Air Terjun Madakaripura Probolinggo - Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Madakaripura Probolinggo – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket – Air Terjun Madakaripura merupakan objek wisata alam yang penuh sejarah di Probolinggo yang layak untuk dijelajahi. Air terjun eksotis yang tingginya mencapai 200 meter menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 11.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Nama air terjun Madakaripura berasal dari gabungan 3 nama yang isinya mada yang berasal dari nama gajah, kari yang berarti pusaka, dan candi yang berarti doa. Jadi, arti dari kata Madakaripura adalah gajah yang mati pada saat salat. Konon Gubernur Gajah Mada juga menghabiskan sisa hidupnya di sekitar air terjun Probolinggo.

Seperti yang diketahui banyak orang, Mahapatih Gajah Mada datang ke tempat ini setelah dia bukan lagi Mahapatih karena posisinya dihapuskan. Jabatannya dicopot karena gubernur Gajah Mada telah membunuh ratusan orang di kerajaan Sunda Galuh. Patih Gajah Mada biasa mengunjungi air terjun ini setiap hari untuk merenungkan segala perbuatannya.

Madakaripura terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bahkan, Air Terjun Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa. Dengan ketinggian sekitar 200 meter, tempat ini juga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Apalagi air terjun yang kini menjadi tempat wisata ini juga biasa disebut dengan Air Terjun Abadi.

Atraksi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps ей агасумов

Air terjun ini sangat indah dan juga asri, sehingga tidak perlu heran jika setiap hari banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke tempat wisata ini untuk berlibur. Apalagi tempat ini juga memiliki banyak atraksi yang membuat wisatawan betah saat berada di sini.

1. Pemandangannya selalu indah

Pemandangan hijau ini berkat banyaknya pepohonan yang tumbuh di sana dan ditemani oleh air terjun yang indah membuat Anda semakin menikmati liburan Anda. Hal ini membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung. Di sana nanti Anda juga akan bertemu dengan hewan-hewan yang ada di sekitar warga tempat wisata tersebut.

2. Air terjun seperti gua

Air Terjun Madakaripura tingginya sekitar 200 meter. Dengan lokasi yang begitu tinggi, yang membuat tempat ini sangat teduh dan sejuk saat Anda datang. Siapapun wisatawan yang datang, mereka akan dibuat terpana dengan keindahan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan air terjun lainnya. Karena itulah yang membuat destinasi wisata ini unik.

Uniknya lagi, tempat wisata ini berbentuk seperti goa dengan ketinggian sekitar 200 meter dan luas sekitar 25 meter. Bentuk air terjunnya juga melingkar. Sebelum sampai di air terjun utama, Anda akan disuguhi 4 air terjun yang tak kalah indahnya.

3. Model Aliran Radial Sentrifugal

Tempat Wisata di Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps Maisaroh Dewi

Selain sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia, Madakaripura memiliki aliran radial sentrifugal, yang berarti titik penyebaran aliran. Hingga pada akhirnya aliran air saat jatuh akan terlihat seperti hujan. Benar-benar sangat menawan, apalagi jika Anda datang dan hujan di saat yang bersamaan.

Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa melihat percikan air ini disinari matahari. Hal ini menyebabkan terbentuknya pelangi yang sangat indah. Selain itu, Anda hanya bisa melihat pelangi yang indah karena sinar matahari dan percikan air, aliran air di sini juga memiliki warna yang indah, yaitu biru.

4. Suara air membuat Anda rileks

Suara air terjun yang jatuh di tempat wisata ini bisa membuat Anda lebih rileks setelah menjalani rutinitas pekerjaan. Suara air terjun membuat wisatawan yang datang ke tempat ini tenang dan santai. Suara air terjun akan menciptakan gelombang yang akan menciptakan efek dramatis bagi otak.

Hal inilah yang membuat destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung karena daya tariknya tidak dimiliki oleh air terjun lainnya. Tak heran bila Anda datang ke tempat ini dengan kondisi fisik yang lelah setelah kembali atau meninggalkan tempat wisata ini, Anda akan merasakan tubuh Anda menjadi lebih segar dan rileks.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Madakaripura

Alamat Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps Vittorio Mistretta

Untuk bisa mengunjungi lokasi wisata air terjun ini, Anda langsung menuju ke Desa Negororejo, tepatnya di Dusun Branggah di Probolonggo, Jawa Timur. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, jasa travel atau mungkin menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini. Jalan yang mulus dan menyenangkan membuat tempat ini mudah dijangkau.

Bagi Anda yang ingin menuju tempat wisata dengan kendaraan umum, Anda dapat memulai perjalanan dengan naik angkutan umum di terminal Probolonggo. Pilih transportasi umum ke desa Lumbung. Begitu sampai di desa Lumbang, Anda perlu naik angkutan umum kedua menuju Bromo. Setelah itu, Anda baru saja tiba di lokasi Air Terjun Madakaripura.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur Probolinggo – Bromo melalui Tonga. Dari sana nanti Anda akan menemukan pertigaan Sukapura. Kemudian ambil arah kanan menuju desa Lumbung. Setelah sampai di desa Lumbung, Anda bisa langsung menuju pasar Lumbung dan ambil arah kanan.

Setelah sampai di lokasi wisata, pengunjung kemudian harus berjalan kaki menuju lokasi. Anda dapat melakukan perjalanan ini selama sekitar 20 menit.

