Air Terjun Sarambu Masiang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Sarambu Masiang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu

Air Terjun Sarambu Masiang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Luwu
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kaladi Darussalam, Kec. Suli Barat, Kab. Luwu, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Sarambu Masiang merupakan salah satu obyek wisata menarik dan potensial yang saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu.

Keindahan alam Indonesia memang luar biasa. Bentang alam yang bervariasi dengan keindahan yang bervariasi menjadikan negara ini potensi wisata yang luar biasa. Salah satu obyek wisata potensial yang sedang dikembangkan saat ini adalah Air Terjun Sarambu Masiang.

Air terjun yang terletak di Kabupaten Luwu ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis, sehingga dijamin membuat semua orang jatuh cinta saat melihatnya. Berada di kaki Gunung Latimojong, wisatawan akan disambut dengan derasnya aliran air terjun yang sejuk dan juga sangat jernih.

Untuk bisa sampai ke kawasan wisata air terjun, wisatawan harus melewati kawasan hutan yang masih asri dan juga cukup lebat sebelumnya. Obyek wisata ini sangat cocok dipilih sebagai tempat peristirahatan untuk relaksasi ataupun untuk kegiatan outbond.

Objek wisata air terjun Sarambu Masiang

Objek Wisata Air Terjun Sarambu MasiangKredit gambar: Facebook Habibi Idegang

Objek wisata Air Terjun Sarambu Masiang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Belopa, Sulawesi Selatan berkat daya tariknya yang luar biasa. Ada banyak alasan yang membuat wisatawan senang mengunjungi air terjun ini.

1. Suasana Alam Pegunungan

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan lokasi wisata air terjun Sarambu Masiang adalah suasana pegunungan yang masih sangat asri. Air terjun yang terletak persis di kaki Gunung Latimojong ini diapit oleh dua buah gunung yang masih utuh.

Sehingga suasana asri dan segar khas pegunungan masih bisa dirasakan. Oleh karena itu, destinasi wisata ini menjadi pilihan liburan yang paling cocok bagi mereka yang ingin rehat dari suasana khas perkotaan yang padat.

Di kanan dan kiri air terjun ditumbuhi ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Udara segar dari pepohonan dijamin membuat semua orang merasa tenang dan damai.

2. Air terjun yang deras dengan air yang lembut

Tentunya jika berbicara soal daya tarik, daya tarik wisata alam ini adalah derasnya air terjun yang turun dari ketinggian sekitar 150 meter. Air terjun ini sangat sejuk dan jernih karena berasal dari mata air Gunung Latimojong yang masih belum terjamah.

Selain itu, di bawah air terjun terdapat sungai kecil dengan aliran yang berasal dari air terjun. Oleh karena itu, pesona alam yang terbentuk di sekitar air terjun dijamin akan memukau para pengunjung yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Sarambu MasiangKredit gambar: Google Maps Kibaraja Studio

Air Terjun Sarambu Masiang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang terletak di Desa Kalidi Darussalam, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Air terjun yang sangat indah ini hanya berjarak sekitar 35 km dari ibu kota Luwu yaitu kota Belopa.

Meski letak desa ini cukup terpencil, namun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya saja akses ke desa tersebut masih agak sulit. Tidak ada angkutan umum yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju tempat wisata ini.

Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan roda dua atau empat jika ingin berwisata ke lokasi air terjun. Rute untuk menuju kawasan wisata air terjun ini adalah dengan mengambil jalan ke selatan dari kota Belopa.

Ada banyak rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk sampai di kantor desa Kaladi Darussalam. Dari kantor desa, ambil jalan menuju lokasi air terjun dengan jarak sekitar 5 km. Penunjuk arah menuju lokasi wisata dipasang di beberapa tempat, yang memudahkan akses wisatawan.

Begitu sampai di titik lokasi, wisatawan dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang disediakan untuk keperluan tersebut. Selain itu, pengunjung harus menempuh jalur menuruni bukit untuk sampai ke lokasi tepi air terjun.

Harga tiket masuk wisata air terjun

Harga tiket masuk ke tempat wisata air terjun Sarambu Masiang terbilang cukup terjangkau karena dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar termasuk para tokoh desa. Setiap pengunjung yang datang hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja pada hari kerja atau weekdays.

Sedangkan di akhir pekan tarif masuknya sama, yakni hanya Rp 10.000. Dengan harga masuk yang terjangkau, objek wisata ini menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin menghabiskan liburan dengan budget terbatas.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Sarambu Masiang

Aktivitas Air Terjun Sarambu MasiangKredit gambar: Facebook Indrajaya

Menampilkan keindahan alam yang masih alami, Air Terjun Sarambu Masiang menjadi pilihan liburan yang tepat untuk keluarga, teman atau sendiri. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, mulai dari menikmati alam hingga aktivitas yang memacu adrenalin.

1. Mainkan air

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan saat mengunjungi air terjun ini adalah bermain di air terjun yang aliran airnya sangat sejuk dan juga jernih.

Terdapat bebatuan besar di air terjun yang digunakan pengunjung untuk memanjat dan berdiam di bawahnya sambil merasakan limpasan air menerpa tubuh. Pengunjung juga bisa berenang di sungai yang terbentuk di bawah air terjun.

Di luar musim hujan, debit air air terjun ini tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang.

2. Medan yang sulit bagi para petualang off-road

Air Terjun Sarambu Masiang terletak di tempat yang cukup terpencil, sekitar 35 km dari pusat kota Belopa. Karena medan yang harus dilalui untuk menuju lokasi air terjun cukup ekstrim, justru membuat tempat wisata ini cocok untuk para petualang offroad.

Banyak petualang yang menggunakan kendaraan off road roda 4 maupun sepeda trail yang memilih berpetualang ke area sekitar air terjun. Tantangan berkendara melalui medan yang tidak biasa tentu menjadi hal yang paling disukai para petualang.

3. Berburu foto keren

Pengunjung bisa berfoto di berbagai sudut kawasan wisata air terjun yang menawarkan pemandangan luar biasa. Ada banyak spot foto Instagramable yang bisa dipilih di objek wisata air terjun ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Air Terjun Sarambu MasiangKredit gambar: Google Maps Kibaraja Studio

Meski belum dikembangkan oleh pimpinan desa setempat, Sirkuit Air Terjun Sarambu Masiang sudah memiliki beberapa fasilitas umum untuk menunjang kegiatan wisata.

Beberapa fasilitas di sekitar lokasi air terjun seperti jalan beraspal dan tangga yang dibentuk untuk memudahkan wisatawan mengunjungi tempat tersebut. Selain itu, di luar lokasi wisata juga telah disediakan area parkir khusus untuk menyimpan kendaraan.

Ada beberapa warung makan dan minum yang dikelola warga di luar kawasan wisata. Sedangkan mushola atau kamar kecil berada di desa yang agak jauh dari lokasi air terjun.

Obyek wisata unggulan desa Kaladi Darussalam ini memang menjadi fokus perhatian pemerintah desa untuk pengembangan lebih lanjut. Terletak 640 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Latimojong Air Terjun Sarambu Masiang memiliki suasana yang sangat segar dan juga udara yang segar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button