Pantai Semeti, pantai yang indah dan menawan di tengah Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Semeti, pantai yang indah dan menawan di tengah Lombok

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Mawi, Seulg Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Semeti memiliki pemandangan yang bisa memukau semua orang. Bebatuan karang di sekitarnya membuat daya tarik tempat ini semakin menawan. Ini adalah salah satu tempat paling populer di kalangan wisatawan dari luar daerah, bahkan luar negeri. Yang membuat nama pantai ini semakin meningkat.

Meski tempatnya cukup jauh dari pusat kota, tidak membuat wisatawan malas untuk datang ke pantai pasir putih ini. Ada banyak batu besar. Bahkan ada yang sebesar rumah. Bebatuan ini akan menyambut Anda saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Semeti di Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki banyak sekali objek wisata, sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama disini. Berikut ulasan mengenai objek wisata, fasilitas, dll. berkaitan dengan pantai Semeti.

Atraksi Pantai Semeti

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai SemetiKredit Gambar: Instagram KOMODO TOUR | PENYELENGGARA WISATA

Seperti yang telah disebutkan di atas, pantai di Semeti ini memiliki banyak sekali objek wisata. Sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke pantai tersebut. Berikut beberapa atraksi yang bisa Anda temukan di pantai ini.

1. Batu karang yang indah

Daya tarik utama yang dimiliki adalah di sekitar pantai Anda akan banyak menemukan bebatuan karang. Batuan ini memiliki ukuran yang sangat besar. Tidak sulit untuk menemukan batu yang mencapai ukuran mobil atau rumah.

Bentuk batunya juga sangat unik. Nanti Anda akan melihat bukit tandus yang ditumbuhi tanaman hijau di puncaknya. Hal ini terjadi karena batuan tersebut berlapis-lapis dan juga saling berhubungan satu sama lain.

Keindahan bebatuan yang memiliki gradasi warna kecoklatan, hitam bahkan abu-abu ini mampu menarik perhatian orang untuk menjadikannya sebagai background dalam foto.

2. Banyak spot foto menarik

Spot foto menarik bisa ditemukan dengan mudah di pantai Semeti. Saat Anda baru memasuki area pantai, Anda akan melihat pemandangan laut biru yang memiliki pasir putih dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa datang saat cuaca cerah atau mendung.

Pemandangan batu karang yang tampak seperti palisade berjajar dan seolah melindungi pantai, juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Juga, ketika ombak besar datang untuk memecahkan batu, pada saat yang tepat Anda akan mendapatkan bidikan yang sempurna.

Ada juga spot foto lain yang bisa ditemukan di pantai ini, yaitu hamparan pasir putih yang bersih. Kilauan air laut akan membuat laut terlihat seperti berlian. Saat hari tiba, pemandangannya semakin indah dan indah.

Karena itu, ketika Anda berencana untuk datang ke Pantai Semeti, pastikan Anda tidak lupa membawa kamera. Karena banyak sekali pemandangan indah yang bisa diabadikan di pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SametiKredit Gambar: Instagram Dermanto Ang

Pantai Semeti Lombok terletak di pusat Kabupaten Lombok, sebelah barat Nusa Tenggara, tepatnya di jalan menuju Pantai Mawi. Jika Anda berada di pusat kota dan menuju ke tempat tersebut, Anda membutuhkan waktu minimal 2 jam untuk mencapai pantai. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum yang bisa digunakan dengan menyewanya.

Ada banyak rute yang bisa Anda pilih. Namun, jalur yang paling sering digunakan adalah jalur pantai Menurutg Belanak yang lokasinya dekat dengan pantai ini. Perjalanan melewati jalur ini tentunya bisa mempersingkat waktu karena melewati perbukitan.

Selain itu, jalur yang Anda pilih nantinya juga lebih sepi. Jarang ditemukan rumah di sekitar jalan. Setelah melewati jalan tersebut nantinya anda akan sampai di pintu masuk pantai Mawi yang merupakan gerbang utama menuju pantai Semeti.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai SametiKredit Gambar: Instagram Stevie

Bagi Anda yang serius ingin mengunjungi pantai Semati dan menikmati keindahan alam di sana, biaya yang dibutuhkan di sini hanya Rp 5.000 untuk 1 orang.

