Curug Cibaliung, pesona air terjun eksotis alami di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Cibaliung, pesona air terjun eksotis alami di Bogor

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Cibaliung merupakan salah satu destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi oleh pengunjung. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam kota Bogor. Pengunjung yang datang ke air terjun ini juga berasal dari berbagai daerah lain hingga ada yang datang dari berbagai penjuru negara lain. Oleh karena itu, wajar jika air terjun ini menjadi salah satu tujuan wisata utama.

Wisata ini bisa dicoba bagi Anda yang suka berpetualang. Dijamin Anda tidak akan menyesal setelah berlibur di air terjun. Air terjun ini juga sering disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di kota Bogor oleh para pengunjungnya. Mata Anda akan dimanjakan dengan semua yang ditawarkan tempat wisata ini.

Jadi luangkan waktu untuk mengunjungi air terjun ini saat waktu liburan sudah tiba. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman agar liburan semakin menyenangkan. Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal terkait tempat wisata tersebut. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan wisata alam Curug Cibaliung di Bogor.

Objek wisata air terjun Cibaliung

Objek Wisata yang dimiliki oleh Curug CibaliungKredit Gambar: Instagram Iis Nurafifah

1. Airnya jernih

Meski ada sejumlah pengunjung yang datang ke air terjun ini, namun air di sini masih sangat jernih. Dengan kata lain, tempat wisata ini masih cukup asri dan alami. Tempat wisata ini belum terlalu bercampur dengan tangan manusia yang penasaran dan tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, seluruh pengunjung objek wisata Air Terjun Cibaliung sangat dihimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak atau mencemari alam di sana. Oleh karena itu, dengan airnya yang masih jernih sudah pasti mampu membuat tubuh Anda sangat sejuk saat terjun ke air terjun tersebut.

2. Pohon hijau

Selain airnya yang sangat jernih, banyaknya pepohonan hijau yang terdapat disini semakin menambah keindahan panorama air terjun ini. Keteduhan alam yang ada di tempat wisata alam ini semakin lengkap dengan keberadaan pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika udara di sana sangat bersih dan segar.

Menggabungkan suara gemericik air dengan pepohonan hijau memang bisa membuat Anda langsung melupakan berbagai masalah yang mungkin sedang Anda hadapi. Pikiran menjadi lebih tenang dan hati juga terasa lebih damai. Liburan di Curug Cibaliung bisa lebih menyenangkan.

3. Batu Raksasa

Air Terjun CibaliungKredit Gambar: Instagram Ahmad Aulia

Batu-batu raksasa juga melengkapi keindahan alam tempat ini. Batu-batu raksasa tersebut terletak di sekitar aliran air yang jernih. Keberadaan bebatuan raksasa ini semakin menjadikannya tempat wisata yang eksotis. Anda juga bisa duduk dan bersantai di bebatuan raksasa sambil menikmati suasana air terjun ini.

4. Ada berbagai jenis hewan hutan

Daya tarik selanjutnya adalah terdapat berbagai jenis hewan hutan yang hidup di sana. Sesampainya di tempat wisata Air Terjun Cibaliung ini, semua pengunjung akan langsung melihat hamparan hutan hijau yang begitu lebat. Di dalam hutan tentunya terdapat berbagai jenis hewan hutan yang juga akan menyambut kedatangan Anda.

Berbagai jenis hewan hutan yang dimaksud misalnya seperti ayam hutan, belalang, burung dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang paling menarik adalah ketika mendengar kicauan burung yang indah mengiringi aktivitas wisata. Hal ini membuat liburan di air terjun ini sangat menyenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Cibaliung

Alamat Air Terjun CibaliungKredit gambar: Google Maps Asa Adiaji Sarwono

Lokasi tempat wisata keren ini tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Ini karena Curug Cibaliung terletak di Bogor. Tepatnya di Desa Wadung, Karang Tengah, Babakan Madang. Anda tidak perlu khawatir karena rute yang ditempuh untuk menuju tempat wisata ini tidak terlalu sulit.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, mungkin akan lebih mudah dengan mengambil jalan tol Jagorawi. Setelah itu, Anda juga harus keluar melalui jalan tol kota Sentul. Keluar dari tol, Anda bisa masuk ke Jungle Land lalu belok kiri ke Leuwi Hejo.

Anda juga bisa naik kendaraan pribadi dengan mobil atau motor untuk sampai di tempat wisata ini. Namun, pengunjung hanya bisa memarkir kendaraan dengan berjalan kaki atau di trek dalam waktu sekitar setengah jam.

Disarankan agar Anda memarkir kendaraan Anda di ujung tempat parkir, karena ini adalah lokasi terdekat dengan air terjun. Dengan cara ini Anda dapat menghemat lebih banyak daya untuk pelacakan. Selama perjalanan, Anda bisa beristirahat sejenak jika merasa lelah. Pastikan kondisi fisik Anda saat ini sehat dan ideal untuk tracking.

Pasalnya, sudah ada beberapa tempat peristirahatan yang akan Anda temui saat mendaki di Curug Cibaliung. Di jalur tracking, Anda juga akan melihat beberapa air terjun lainnya seperti Curug Leuwi Cipet dan Curug Leuwi Lieuk. Tidak perlu khawatir tersesat karena rutenya tidak terlalu sulit dan ada pengunjung lain yang juga mengikuti untuk sampai ke tempat wisata tersebut.

