Air Terjun Sungai Anuang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu Timur - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Sungai Anuang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu Timur

Air Terjun Sungai Anuang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu Timur

Air Terjun Sungai Anuang merupakan salah satu ikon Luwu Timur. Lokasinya mudah diakses karena berada di sepanjang jalan utama antar provinsi. Tertarik kesana?

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kasintuwu, Kec. Maharama, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Berwisata ke Luwu Timur-Sulawesi Selatan belum lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata favorit. Air Terjun Sungai Anuang mudah dijangkau, dengan melihat yang tidak kalah menarik dari air terjun lain di kawasan ini.

Kabupaten Luwu Timur dengan ibu kota daerah Malili, terletak di bagian utara Teluk Bone, sebagian wilayahnya berada di pesisir pantai dan juga terdapat beberapa dataran tinggi. Di kawasan ini objek wisata yang paling terkenal adalah pantai, danau, termasuk keindahan alam seperti air terjun.

Tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk menjelajahi wisata terbaik di Luwu Timur yang tentunya tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Objek Wisata Air Terjun Sungai Anuang

Objek Wisata Air Terjun Sungai AnuangKredit gambar: Google Maps 大仁偉

Bagi para pecinta pemandangan alam dan segala yang natural tentunya sangat penasaran untuk bisa datang langsung ke tempat wisata yang juga disebut dengan Salu Anuang ini. Tak sedikit orang yang rela berhenti sejenak hanya untuk menikmati megahnya aliran air terjun serta suasana sejuk dan nyaman yang merajai di sana.

1. Berada di pinggir jalan raya

Jika biasanya air terjun tersebut terletak di dalam hutan, maka Anda harus ke sana upaya lumayan max karena jalan berbatu dan lokasi tersembunyi. Akan berbeda jika Anda datang ke Air Terjun Sungai Anuang karena berada tepat di pinggir jalan raya.

Tepatnya di jalur Poros Trans Sulawesi yang akan menuju Poso di Sulawesi Tengah, sehingga siapapun yang melewati jalur tersebut akan “disambut” oleh gemericik air terjun.

2. Garis besar air terjun yang unik

Dilihat dari kontur air terjunnya cukup unik, dari atas bukit yang merupakan aliran sungai terlihat bebatuan yang berbentuk sisik tidak beraturan membentuk desain alam yang unik.

Gemericik air akan melewati bebatuan, mengeluarkan suara yang akan memberikan ketenangan. Selain itu, warna air jernih yang mengalir seakan menjadi obat bagi mata yang lelah dan butuh penyejuk mata.

3. Pemandangan alam yang memanjakan mata

Air terjun ini terletak di antara perbukitan yang indah di sekelilingnya. Selain menikmati pemandangan air terjun yang tak henti-hentinya mengalir, tumbuhan hijau di sekitarnya mewakili alam yang begitu mempesona.

4. Tempat bersantai dalam perjalanan jauh

Perjalanan jauh antara Luwu Timur dan Poso pasti akan melelahkan dan butuh istirahat. Sangat tepat untuk berhenti sejenak di sirkuit indah ini, meregangkan tubuh sambil beristirahat diiringi suara air terjun yang merdu.

Saat curah hujan cukup tinggi, aliran sungai akan semakin deras, yang menyebabkan aliran air terjun semakin deras. Relaksasi akan semakin sempurna ketika Anda bisa menikmati pemandangan derasnya air yang mengalir tanpa batas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Sungai AnuangKredit gambar: Google Maps Abdul Razak Munir

Air Terjun Sungai Anuang terletak di Kasintuwu, Mangkutana, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Jika Anda memulai dari pusat Kabupaten Luwu Timur yaitu kawasan Malili, Anda membutuhkan waktu setidaknya dua jam untuk sampai ke wisata ini.

Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau angkutan umum, akses jalan cukup baik karena merupakan jalan raya trans antar provinsi yang sering dilintasi.

Rute terbaik menuju ke sana adalah dari Wewang Riu, Malili. Kemudian ambil jalan Poros Tomoni menuju Malili, lanjutkan di jalan Wotu Poros menuju Malili. Kemudian masuk ke Jalan Raya Trans Sulawesi di kawasan Kasintuwu.

