Air Terjun Tegenungan, Pesona Alam Eksotis Super Bening di Gianyar - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tegenungan, Pesona Alam Eksotis Super Bening di Gianyar

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 06h30-18h30 WIB, Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu objek wisata bahari di pulau Bali. Air terjun ini biasanya menjadi alternatif liburan bagi orang-orang yang bosan dengan destinasi wisata tepi laut. Jika Anda salah satunya, luangkan waktu akhir pekan ini untuk mengunjungi tempat wisata air yang sedang populer saat ini.

Mayoritas wisatawan yang berlibur ke Bali biasanya akan mengunjungi tempat wisata di Kuta atau Ubud. Karena memang kedua tempat tersebut menawarkan wisata alam yang mempesona namun dengan sensasi yang berbeda. Wisata ke Kuta cocok bagi anda yang ingin liburan pantai, sedangkan Ubud cocok bagi anda yang ingin melihat air terjun.

Meski Bali sendiri dikenal sebagai pulau yang kaya akan pantai, namun Air Terjun Tegenungan ini bisa menjadi pilihan Anda selama liburan ke Bali. Air terjun yang penuh pesona ini menarik perhatian para wisatawan, tidak hanya domestik tetapi juga banyak wisatawan mancanegara yang tertarik melihat pesona air terjun ini.

Penawaran Air Terjun Tegenungan

Objek wisata air terjun TegenunganKredit gambar: Google Maps ESNAWAN Aloysius

1. Menawarkan pesona alam yang indah

Banyak sekali keindahan yang bisa Anda temukan saat berada di Air Terjun Tegenungan. Saat berada di objek wisata air ini Anda akan langsung disuguhkan dengan tempat yang sangat menakjubkan. Air terjun ini memiliki aliran air yang agak deras. Namun meski begitu, pesona yang terbentuk tetap menarik perhatian pengunjung.

Air terjun di sini terbentuk secara alami. Lokasinya di dalam hutan. Hal inilah yang membuat Tegenungan menjadi air terjun yang sangat indah dan menawan. Anda juga dapat menemukan teras yang sangat khas di sini.

2. Pada ketinggian 15 meter

Air terjun yang saat ini terkena dampak ternyata hanya setinggi 15 meter. Tentu saja, dibandingkan dengan air terjun lainnya, air terjun di sini tidak begitu tinggi. Meski relatif pendek, pesonanya tak kalah indah dengan air terjun lainnya.

Panorama yang indah juga bisa dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk berfoto bersama keluarga, teman atau pasangan. Jadi saat anda berada di tempat wisata ini jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berfoto karena view yang anda dapatkan sangat indah dan pastinya instagramable.

3. Memiliki air yang sangat jernih

Daya tarik ketiga yang akan ditemukan wisatawan di Air Terjun Tegenungan adalah airnya yang sangat jernih. Air di sini sangat jernih sehingga memikat wisatawan untuk bermain air atau berendam di bawah air terjun.

Selain itu, airnya dingin dan segar. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah mengunjungi air terjun ini saat musim kemarau. Karena kalau sudah kering, airnya akan jauh lebih bersih. Berbeda dengan musim hujan yang airnya tidak terlalu jernih karena sudah bercampur dengan tanah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun TagenunganKredit Gambar: Tur Bali Termurah Google Maps

Air terjun Tegenungan terletak di desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Jika Anda memulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, jarak tempuh perjalanan adalah 33 km atau satu jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika Anda sedang berada di pusat kota Gianyar, waktu untuk menuju air terjun ini hanya 15 menit. jika Anda membayar tiket masuk, Anda bisa masuk ke dalam dan menuruni 200 anak tangga dengan jalan yang cukup curam. Tapi jangan khawatir, meski licin, anak tangganya beton.

Selain itu, terdapat pagar pembatas yang akan menjaga keamanan wisatawan saat menuruni tangga. Dari lokasi tiket, akan memakan waktu sekitar 30 menit. Namun tenaga yang dibutuhkan harus benar-benar ekstra untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut.

Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan

Harga Tiket Air Terjun TegenunganKredit gambar: Google Maps

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi alam yang menawan ini, pastikan Anda sudah mengetahui harga tiket masuknya. Jadi, untuk bisa masuk ke tempat wisata tersebut, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp20.000. Tenang saja, harganya sangat murah dibandingkan dengan keindahan air terjun yang akan Anda temukan nantinya.

