Air terjun Sikulikap, surga alam tersembunyi nan eksotik di Karo - WisataHits
wisatahits

Air terjun Sikulikap, surga alam tersembunyi nan eksotik di Karo

Air terjun Sikulikap, surga alam tersembunyi nan eksotik di Karo
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Sikulikap merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Sangat cocok jika digunakan untuk liburan keluarga.

Suasana asri yang dihiasi rindangnya pohon pinus menjadikan wisata indah ini ideal sebagai destinasi liburan. Apalagi bagi Anda yang ingin mencari suasana tenang dan alami.

Pembangunan kembali wisata air terjun yang dilakukan pengelola menyerupai wisata Cikole Bandung merupakan salah satu alternatif untuk menarik kembali wisatawan. Karena pada awalnya Air Terjun Sikulikap yang memiliki keindahan tersembunyi mengalami pasang surut pengunjung.

Objek Wisata Air Terjun Sikulikap

Curug Sikulikap tergolong objek wisataGambar oleh Achmad Siddik Thoha di Twitter

✦ Suasana alam yang selalu asri

Lokasi di sekitar air terjun masih sangat asri. Berada di ketinggian yang masuk dalam zona ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser, Tanah Karo, ditambah tutupan hutan yang dipenuhi pepohonan membuat udara di tempat ini selalu sejuk.

Bagi Anda yang menyukai pecinta lingkungan atau hiking, wisata hebat ini adalah referensi yang tepat untuk berlibur.

✦ Memiliki tata letak yang menarik

Sempat mengalami sepi pengunjung, memaksa pengelola bangun untuk mengubah penataan di sekitar air terjun Sikulikap. Pihak pengelola sengaja merancang tempat ini sebagai tempat wisata di Bandung yang sudah populer, khususnya di Cikole.

Adanya tempat yang berbeda dengan lokasi air terjun ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk semakin ramai. Bahkan jam buka juga penuh pada hari kerja dan hari libur.

✦ Ada rumah Hobbit

Jika selama ini Rumah Hobbit identik dengan kota Bandung, kini di Sumatera Utara pesonanya juga bisa Anda nikmati. Keteduhan spot baru ini selalu ramai dikunjungi turis berfoto.

Apalagi saat liburan, spot foto yang ada di Rumah Hobbit saat ini membuat antrian cukup panjang. Jadi, saya harap Anda harus lebih bersabar.

✦ Banyak turis yang berkemah

Pemandangan berbeda dengan lokasi air terjun Sikulikap, terutama berupa pesona tenda kemah warna-warni. Biasanya suasana seperti ini akan terasa lebih ramai saat akhir pekan atau hari libur.

✦ Memiliki perasaan kopi yang unik

Kafe merupakan tempat untuk menikmati berbagai makanan yang disajikan. Tak jauh beda dengan kafe di sekitar lokasi air terjun.

Wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner di kafe sambil menikmati pesona alam yang indah. Jika Anda berkunjung pada malam hari, Anda mungkin akan merasakan sensasi yang berbeda, yaitu udara malam yang dingin dihiasi kerlap-kerlip lampu di setiap sudut kafe.

Namun, jam buka kafe ini hanya sampai pukul 20.00 pada hari kerja dan hari libur nasional. Dan biasanya keadaan kafe selalu ramai. Banyak wisatawan yang ingin mengabadikan tempat yang instagramable ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun SikulapFoto oleh Nate Shunheng di Google Maps

Air Terjun Sikulikap terletak di Desa Doulu Tanah Brestagi, Mertelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Jika Anda memulai perjalanan dari kota Medan, mungkin diperlukan waktu dua hingga tiga jam untuk sampai ke lokasi air terjun. Akses ke air terjun juga mudah. Anda bisa naik angkutan umum dari kota Medan, harganya juga relatif murah.

Rute untuk menggunakan transportasi darat adalah sebagai berikut.

