Cemoro Kandang, Hang Out Dulu Panjat Nanti - WisataHits
Jawa Tengah

Cemoro Kandang, Hang Out Dulu Panjat Nanti

Cemoro Kandang adalah salah satu jalan setapak menuju Gunung Lawu yang berada di ketinggian sekitar 1.830 meter di atas permukaan laut, tempat yang satu ini sering disebut Cemoro Kandang 1800.

Karena dari Cemoro Kandang 1.800 hingga Cemoro Kandang 1.830 mpdl, tempat ini populer di kalangan wisatawan.

Meski merupakan titik awal jalur pendakian ke salah satu gunung terkenal di Karanganyar, Cemoro Kandang sebenarnya sering dijadikan tempat pertemuan.

selalu ramaiselalu ramai. Google Maps. Sumber: Isnan Wijarno

Lihat juga: Bukit Sekipan Tawangmangu

Darimana? Apalagi di sekitar Cemoro Kandang, persis di seberang titik awal pendakian, ada banyak kafe yang nyaman dengan pemandangan yang sangat keren.

Ya wajar saja jika banyak dikunjungi, tidak hanya mereka yang ingin mendaki gunung, tetapi juga mereka yang ingin nongkrong dan ngopi. Berikut ulasan Cemoro Kandang Karanganyar sebagai titik temu dengan sahabat.

Lokasi kandang Cemoro

Lokasi Cemoro Kandang 1800 berada di Jl. Raya Gondosuli, Desa Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

tempat menginap dengan pemandangan yang sejukTitik pertemuan dengan pemandangan yang sejuk. Google Maps. Sumber: Julianto

lihat juga: Agrowisata Sondokoro

Rute Menuju Cemoro Kandang

Rute menuju Cemoro Kandang dari pusat kota Karanganyar menuju Jl. Mataram, lalu belok kanan ke Jl. Lawu kemudian berbelok ke arah Jl. Raya Solo – Tawangmangu.

Akses jalan dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, jalannya cukup berkelok-kelok karena desa Gondosuli merupakan desa tertinggi di Karanganyar.

Jam buka Kandang Cemoro

Jam buka Cemoro Kandang setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam non stop

Tiket masuk Cemoro Kandang

Untuk nongkrong di kafe-kafe di sekitar Cemoro Kandang tidak perlu mengeluarkan tiket, hanya Anda yang ingin naik Gunung Lawu via Cemoro Kandang akan membayar sekitar Rp 10.000 per orang.

Lambang sangkar CemoroLambang sangkar Cemoro. Google Maps. Sumber: TriDocs

lihat juga: danau madirda

Fasilitas Kandang Cemoro

Fasilitas di Posko Cemoro Kandang terbilang lengkap, hal ini dibuktikan dengan adanya:

  • base camp pendaki gunung,
  • Masjid,
  • Toilet,
  • parkir kendaraan dan
  • Kafe di setiap Cemoro Kandang.

Atraksi sangkar cemoro

1. Titik awal jalur pendakian Gunung Lawu

Gunung Lawu berada kurang lebih 3.265 meter di atas permukaan laut dan terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Ngawi dan Magetan di Jawa Timur. Meski berstatus vulkanik, gunung ini terakhir meletus sekitar 100 tahun lalu.

Ada beberapa cara untuk menuju puncak Gunung Lawu, yaitu:

  • Tentang Candi Cetho,
  • Tentang Kandang Cemoro,
  • Tentang Cemoro Sewu,
  • Tentang Singolangu dan
  • di atas kolam.

Masuk ke jalur Gunung Lawu melalui sangkar Cemoropintu masuk jalur gunung lawu melalui sangkar cemoro. Google Maps. Sumber: Fx Herry

lihat juga: Kebun Teh Kuning

Gunung Lawu via Cemoro Kandang adalah salah satu jalur pendakian yang paling sering Anda lewati minimal 5 pos. Di setiap posko terdapat shelter, boks dan toilet.

2. Lepaskan Santuy

Cemoro Kandang juga sering dikunjungi oleh mereka yang ingin hang out dan bertemu dengan sahabat atau sahabatnya untuk hang out. Ada banyak kafe unik yang berjejer di jalanan.

Menu bervariasi tetapi kebanyakan menyajikan makanan ringan. Tempat pertemuannya juga beragam, Anda bisa memilih kafe atau restoran mana yang ingin Anda kunjungi.

Karena buka 24 jam, semakin ramai di malam hari. Apalagi di sore hari saat kabut tipis.

Selain lokasi nongkrong bareng, pengunjung juga banyak yang berburu foto-foto keren dan instagramable, apalagi pemandangan sejauh mata memandang keren banget.

3. Taman Cemoro Kandang

taman sangkar cemoroTaman sangkar cemoro. Google Maps. Sumber: Joko Suwoto

lihat juga: Candi Cetho

Di sebelah kanan pintu masuk Cemoro Kandang terdapat sebuah tempat wisata yang menyuguhkan suasana sejuk dengan pepohonan yang rindang.

Di Taman Cemoro Kandang terdapat spot-spot indah untuk fotografi, paviliun untuk bersantai, dan wahana permainan anak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button