Air terjun Tansaran Bidin, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Aceh - WisataHits
wisatahits

Air terjun Tansaran Bidin, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Aceh

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tansaran Bidin, Kec. Kota, Kab. Bener Meriah, Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Pesona alam Aceh masih menawarkan keindahan alam bagi para wisatawan, tak terkecuali air terjun Tansaran Bidin. Lokasi wisata estetik ini bisa memakan banyak wisatawan hingga berjam-jam tanpa bosan. Lokasinya berada di tengah hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Berlibur di kawasan air terjun Tansaran Bidin bisa menjadi alternatif yang tepat di Aceh. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kota, dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Sebaliknya, objek alam tersebut menjadi solusi bagi wisatawan yang mencari tempat sepi berbalut petualangan.

Namun, ingatlah untuk menjaga kesehatan diri sendiri sebelum menuju ke Air Terjun Tansaran Bidin. Bagi Anda yang suka menjelajah dan menantang adrenalin, tentu akan sangat seru mengunjungi air terjun yang megah ini. Anda harus merasakan keunikan air terjun ini secepatnya.

Objek wisata air terjun Tansaran Bidin

Objek wisata air terjun Tansaran BidinKredit gambar: Twitter Perjalanan

1. Memiliki jalur pendakian yang menantang

Bagi sebagian orang, jalur pendakian yang memiliki kontur medan yang kasar dan menantang bisa jadi sedikit membosankan. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa sulitnya mengakses objek wisata menjadi keseruan tersendiri. Jika Anda termasuk orang yang tertarik dengan jalur berbahaya, cobalah menuju ke lokasi air terjun ini.

Air Terjun Tansaran Bidin tersembunyi di tengah hutan, sehingga tidak dapat diakses oleh kendaraan apapun. Bahkan cukup jauh dari pemukiman penduduk setempat. Selama proses pendakian, wisatawan akan merasa seperti menaklukkan lembah yang curam karena tidak memiliki pagar pembatas, sehingga disarankan untuk berhati-hati.

Kemudian pepohonan dan ilalang tersebar di seluruh area, membuat jarak pandang semakin terbatas. Ditambah lagi dengan medan yang berat serta tikungan dan tanjakan yang tajam. Berdasarkan kondisi ini, disarankan untuk menyewa jasa pemandu lokal untuk menghindari bahaya.

Meski tidak wajib, akan lebih baik jika didampingi oleh seseorang yang sudah berpengalaman dalam menaklukkan hutan belantara. Memang ada kemungkinan tersesat, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke lokasi tersebut.

2. Memiliki aliran sungai yang menenangkan

Perjalanan Anda ke Air Terjun Tansaran Bidin akan semakin seru karena terdapat aliran sungai kecil yang suaranya sangat menyejukkan jiwa dan pikiran. Selain itu, kondisi airnya sangat jernih dan hanya dipenuhi daun-daun mati. Itu menciptakan kesan yang tidak akan pernah dilupakan oleh para pencari petualangan.

Semakin mendekati pusat kawasan air terjun, semakin keras suara air yang mengalir. Sebelum itu terjadi, Anda bisa melihat keindahan Bukit Barisan dari jauh serta hamparan perkebunan yang menawan. Namun, ingatlah untuk memperhatikan rute yang Anda tempuh.

3. Ada tebing yang stabil

Sesaat sebelum wisatawan sampai di tengah air terjun yang tingginya mencapai 50 m ini, mereka akan menjumpai pemandangan tebing bebatuan yang kokoh. Tebing yang ditumbuhi rerumputan liar dan berlumpur, namun keindahannya tetap mampu menarik minat banyak wisatawan. Tak jarang wisatawan menjadikannya sebagai spot selfie nomor satu.

Air terjun ini memang bukan satu-satunya tempat yang menyuguhkan alam indah dengan pemandangan alam yang mempesona, namun daya pikatnya sulit ditolak. Apalagi jika wisatawan bisa menyaksikan keindahan alamnya dari atas atau dari ketinggian.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tansaran BidinKredit gambar: Google Maps Sultan Layur

Setidaknya, Anda harus menempuh jarak hingga 35 km jika berangkat dari pusat Kabupaten Bener Meriah untuk sampai di air terjun Tansaran Bidin di provinsi Aceh. Itupun masih belum termasuk dalam jalur yang harus dilalui dari pemukiman penduduk terdekat untuk menuju lokasi kunjungan air terjun.