Perlu dicatat bahwa lokasi ini biasanya akan ditutup jika terjadi hujan deras karena sering terjadi banjir bandang. Jadi usahakan datang saat cuaca bagus.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura ProbolinggoKredit gambar: Google Maps Theo Widharto

Jika ingin masuk menikmati keindahan air terjun Madakaripura, Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 11.000 dan akhir pekan Rp 13.000. Selain tiket masuk, Anda juga dikenakan biaya parkir untuk menjaga keamanan kendaraan. Untuk parkir, tarifnya 5.000 untuk mobil dan 3.000 untuk sepeda motor.

Di tempat wisata ini juga disediakan pemandu wisata yang akan menemani dan bercerita sepanjang perjalanan liburan Anda. Panduan ini juga akan menceritakan kisah sejarah air terjun ini. Untuk masalah harga sewa jasa pemandu wisata ini, Anda bisa bernegosiasi dengan pihak penyedia jasa. Karena setiap guide memberikan harga yang berbeda.

Setiap destinasi wisata tentunya memiliki jam buka yang berbeda-beda. Untuk tempat wisata ini, Anda tidak bisa sembarangan memilih jam berapa Anda akan mengunjunginya. Karena di tempat ini buka pukul 08.00 dan tutup pukul 19.00. Dibatasi seperti ini jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada wisatawan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Madakaripura

Aktivitas Seru di Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps Syamsul Arifin

1. Pemandian Air Terjun

Bagi pengunjung yang merasa fisiknya kuat untuk berenang, tempat ini juga diperbolehkan untuk berenang. Namun, disarankan untuk berhati-hati selama aktivitas ini. Di bagian paling ujung, kedalamannya mencapai 6 hingga 7 meter. Oleh karena itu, pengunjung yang berenang disarankan untuk memegang balok kayu yang berfungsi sebagai pelampung Anda.

Saat hari menjadi gelap dan mendung, Anda tidak akan diizinkan untuk berenang di sini. Memang datangnya banjir dari hulu tidak bisa diprediksi sebelumnya. Selain rawan banjir, tempat ini juga rawan longsor karena banyaknya tebing-tebing curang yang mengelilinginya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak datang ke sini saat musim hujan.

2. Trekking ke air terjun

Untuk dapat menikmati keindahan lokasi di sekitar Air Terjun Madakaripura, wisatawan disarankan untuk menjelajahi kawasan hutan. Waktu yang Anda butuhkan sekitar 1 jam dan Anda hanya bisa menempuh rute ini dengan berjalan kaki. Jalan setapak di lembah perbukitan menyusuri sungai selama Anda berjalan.

Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan banyak tebing hijau di kiri kanan sungai. Saat musim hujan tiba, muncul beberapa aliran sungai yang mengalir di antara tebing. Disarankan untuk memakai sepatu anti selip, karena medan di sini memiliki beberapa titik yang cukup licin.

3. Berfoto bersama patung Patih Gajah Mada dan pemandangan sekitarnya

Aktivitas Seru di Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps Misbahul Munir

Bagi yang suka berfoto, Anda bisa mengabadikan momen dengan Patung Patih Gajah Mada. Namun, Anda perlu bersabar karena tempat ini biasanya cukup ramai. Karena wisatawan lain juga ingin berfoto dengan Patih Gajah Mada. Patung ini terlihat sangat gagah seolah-olah patung ini menyambut wisatawan yang datang.

Apalagi disini juga banyak terdapat tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Anda dapat mengambil foto di bawah air terjun yang mengalir.

4. Menikmati Keindahan Air Terjun Madakaripura

Udara tempat wisata ini benar-benar segar dan nikmat. Pemandangan air yang jatuh dan melewati tebing-tebing vertikal yang ditumbuhi tanaman hijau dapat membuat wisatawan terpesona saat melihatnya. Di ujung ngarai, Anda bisa melihat air terjun Madakaripura yang terlihat megah.

Gemericik air yang jatuh akan menciptakan efek relaksasi bagi pengunjung. Dikatakan bahwa ada relung-relung kecil di mana adipati harus bermeditasi. Air terjun ini sering dijuluki air terjun abadi karena kuantitas air yang dikeluarkan tetap melimpah meski musim kemarau tiba. Kondisi air juga akan tetap jernih, seolah-olah tempat ini tidak bisa tercemar.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Madakaripura

Fasilitas Air Terjun MadakaripuraKredit gambar: Google Maps

Di sebelah pintu masuk air terjun ini terdapat tempat parkir khusus untuk kendaraan roda dua. Terdapat juga fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan wisatawan yang datang, fasilitas seperti warung makan, toko souvenir, toilet, kamar mandi dan juga terdapat tempat ibadah di dekat tempat parkir. Kamar mandi disini cukup bersih, karena airnya langsung dari air terjun.

Selain keindahan alamnya, banyak juga sarang lebah yang sengaja dibuat oleh warga sekitar untuk mendapatkan madu segar. Madu tersebut kemudian akan dijual di banyak rumah atau di warung makan di sekitar tempat wisata. Di depan gerbang masuk, banyak wisatawan akan makan di warung sambil menikmati pemandangan.

Bagi yang berjiwa petualang dan memacu adrenalin, Air Terjun Madakaripura di Probolinggo bisa dijadikan sebagai pemanasan atau pemanasan sebelum melanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo. Di sini nantinya Anda bisa belajar banyak tentang sejarah dan mitos sambil menikmati pemandangan yang sangat mempesona. Jangan lupa untuk berfoto di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button