Jika Anda ingin berkunjung dari ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yaitu kota Makassar, dibutuhkan waktu sekitar 12 jam 45 menit untuk mencapai tempat wisata ini. Biasanya pengunjung yang datang dari Makassar menyempatkan diri untuk singgah sebelum melanjutkan perjalanan ke wilayah Sulawesi Tengah.

Dari Makassar bisa menempuh beberapa jalur alternatif, pertama melalui Jalan Poros Palopo – Makassar, atau Jalan Poros Maros menuju Soppeng, atau melalui Jalan Poros Masamba menuju Tomoni. Durasi perjalanan bervariasi dari 12 hingga 13 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Jika ingin masuk ke kawasan wisata ini akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 10.000 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp 5.000. Kemudian pengunjung dapat melihat pemandangan kawasan tersebut dengan leluasa hingga puas.

Harga tersebut tentunya belum termasuk biaya parkir yang juga harus dikeluarkan, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan ingin berhenti dalam waktu yang lama.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Sungai Anuang

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sungai AnuangKredit gambar: Google Maps 大仁偉

Meski lokasinya berada di pinggir jalan raya, namun tidak menutup keinginan untuk bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di air terjun Sungai Anuang. Pengunjung bebas menjelajahi air terjun, asalkan menjaga kondisi lingkungan.

1. Mainkan air

Jika curah hujan cukup tinggi, kegiatan yang layak dilakukan hanya sebatas bermain air di tepi danau di bawah air terjun. Anda juga bisa duduk sambil mencelupkan kaki ke dalam kolam sambil membiarkan cipratan air membasahi tubuh.

Ini akan menjadi perasaan yang berbeda dibandingkan dengan berenang, terutama bagi mereka yang membutuhkannya penyembuhan dan menenangkan mereka yang membutuhkan hiburan alami.

2. Berenang

Saat debit air normal atau cenderung rendah, biasanya saat musim kemarau, sebagian besar pengunjung bisa berenang di area air terjun. Ada yang membawa perlengkapan renang sendiri, apalagi membawa anak kecil.

Meski kolam air terjun ini tidak terlalu luas, namun bisa digunakan untuk berenang dalam waktu singkat. Akan terasa berbeda rasanya berenang di kolam buatan yang terdapat air terjun melihat sehingga membuat aktivitas berenang menjadi lebih seru.

3. Foto selfie

Berfoto di bawah air terjun merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan para pengunjung, selain itu anda bisa berfoto dari dekat di wisata Luwu Timur favorit ini. Apalagi bagi wisatawan yang tidak rutin berkunjung ke Luwu Timur.

Sejumlah tempat Foto-foto tersebut menjadi incaran para pengunjung, termasuk tepat di bawah air terjun. Kemudian di sisi air terjun mengalir atau naik sedikit ke arah atas aliran airnya, jika aliran airnya rendah.

4. Piknik

Piknik murah bisa diatur di sini, bila Anda membawa keluarga dengan kendaraan pribadi. Bisa menjadikan mobil sebagai tempat piknik lalu parkir tepat di samping air terjun seperti melihat piknik terbaik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Air Terjun Sungai AnuangKredit gambar: Google Maps Suhirman

Adapun fasilitas yang disediakan di Kawasan Wisata Air Terjun Sungai Anuang belum begitu lengkap, setidaknya sebagian dapat digunakan sesuai kebutuhan.

1. Parkir

Tempat parkir yang disediakan ada di pinggir jalan, jika beruntung dan orang tidak ramai pengunjung bisa mendapatkan tempat parkir yang strategis. Namun, saat musim liburan tiba atau ramainya wisatawan, akan cukup sulit mencari tempat parkir.

2. Toilet

Untuk pengunjung juga disediakan toilet umum yang dipisahkan antara toilet perempuan dan laki-laki dengan sumber air dari sungai yang berada di atas bukit.

3. Warung makan dan souvenir

Ada juga beberapa warung makan dengan menu sederhana, serta beberapa penjual souvenir lokal.

Ternyata menikmati pemandangan air terjun bisa dilakukan dari pinggir jalan, salah satunya saat berkunjung ke Air Terjun Sungai Anuang. Cukup bawa kamera dan perlengkapan renang, serta bekal yang cukup untuk menghabiskan beberapa jam di kawasan wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button