Banyak destinasi di Prambanan, piknik sehari penuh dengan jaminan kepuasan - WisataHits
Yogyakarta

Banyak destinasi di Prambanan, piknik sehari penuh dengan jaminan kepuasan

Banyak destinasi di Prambanan, piknik sehari penuh dengan jaminan kepuasan

Harianjogja.com, SLEMAN—Prambanan sebagai salah satu pangsit di Kabupaten Sleman memiliki beragam objek wisata yang menarik pengunjung. Mulai dari candi, wisata panorama hingga wisata religi tersedia di sini.

Jika ingin berwisata dalam sehari Prambanan sepertinya bisa menjadi pilihan karena letaknya yang tidak jauh antara satu destinasi dengan destinasi lainnya.

Berikut daftar wisata di Prambanan yang bisa Anda kunjungi dalam satu hari:

Baca Juga: Pria Ini Hilang 25 Tahun Karena Takut Disunat, Ternyata Tinggal di Pasar Kepek Bantul

1. Candi Prambanan

Obyek wisata ini begitu populer di mata bangsa-bangsa dunia sehingga banyak wisatawan mancanegara yang hilir mudik menikmati keagungan candi Hindu ini. Lokasinya adalah Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi, menurut Wikipedia. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pelindung dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

2. Candi Ratu Boko

Bergeser sekitar 3 kilometer ke arah selatan adalah Candi Ratu Boko yang tak kalah eksotisnya dengan Candi Prambanan.

Pura ini disebut juga Istana Raja Baka yang terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan #2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan. Pura ini memiliki suasana romantis di malam hari.

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan taman wisata alam berupa bukit bebatuan Breksi. Tebing breksi dengan ukiran yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer dari Candi Ratu Boko.

4. Candi Ijo

Mirip dengan Candi Prambanan, Candi Ijo juga bercorak Hindu. Lokasinya di Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman atau 4 kilometer tenggara Candi Ratu Boko. Diperkirakan candi ini dibangun antara abad ke 10 dan 11 Masehi pada masa Kerajaan Medang pada masa Mataram.

Letaknya yang berada di perbukitan membuat wisatawan bisa menikmati Jogja dari ketinggian. Di sini wisatawan juga bisa menyaksikan lalu lintas pesawat yang landing dan take off di Bandara Adisutjipto. Sunset dari Candi Ijo juga terkenal indah, sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di sana hingga sore hari.

5. Rumah kubah

Kampung Wisata Rumah Domes terletak di Sengir RT.06/RW.25, Sengir, Sumberharjo, Prambanan. Tempat wisata ini unik karena terdiri dari rumah-rumah berbentuk kubah atau setengah bola. Setiap rumah memiliki lapisan cat yang berbeda sehingga terlihat berwarna jika dilihat dari atas.

Tak hanya menjadi destinasi wisata, rumah-rumah berkubah ini dihuni warga yang menjadi korban gempa Bantul 2006 silam. Rumah didesain berbentuk kubah karena dinilai lebih tahan guncangan.

6. Bukit Teletubies

Tak jauh dari Domes House dan sedikit menanjak ke arah perbukitan merupakan destinasi wisata Bukit Teletubies. Meski sudah berada di tempat yang tinggi, view point di tempat ini membuat wisatawan lebih leluasa menikmati pemandangan alam dari atas bukit.

7. Gua Maria Sendang Sriningsih

Bagi wisatawan yang beragama Katolik dan ingin berziarah ke Goa Maria, Prambanan memiliki destinasi wisata religi yaitu Goa Maria Sendang Sriningsih. Lokasinya di Jali, Gayamharjo, Prambanan. Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat meski berada di perbukitan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button