Dari pusat kota, menuju ke arah Jalan Guru Patimpus lalu masuk ke Jalan Gatot Subroto. Kemudian melalui Jalan Iskandar Muda menuju Jalan Jamin Ginting. Setelah itu, ikuti papan yang menunjukkan arah lokasi air terjun.

Harga tiket masuk dan jam buka

Harga tiket masuk air terjun Sikulikap sudah termasuk standar. Tiket masuk dibagi menjadi tiga jenis pengunjung.

Jika wisatawan berkunjung dengan berjalan kaki, cukup membayar Rp 5.000 untuk masuk ke lokasi air terjun. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua untuk berkunjung ke lokasi dikenakan biaya Rp 20.000.

Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke air terjun dengan mobil akan dikenakan biaya Rp 60.000. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir.

Jam buka air terjun cantik ini adalah 24 jam sehari. Anda bisa berkunjung dari Senin hingga Minggu. Namun jika ingin suasana yang lebih sepi, sebaiknya datang pada hari-hari sibuk, yaitu Senin hingga Jumat.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Air Terjun SikulikapFoto oleh Kalak Karo Kerina di Facebook

1. Menikmati pesona alam hutan

Sebelum memasuki lokasi air terjun, Anda juga akan disuguhi pemandangan hutan tropis yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Ada meranti, sonokeling, kelenjer, kecing, dll. untuk naungan jalan.

Udara segar, pepohonan hijau, angin sepoi-sepoi, kicauan burung yang merdu membuat suasana asri semakin terasa. Bahkan, karena lokasi hutan yang masih terjaga keindahannya, Anda bisa melihat monyet bergelantungan di dahan pohon.

2. Bersantai menikmati air terjun

Air Terjun Sikulikap berasal dari Taman Hutan Raya yang masuk dalam Kawasan Hutan Lindung Bukut Barisan. Sebab, airnya memiliki suhu yang sangat dingin.

Aliran air yang terlalu banyak menghalangi wisatawan untuk mandi. Jika Anda ingin merasakan air dingin, Anda bisa memilih tempat di pinggiran sungai.

3. Temukan Foto Instagrammable

Di depan luapan air terjun, terdapat sebuah rumah pohon yang memiliki gaya tradisional Karo. Anda bisa memanjat pohon menggunakan anak tangga yang disediakan pengelola.

Anda bisa menjadikan spot foto kekinian dengan pemandangan air terjun secara langsung. Gambar yang dihasilkan akan lebih eksotis dan cocok untuk diunggah ke jejaring sosial Anda.

4. Foto sebelum pernikahan

Letak air terjun Sikulikap yang berada di tengah hutan dengan ciri khas pohon pinus membuat banyak pasangan berfoto sebelum melangsungkan pernikahan. Pohon pinus yang menjulang tinggi memberikan kesan dramatis dan romantis.

Oleh karena itu, lokasi yang indah ini sering dijadikan pilihan untuk foto prewedding, terutama bagi mereka yang ingin mengangkat tema alam.

5. Trekking di jalur pendakian menuju air terjun

Jalur pendakian menuju air terjun dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Pemimpin tur dengan hati-hati menyusun rute menuju air terjun sebagai jalan setapak.

Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah seperti rindangnya pepohonan tinggi menjulang. Selain itu, Anda juga bisa melihat monyet bergelantungan di pepohonan.

6. Berkemah di Air Terjun Sikulikap

Melakukan kegiatan camping bersama rombongan di spot yang hanya berjarak 150 meter dari air terjun membuat suasana semakin seru. Berkat kegiatan ini, Anda akan lebih mengenal wisata alam di Karo.

Namun, karena tidak ada layanan persewaan peralatan berkemah di kawasan tersebut, Anda harus membawanya sendiri. Diantaranya adalah tenda, kantong tidur dan kasur.