Alamatnya di desa Tansaran Bidin, yang membutuhkan tenaga ekstra dan tenaga yang sangat baik bagi wisatawan untuk sampai ke sana dengan selamat. Medannya sendiri cukup terjal dengan akses kendaraan yang terbatas dan seolah menjadi arena untuk menguji nyali Anda saat melintasi hutan belantara menjelajahi pesona air terjun terpencil di kawasan Bandar ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tansaran Bidin

Tiket Air Terjun Tansaran BidinKredit Gambar: Instagram Benermeriahrepost

Anda bisa datang dan pergi juga ke lokasi air terjun Tansaran Bidin ini tanpa membayar sepeser pun alias gratis. Pasalnya, keberadaan air terjun ini terjadi secara alami dan masih belum menyediakan fasilitas yang memadai. Anda juga dapat mengatur waktu kedatangan Anda kapan saja dengan menyesuaikan waktu luang yang Anda miliki.

Meski begitu, sebagian besar wisatawan datang pada pagi hari untuk memanfaatkan keindahannya secara maksimal. Juga, karena lokasi air terjun berada di tengah hutan belantara. Ini mungkin memerlukan pemikiran hingga beberapa kali jika Anda ingin berkemah di area tersebut.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Tansaran Bidin

Aktivitas Air Terjun Tansaran BidinKredit gambar: Facebook Hendri Al Buchori

1. Mainkan air

Wisatawan bisa berenang atau sekedar mencelupkan kaki di kolam atau sungai di bawah Air Terjun Tansara Bidin. Selain itu, di kawasan ini tidak ada larangan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kolam atau sungai. Hanya saja Anda harus selalu berhati-hati dan menggunakan peralatan keselamatan yang tepat jika memungkinkan.

Pasalnya, terjadi kecelakaan wisata yang tidak diinginkan di air terjun ini. Disarankan untuk memilih tempat bermain air di bagian yang benar-benar membentuk kolam dibandingkan yang dekat dengan tempat jatuhnya air.

2. Piknik dan bersantai

Mengajak teman-teman bersepeda di hutan rimbun untuk piknik santai di dekat Air Terjun Tansaran Bidin, tentunya wajib kamu coba. Bawa bekal sendiri dari rumah dan pastikan siapkan alas duduk yang bersih dan nyaman.

Anda bisa menikmati pemandangan alam air terjun sambil menikmati jajanan lezat. Kegiatan seperti ini tentu sangat menyenangkan bagi banyak wisatawan.

3. Berburu Foto

Pesona luar biasa yang ditawarkan oleh air terjun puncak di Aceh ini layak untuk diabadikan oleh wisatawan dengan jepretan kamera. Ada banyak situs alam yang bisa menjadi latar belakang yang ideal bagi para fotografer, seperti air terjun, lembah, sungai, bebatuan, atau sekadar dedaunan yang berguguran. Tentunya foto-foto tersebut akan menampilkan keindahan alam yang alami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Air Terjun Tansaran BidinKredit gambar: Google Maps Nur Ichwan Armi Maliki

Air Terjun Tansaran Bidin mendapatkan nominasi sebagai surga tersembunyi terpopuler yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI tahun 2019. Memang tidak banyak fasilitas wisata yang bisa diharapkan jika datang ke tempat ini. Tempatnya terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk, bahkan di tengah alam liar.

Di satu sisi, kealamiannya memang menjadi daya tarik wisatawan, namun di sisi lain cenderung sulit jika ingin memenuhi kebutuhan pokok seperti warung dan toilet. Bahkan untuk memarkir kendaraan, wisatawan juga harus melakukannya di tempat yang jauh dari air terjun.

Alangkah baiknya memiliki kebutuhan seperti makanan yang disiapkan di rumah atau dibeli saat bepergian. Apalagi jika wisatawan berencana menghabiskan hari di sana untuk berlibur dalam waktu yang lama. Dengan cara ini, membawa perbekalan sendiri adalah keputusan terbaik.

Demikian pemaparan informasi mengenai Air Terjun Tansaran Bidin yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi di tengah hutan. Air terjun ini juga dekat dengan lembah dan sungai, sehingga keindahannya semakin terasa. Meski infrastruktur dan medannya terbilang menantang, namun wisata ini tidak mengecewakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button