per orang.

Selain biaya masuk, ada biaya parkir lain untuk sepeda motor yaitu Rp 3.000. Namun untuk parkir dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Area parkir cukup luas, keamanan dan kenyamanan kendaraan terjamin, karena agen memantau lokasi parkir.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Air Terjun Batu TilamFoto oleh Sanak_adventure2022 di Instagram

Di lokasi Air Terjun Batu Tilam, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Tempat wisata ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat menyegarkan kembali kondisi fisik dan psikis Anda. Berikut beberapa aktivitas menarik di tempat wisata alam tersebut!

1. Berenang di kolam air terjun

Jarak yang cukup jauh membuat kondisi sesak, lemas dan tidak bergairah. Namun saat mata melihat kolam air terjun, berenang adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Karena angin bertiup dari tebing dengan percikan air, udara sejuk segar. Selain itu, mendarat di air yang bersih dan jernih dari ketinggian membuat badan tidak tahan untuk berenang.

2. Berkemah menyenangkan

Air Terjun Batu Tilam juga sangat cocok dan menarik untuk berkemah. Memang ketersediaan tempat perkemahan untuk mendirikan tenda masih sangat luas. Selain itu, suasana alam yang khusyuk dan khidmat sangat terasa di sini. Ada suara teriakan manja owa atau monyet berlengan panjang dan suara berbagai burung bergema dengan sangat baik.

3. Abadikan momen dengan berfoto selfie

Begitu banyak atraksi, ditambah lagi dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Tentu sayang sekali jika semua ini berlalu tanpa ada dokumentasi. Berfoto di bawah air terjun yang indah dengan gemercik air dan latar belakang tebing yang tinggi serta pepohonan yang menjulang tinggi menjadikan pemandangan tersebut sangat memukau dan wajib didokumentasikan.

4. Piknik keluarga

Jika Anda belum cukup piknik, saat keluarga ingin mencari tempat liburan, Air Terjun Batu Tilam adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Memang, pemandangan alam yang indah serta tebing-tebing tinggi yang megah dan eksotis dapat berkontribusi pada keharmonisan hubungan dengan keluarga.

Selain itu, udara yang bersih tanpa polusi dan suasana yang sejuk juga membuat suasana semakin akrab. Persiapkan perlengkapan piknik agar tidak ada yang tertinggal atau ketinggalan tempat. Tempat ini jauh dari pemukiman penduduk, jadi bisa dipastikan Anda tidak ingin bepergian jauh hanya untuk mengimbangi kekurangan peralatan.

5. Jelajahi Air Terjun Batu Tilam

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah eksplorasi. Selain memiliki keindahan air terjun dan alam sekitarnya, jalur berliku dan sulit ini sangat menarik untuk dijelajahi. Ditambah dengan berbagai celotehan hewan yang saling bersahutan menambah keseruan dan keseruan menjelajah Air Terjun Batu Tilam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun Batu TilamFoto Vico j_ di Instagram

Berbagai hal menarik yang ada di tempat wisata, jika tidak dilengkapi dengan fasilitas pendukung, tempat tersebut dapat mengurangi minat wisatawan yang akan mengunjunginya. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas demi keamanan dan kenyamanan wisatawan. Beberapa fasilitas antara lain gazebo, tempat ini dibangun dari kayu solid di sekitar air terjun tepat di depan mulut goa.

Fasilitas selanjutnya adalah tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Agar kelestarian dan kebersihan alam tetap terjaga, sebaiknya wisatawan membuang sampah pada tempatnya. Ada juga toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin buang air.

Tempat parkir mobil dengan kapasitas kurang lebih 30 kendaraan juga tersedia di sana. Apalagi ada juga tempat sholat bagi wisatawan yang ingin beribadah. Saat perut lapar akibat terlalu banyak beraktivitas dan stok makanan habis, tempat ini juga menawarkan warung makan dengan berbagai menu pokok.

Menghabiskan liburan di Air Terjun Kampar yang indah memang menyenangkan dan menarik. Pasalnya, ada beberapa atraksi yang diberikan. Apalagi harga tiket masuknya murah dan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Apalagi jika perjalanan ke tempat ini memberikan kesan tersendiri dan tidak mudah hilang dalam ingatan, karena perjalanan yang Anda lalui seperti sebuah petualangan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button