Inilah salah satu alasan banyak orang tertarik ke pantai. Dengan harga yang sangat terjangkau tentunya tidak akan membebani wisatawan yang datang.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Semeti

Aktivitas Seru di Pantai SemetiKredit Gambar: Instagram Dermanto Ang

1. Berenang di pantai

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Semeti adalah berenang. Pantai ini memiliki ombak dengan arus yang cukup tenang. Selain itu, wilayah pesisir juga memiliki kedalaman yang cukup dangkal, sehingga sangat cocok untuk berenang.

Wisatawan yang datang bersama anak-anak juga diperbolehkan berenang di pantai, asalkan mengutamakan keselamatan di sini. Air laut akan membuat tubuh Anda lebih sejuk nantinya. Apalagi jika Anda berenang di sini bersama keluarga, teman atau sahabat, akan lebih seru lagi.

2. Memancing di bebatuan

Kegiatan seru selanjutnya adalah memancing. Di sini Anda dapat menemukan banyak orang yang datang untuk memancing. Tidak jarang pemancing berhasil mendaratkan ikan besar. Tempat ini memang sangat cocok untuk memancing.

Duduk di antara celah-celah batu, Anda bisa melihat banyak ikan terperangkap oleh ombak. Bagi yang sengaja datang untuk memancing, maka sebaiknya pergi ke tempat ini pada sore hari. Karena saat ini banyak sekali ikan yang mencari makan. Selain itu, pada sore hari air laut akan mulai naik dan naik.

3. Snorkeling

Tak ayal kegiatan ini akan sangat digemari oleh wisatawan yang datang ke pantai. Pantai Semeti penuh dengan biota laut yang beragam seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bisa Anda nikmati sambil snorkeling.

Anda bisa menyewa peralatan untuk melakukan aktivitas tersebut. Beberapa warga memang sudah menyiapkan persewaan alat snorkeling, seperti jaket pelampung, dll. Anda akan dapat melihat ikan berbagai warna berenang di sekitar Anda. Terumbu karang di pantai pasti akan membuat Anda bahagia.

Anda bisa mengamati keindahan pantai bahkan di kedalaman 3 meter. Wisatawan bebas menjelajahi bagian pantai. Bagi anda yang baru belajar, maka akan ada pendamping yang akan menemani anda.

Banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke pantai Semeti hanya untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Penginapan murah dekat pantai

Perumahan Dekat Sameti.Kredit gambar: Google Maps Hanna Riyanto

1. Sempiak Villas

Pada jarak sekitar 6 km dari lokasi pantai ini. Asrama memiliki tema klasik, sehingga banyak turis luar kota yang betah berada di asrama. Salah satu fasilitas yang dimiliki Sempiak Villas berupa layanan spa. Dengan layanan ini nantinya, Anda akan memiliki tubuh yang segar kembali.

2. Pondok Mangga

Tempat yang memiliki lingkungan yang nyaman ini memiliki pelayanan yang ramah. Selain itu, hostel ini juga memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa melihat sawah dan perbukitan hijau di Mango Lodge. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti parkir, kolam renang, dll.

3. Seulg Belanak Bungalows Hotel

Menurut Belanak Bungalows adalah hotel bintang tiga yang terletak di dekat pantai. Hotel ini juga memiliki akses langsung ke pantai. Pemandangan pantai indah di Lombok tengah ini pada sore atau pagi hari dapat dilihat dengan indah melalui jendela kamar hotel. Di sekitar hotel juga ditumbuhi pepohonan. Itu membuat suasana jadi segar.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit gambar: Google Maps Sylvester Dueloke

Pantai Semeti menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pantai ini adalah tempat parkir yang cukup luas. Tempat parkirnya sendiri menggunakan daun pandan kering sebagai atap yang melindungi kendaraan Anda dari panas.

Namun tidak hanya itu, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang sengaja diletakkan di pinggir pantai untuk para wisatawan. Keindahan pantai ini membuat banyak wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Banyak dari mereka yang memutuskan untuk bermalam agar keesokan harinya masih bisa menikmati keindahan pantai. Itu sebabnya ada juga akomodasi yang disediakan seperti yang dijelaskan di atas.

Selain itu, ada banyak penjual makanan yang bisa Anda temukan di kawasan Pantai Semeti di Lombok Tengah. Menikmati jajanan sambil mengagumi indahnya pemandangan pantai tentu menjadi ide yang menarik. Fasilitas lain yang bisa ditemukan adalah toilet umum.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button