Selain harga tiket masuk, ketahui juga bahwa Air Terjun Tegenungan buka dari pukul 06:30 WIB hingga 18:30 sore. Jika punya banyak waktu, jangan ragu untuk berangkat pagi-pagi agar bisa lebih lama. Karena banyak sekali aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan di tempat wisata populer ini.

Aktivitas Seru di Air Terjun Tegenungan

Aktivitas di Air Terjun TegenunganKredit gambar: Google Maps Ignacio Aguirre

1. Berenang di bawah air terjun

Berbagai aktivitas seru bisa dinikmati pengunjung wisata di Air Terjun Tegenungan. Salah satunya adalah berenang di bawah air terjun. Karena di bawah air terjun terdapat kolam renang yang airnya didapat langsung dari air terjun sehingga airnya sangat jernih dan juga segar. Pengunjung bisa melihat bebatuan di dasar kolam.

Pengunjung bisa berenang di kolam karena airnya tidak terlalu dalam. Hanya saja jika ingin mendekat nanti harus lebih berhati-hati. Karena cuaca tertentu, aliran di air terjun ini bisa sangat deras. Karena itu, lebih baik berenang nanti dan jangan terlalu dekat dengan air terjun, itu lebih aman.

2. Kagumi pemandangan yang indah

Air terjun di Bali ini tidak diragukan lagi adalah surga tersembunyi. Karena keindahan yang ditawarkan bersembunyi di balik rindangnya pepohonan. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, pengunjung bisa melihat betapa indahnya air terjun ini dari bawah.

Saat air mengalir deras, biasanya mengenai bebatuan di sekitarnya. Hal inilah yang membuat pemandangan air terjun terlihat seperti anak tangga. Dan di puncaknya ada sungai berbatu. Pengunjung bisa duduk di atas batu. Tapi tolong cari bagian yang tidak licin kalau mau duduk di bebatuan.

3. Ambil gambar

Jika Anda mengira Air Terjun Tegenungan hanya menawarkan spot air terjun, Anda salah besar. Karena masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa dijadikan objek foto. Pihak pengelola sengaja membuat banyak tempat indah di kawasan wisata ini untuk menarik perhatian wisatawan.

Ada juga ranting pohon yang disusun membentuk sarang burung dengan hiasan kepala burung. Anda juga akan menemukan ranting berbentuk hati dan banyak lagi. Semua ini bisa menjadi objek foto yang sangat menarik dan instagramable tentunya.

4. Mainkan ayunan

Dan aktivitas terakhir yang tak kalah seru adalah bermain ayunan. Jadi, tidak hanya spot foto yang Instagrammable, di kawasan Air Terjun Tegenungan juga akan ditemukan ayunan yang tidak begitu tinggi namun bisa membuat pengunjung tegang saat berada di sana. Karena ayunannya ada di tebing.

Namun keseruan pasti akan terasa saat berayun di atasnya. Pengunjung juga bisa berfoto di ayunan dengan latar belakang air terjun yang indah. Saat melakukan aktivitas ini, ingatlah untuk berhati-hati karena tidak ada tali pengaman.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Fasilitas Air Terjun TegenunganKredit gambar: Google Maps Paramveer Singh

Sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Bali, Air Terjun Tegenungan memiliki fasilitas yang lengkap. Air terjun ini dikelola dengan baik. Akses menuju lokasi sangat baik karena anak tangga yang digunakan dipagari besi dan beton sehingga tidak licin.

Selain itu, Anda juga akan menemukan tempat parkir yang luas. Jadi artinya jika Anda pergi ke tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi, sepertinya Anda tidak perlu lagi khawatir akan memarkir kendaraannya di mana. Untuk menunjang aktivitas wisata, terdapat beberapa spot selfie.

Sedangkan bagi yang ingin mencari makanan atau minuman, tenang saja, di dekat objek wisata sudah ada penjual makanan yang menjajakan makanan dengan menu yang beragam. Bagi yang mencari penginapan juga tidak masalah karena banyak hotel, villa atau losmen yang tidak begitu jauh dari tempat wisata ini.

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Gianyar, Bali. Banyak wisatawan pergi ke tempat ini saat akhir pekan. Karena selain pemandangan air terjun yang indah, pengunjung juga bisa menemukan berbagai tempat menarik lainnya yang membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button