Juga, jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini, cobalah saat musim kemarau atau saat cuaca cerah. Pasalnya, jika terjadi pada musim hujan, debit air di air terjun ini akan sangat besar dan jalur pendakian menjadi licin. Sehingga dapat membahayakan pengunjung saat melakukan tracking.

Harga Tiket Masuk Cibaliung Bogor

Harga Tiket Air Terjun CibaliungKredit Gambar: Instagram Ahmad Aulia

Untuk bisa menikmati kawasan air terjun ini, Anda harus membayar tiket masuk. Sebelumnya, biaya retribusi yang harus dibayarkan di lokasi Leuwi Hejo adalah Rp 15.000. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rs 5.000.

Sedangkan biaya untuk masuk ke objek wisata alam ini juga cukup murah. Jika Anda memasuki air terjun ini, Anda akan dikenakan biaya 20.000 rupee. Uang itu akan digunakan untuk biaya masuk sebesar 15.000 rupee dan untuk biaya retribusi 5.000 rupee. Tentu saja, ini cocok untuk Anda yang menginginkan tumpangan yang bagus tetapi dengan biaya yang lebih rendah.

Kegiatan menarik yang dilakukan di Curug Cibaliung

Kegiatan yang dilakukan di Curug CibaliungKredit gambar: Instagram @_sindhusatria

1. Berenang

Setelah perjalanan yang melelahkan untuk sampai ke air terjun Cibaliung ini, aktivitas pertama yang banyak dilakukan pengunjung adalah berenang. Dengan begitu, rasa lelah selama perjalanan akan langsung terbayar setelah berenang di air terjun ini. Anda juga bisa menyewa pelampung di sana jika tidak bisa berenang.

2. Berburu Foto

Ada banyak tempat yang bagus untuk Anda melakukan aktivitas menarik berupa hunting foto. Apalagi bagi Anda yang senang memotret pemandangan alam yang indah. Spot foto yang paling sering difoto oleh pengunjung adalah air terjun dan bebatuan raksasa yang terdapat disana. Spot tersebut mampu membuat bidikan Anda lebih estetis.

Apalagi, berfoto selfie di sini juga merupakan aktivitas yang cukup mendebarkan. Anda bisa berfoto selfie dengan background alam yang begitu indah. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera saat mengunjungi air terjun ini. Memotret semua momen di sini juga bisa menjadi memori liburan yang indah.

3. Piknik

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug CibaliungKredit gambar: Twitter Tempat Wisata Samira Omra

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di Curug Cibaliung adalah piknik sambil menikmati pemandangan. Piknik di tempat ini akan lebih seru jika mengajak anggota keluarga. Selain itu, lebih lengkap lagi dengan menyantap beberapa makanan yang dibeli atau dibawa dari rumah. Ini juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk lebih mempererat hubungan keluarga.

4. Perkemahan

Berkemah merupakan kegiatan menarik yang banyak dilakukan anak muda saat mengunjungi air terjun yang indah ini. Mereka biasanya pergi berkemah kelompok dan membawa berbagai perlengkapan lengkap. Bahkan, beberapa dari mereka tidak hanya berkemah selama satu malam, tetapi selama beberapa hari.

Melakukan kegiatan camping memang sangat menyenangkan, apalagi di tempat seindah ini. Pada malam hari, suasana akan lebih damai diiringi dengan api unggun dan kicauan jangkrik. Biar makin lengkap, jangan lupa bakar jagung atau sosisnya dengan api unggun.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cibaliung Bogor

Fasilitas Curug Cibaliung BogorKredit Gambar: Instagram Michael Brian

Karena tempat wisata ini masih baru dikelola, fasilitas yang disediakan disini masih belum lengkap. meski begitu, sangat bermanfaat dan membuat nyaman pengunjung. Beberapa fasilitas yang paling berguna bagi pengunjung adalah area parkir dan papan nama.

Selain itu, ada juga beberapa warung makan yang berjejer di sekitar kawasan wisata. Terutama di sepanjang jalan tracking menuju lokasi Curug Cibaliung. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak makanan dari rumah. Berbagai menu makanan dan minuman yang ditawarkan juga cukup enak.

Selain itu, fasilitas berupa penyimpanan barang juga telah disediakan. Jadi bagi anda yang merasa keberatan dengan barang anda atau takut kehilangan, bisa di tinggalkan saja. Kemudian Anda juga bisa menemukan fasilitas seperti kamar mandi dan ruang ganti saat berada di kawasan Leuwi Hejo.

Sayang sekali tidak ada fasilitas berupa tong sampah yang disediakan di kawasan ini. Oleh karena itu, saat ini dipandang perlu untuk meningkatkan perhatian dan pengelolaan dari sudut pandang pemerintah daerah. Ini harus membuat segalanya lebih mudah dan membawa kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Nah, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan saat kamu berlibur di tempat wisata ini. Jika anda masih penasaran dengan tempat wisata ini, segeralah datang ke Curug Cibaliung dan buktikan sendiri keindahan yang ada disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button