Air terjun Tegenungan terindah di Gianyar - WisataHits
wisatahits

Air terjun Tegenungan terindah di Gianyar

Harga tiket masuk Air Terjun Tegenungan: Rp 20.000. Jam buka: 06:30-18:30 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali, Indonesia, 80581.

Wisata bahari di Bali tidak selalu harus terbatas pada pantai atau danau saja. Air terjun bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Bali. Salah satu hal yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tegenungan atau Air Terjun Tegenungan di Gianyar.

Air terjun ini memiliki keindahan yang begitu menawan. Baik pengunjung domestik maupun mancanegara sangat tertarik untuk mengeksplorasi pesona air terjun ini lebih dalam. Apalagi tiket masuk yang berlaku sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Gianyar

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tiket masuknya cukup murah, apalagi harga tiket masuk sudah termasuk biaya parkir. Sehingga pengunjung tidak lagi harus membayar biaya parkir.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo Gianyar dan Ragam Keunikannya

Jam Buka Air Terjun Tegenungan

Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Tidak ada waktu khusus untuk mengunjungi objek wisata ini. Karena tempatnya sejuk dan rindang, jadi datang kapan saja tidak masalah. Yang terpenting, datanglah saat cuaca cerah karena air terjun terlihat lebih jernih.

Jam Buka Air Terjun Tegenungan
Setiap hari 06.30 – 18.30 WIB

Benamkan diri Anda dalam pesona Air Terjun Gianyar Tegenungan

Derasnya air terjun TegenunganDerasnya air terjun Tegenungan. Foto: Sutra Gmap/Gwithyen

Terletak 33 kilometer dari bandara I Gusti Ngurah Rai, tersembunyi sebuah air terjun yang indah. Air Terjun Tegenungan, air terjun yang tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Air terjun ini merupakan aliran dari Tukad Petanu yang mengalir langsung menembus batu karang. Dengan ketinggian 15 meter, pengunjung akan melihat betapa megahnya air terjun ini dari bawah.

Jika air mengalir deras, maka akan menabrak bebatuan di sekitarnya yang menyebabkannya mengalir seperti anak tangga. Di bagian atas air terjun terdapat sungai berbatu dan dinding air terjun juga terbuat dari batu karang. Pengunjung juga bisa duduk di bebatuan, yang terpenting cari tempat yang tidak licin. Di bawah air terjun terdapat kolam air jernih dengan dasar bebatuan.

Baca: Teras Sawah Tegallalang Sawah hijau yang fantastis

Berada di kawasan air terjun sangat sejuk karena diselimuti pepohonan rindang. Dari semak-semak, pohon bercabang, tanpa melupakan pohon kelapa yang memeriahkan suasana. Perpaduan air terjun yang hijau dan jernih menjadi pemandangan yang sempurna.

Berenang di kolam air terjun Tegenungan

Berenang di kolam air terjun TegenunganBerenang di kolam air terjun Tegenungan. Foto: Gmap/Thomas Hut

Di bawah air terjun terdapat cekungan yang airnya langsung berasal dari air terjun. Tentu saja airnya begitu sejuk dan jernih. Bahkan, pengunjung bisa melihat dasar kolam seperti bebatuan karena sangat jernih.

Pengunjung bisa berenang di bawah air terjun, karena kolamnya tidak terlalu dalam. Jika ingin mendekati air terjun, berhati-hatilah. Karena terkadang alirannya bisa sangat deras. Bagusnya, berenang jangan terlalu dekat dengan air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Keramas

Waktu yang baik untuk mandi adalah saat cuaca cerah, seperti saat musim kemarau. Karena pada saat itu airnya jernih. Saat musim hujan, airnya lebih keruh dan kotor.

Spot Foto Instagrammable

Spot foto dengan background air terjunWisatawan memiliki spot foto bagi mereka yang ingin berfoto dengan latar belakang air terjun dan pemandangan sekitarnya. Foto: Google Maps/Desmond Soo

Daya tarik Air Terjun Tegenungan bukan hanya air terjunnya saja. Di sekitar air terjun terdapat spot-spot instagramable yang bisa dijadikan objek foto. Pengelola sengaja membuat spot-spot menarik agar daya tariknya tidak hanya di air terjun.

Terdapat dahan-dahan yang disusun membentuk sarang burung besar, dengan hiasan kepala burung. Ada juga ranting berbentuk hati. Pengunjung bisa berfoto dengan bingkai ranting hati ini.

Baca: Dtukad River Club Cool Riverside Resto

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga. Tak perlu khawatir karena kondisi tangga sangat bagus dan sudah aman. Sebelum mencapai air terjun, terdapat tempat seperti balkon yang menjorok ke air terjun. Pengunjung bisa berfoto di sini, dengan latar air terjun.

Menunggu matahari pagi muncul di balik air terjun

Meski di sini Anda tidak bisa menyaksikan matahari terbit seperti di pantai. Pengunjung masih bisa menyaksikan matahari yang menjulang di balik air terjun. Muncul dan menerangi area air terjun.

Cahaya itu mencoba menembus pepohonan di balik air terjun. Yang membuatnya semakin cantik.

Baca: 10 Tempat Wisata di Gianyar Sayang Kalau Tak Disaksikan

Rasakan sensasi berayun di tepi tebing buatan manusia

Ayunan di depan Air Terjun TegenunganBerayun melewati Air Terjun Tegenungan. Foto: Gmap/Ingrid Fojtikova

Selain spot foto yang menarik, ada juga ayunan di pinggir tebing buatan. Ayunan ini tidak terlalu tinggi, namun cukup kencang saat mengayun di atasnya. Pasalnya, lokasi ayunan berada di atas tebing batu buatan.

Namun, pengunjung akan merasakan keseruan saat mencoba ayunan di atasnya. Pengunjung bisa berfoto di ayunan dengan background air terjun. Atau berayun di depan air terjun.

Harus berhati-hati karena pengunjung tidak dilengkapi dengan tali pengaman. Namun jangan khawatir, karena ayunan terbuat dari tiang dan tali yang kokoh.

Fasilitas di Air Terjun Tegenungan Gianyar

Obyek wisata ini memiliki fasilitas umum seperti toilet dan tempat pembilasan. Di pintu masuk yang juga merupakan pintu keluar berdiri deretan toko yang menjual oleh-oleh khas Bali. Mulai dari kain Bali, kaos, hingga aksesoris yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Lokasi Air Terjun Tegenungan, Gianyar

Obyek wisata ini terletak di Jalan Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Akses menuju lokasi sangat mudah, bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button