Disarankan juga untuk menggunakan jaket tebal karena lokasi air terjun pada malam hari memiliki suhu yang luar biasa dingin.

7. Olahraga panjat tebing

Tebing yang memiliki kemiringan 90◦ membuat adrenalin tinggi wisatawan merasa tertantang untuk mencobanya saat berkunjung ke air terjun Sikulikap. Bahkan para atlit sering menggunakan tempat tersebut untuk latihan panjat tebing.

Bagi Anda yang ingin menaklukan olahraga panjat tebing, jangan lupa untuk memastikan perlengkapan keselamatan yang Anda kenakan.

8. Nongkrong di kafe

Kawasan Sikukilap memiliki kafe-kafe yang sedang hits seperti Cikole, kafe wisata Bandung. Kafe-kafe tersebut dibangun di atas pohon pinus yang rindang. Kalau malam hari suasana kafe makin asri karena lampu-lampu gantung.

Anda bisa menikmati kuliner di kafe sambil bersantai dan melemaskan kaki untuk melepas penat. Suasananya yang asri dan unik tentu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

9. Nikmati Wahana Rumah Hobbit

Salah satu tempat yang menjadi incaran wisatawan di air terjun Sikulikap adalah rumah Hobbit yang menjadi latar belakang air terjun tersebut. Rute ini merupakan tempat tersibuk, jadi Anda harus cukup sabar untuk menunggunya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun SikulikapFoto Mena Waty di Google Maps

1. Warung/Kafe

Usai beraktivitas di air terjun yang dingin, perut terasa lapar. Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi air terjun Sikulikap terdapat warung dengan aneka jajanan. Pedagang masyarakat sekitar menjual kuliner dengan harga terjangkau.

2. Area parkir

Sebuah tempat wisata pasti membutuhkan tempat parkir yang nyaman seperti air terjun eksotis ini. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi tentunya tidak perlu bingung, karena di lokasi ini tersedia tempat parkir yang memadai.

3. Toilet

Ada fasilitas umum yang sepertinya wajib, yaitu toilet. Anda bisa menggunakan toilet sebagai kamar mandi atau ganti baju. Tidak perlu jauh-jauh melihat objek wisata karena di wisata air terjun ini sudah tersedia dengan baik.

4. Berkemah di tempat

Kegiatan camping yang dilakukan para pendaki tentunya membuat lokasi Air Terjun Sikulikap semakin unik. Bungkus tenda warna-warni menghiasi area camping ini. Tak jarang banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berswafoto.

5. Akomodasi

Bagi Anda yang ingin mencari penginapan untuk lebih merasakan sensasi air terjun Sikulakap, Anda bisa memesan penginapan di sekitar sirkuit. Sesuaikan dengan anggaran Anda.

6. Mencari sudut sorotan kontemporer

Salah satu tujuan traveling ke suatu tempat adalah untuk menambah koleksi hits kamu. Termasuk mengunjungi air terjun eksotis ini.

Ada beberapa spot foto yang indah untuk diabadikan seperti pemandangan langsung air terjun yang mempesona, rumah hobbit, nuansa pinus, kafe seperti rumah pohon dan masih banyak lagi.

Jadi, sebelum mengunjungi wisata air terjun yang mengagumkan ini, pastikan dulu Anda memiliki memori yang cukup untuk kamera Anda. Jangan menyesal ketika sudah sampai di tempat terbaik, tapi memori tidak mendukung pengambilan foto.

Selain itu, pastikan teman yang Anda bawa adalah orang-orang yang cukup mahir dalam bidang fotografi. Hal ini dimaksudkan agar hasil gambar lebih berkualitas dari yang diharapkan.

Demikian informasi singkat mengenai Air Terjun Sikulikap yang terletak di perbatasan Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang. Yuk langsung jadikan wisata eksotik ini sebagai deretan destinasi liburan Anda untuk berkunjung ke Sumatera Utara. Pesonanya dijamin membuat Anda terpana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button