Luruskan semua jalan di Sumedang - WisataHits
Jawa Barat

Luruskan semua jalan di Sumedang

Pengarang: Pupuh S Wijaya | Penerbit: Vera Suciati

Keluhan dan laporan jalan rusak masih membanjiri kolom komentar di akun Instagram @donyahmad.munir Bupati Sumedang Dony Ajmad Munir. Bupati dengan sabar menjawab hampir semua komentar usulan perbaikan jalan dengan penjelasannya.

Seperti pada posko perbaikan jalan kawasan perkotaan yang dimulai Kamis malam (8/9) di mana biro PUTR Kabupaten Sumedang memanaskan ruas Jalan Tampomas – Sebelas April.

“Perbaikan jalan sesuai Agenda 2022 mulai dilaksanakan. Selain ruas Jalan Tampomas – Sebelas April, perbaikan jalan di perkotaan juga dilakukan di ruas jalan lainnya,” tulis Bupati Dony Ahmad Munir dalam keterangan video.

Dalam unggahan lain pada 3 September 2022, Bupati juga mempublikasikan perbaikan ruas jalan Sumedang – Sindang Taman, Ruas Desa Jatimulya, Kabupaten Sumedang Utara, yang direklamasi dengan gerakan tanah.

Dalam kolom komentarnya, Bupati Dony menanggapi banyak keluhan warga yang meminta ruas jalan di lingkungannya diperbaiki.

“Jalan Prabu Geusan Ulun akan diperbaiki pada 2022. Jalan Mekarjaya – Margamukti di blok sayur juga akan diperbaiki tahun ini. Begitu juga jalan Gunung Puyuh-Nangorak dan Coloa-Haurlawang,” ujarnya.

Selain jalan di perkotaan, Bupati juga menyatakan sudah ada anggaran perbaikan jalan tahun 2022 di beberapa wilayah di kecamatan.

“Jalan Cibubut – Cibugel, Cisoka – Cibubut dan Darmaraja Cibugel semua akan diperbaiki pada tahun 2022, Kawasan wisata Ketan – Cicau hingga Jatigede juga akan diperbaiki pada tahun 2022, antara lain Jalan Pasirpadang – Ganjarresik dan Jalan Cimungkal – Kirisik yang akan menjadi Hubungkan kecamatan Jatinunggal dan Wado,” ujarnya.

Bupati mengatakan ruas jalan Pasirpadang-Ganjarresik di kaki Gunung Cakrabuana saat ini sedang dibangun untuk memanaskan drainase.

“Jalan Cimungkal Wado – Kirisik Jatinunggal saat ini sedang dikerjakan dengan anggaran Rp 3 miliar,” kata bupati.

Terkait rehabilitasi jalan Sumedang-Wado, Bupati menjelaskan, tanggung jawab ada pada Pemprov Jabar karena ruas jalan tersebut juga mencakup jalan provinsi.

“Pemprov Sumedang berkoordinasi dan melaporkan kondisi jalan tersebut. Di beberapa tempat Anda bahkan bisa melihat ada pekerjaan,” katanya.

Bupati menambahkan, ruas Legok – Sumedang masih digunakan untuk distribusi logistik proyek tol Cisumdawu dan telah diusulkan sebagai jalan nasional karena merupakan akses pintu tol.

“Setiap tahun Jalan Kabupaten yang total panjangnya 800 km itu diperbaiki secara bertahap. Yang belum bisa tahun ini diperbaiki tahun depan,” kata Dony.

( Penerbit:

sumedangkab.go.id)

Source: sumedangkab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button